Salah satu minuman yang wajib dicoba ketika sedang berlibur ke Jogja adalah kopi. Disana terdapat kopi klotok Jogja, yang merupakan minuman dengan cara pembuatan yang unik. Para penikmat kopi sangat disarankan untuk mencicipi minuman ini.

Perlu diketahui bahwa negara Indonesia pernah menjadi negara dengan pengkonsumsi kopi terbanyak ke 5 di dunia. Namun cara penyajian kopi ini jauh berbeda dengan kopi pada umumnya. Untuk informasi lebih lengkapnya simak penjelasan berikut:

Tentang Kopi Klotok

Jogja merupakan salah satu kota yang menyuguhkan pemandangan indah dan klasik. Di kota ini juga terdapat warung kopi klotok yang sangat cocok dinikmati sambil melihat pemandangan. Bagi yang tinggal di luar jawa tentu bertanya-tanya, apa itu kopi klotok?

Minuman ini dibuat dengan merebus air dengan bubuk kopi yang masih sedikit kasar. Setelah direbus dalam panci, selanjutnya kopi direbus di atas bara hingga mendidih. Waktu yang diperlukan sekitar 3 hingga 5 menit.

Keunikan dari kopi ini terletak pada cara pembuatan yang menggunakan bara tungku. Hal ini membuat cita rasa dan aroma dari kopi berbeda dengan yang lain. Saat mendidih minuman ini akan mengeluarkan bunyi klotok-klotok.

Nama kopi klotok Jogja terinspirasi dari bunyi yang dikeluarkan tadi. Selain di Jogja, ternyata Turki juga menyediakan minuman yang serupa. Namun di Turki menggunakan kompor pasir dan ibrik.

Warung kopi klotok di Jogja sudah ada sejak 2015 lalu dan masih populer, hingga sekarang. Tidak hanya minumannya yang memiliki daya tarik, makanan yang disediakan juga tidak kalah lezat. Tidak heran jika menu di warung ini cepat sold.

Lokasi warung kopi klotok berada di area persawahan daerah pakem, kabupaten sleman. Apabila datang menggunakan kendaraan pribadi maka disarankan untuk menggunakan jalur Kaliurang di kilometer 16 pusat Jogja.

Jangan lupa perhatikan keadaan di sekitar, masuk ke dalam gang yang berada di sebelah kanan. Setelah itu lurus hingga warung kopi klotok terlihat di sebelah kiri. Rute menuju warung cukup mudah, namun sediakan biaya jika ingin menggunakan bus.

Daftar Menu Warung Kopi Klotok

Bagi yang penasaran dengan cita rasa kopi ini tidak usah khawatir sebab harganya cukup bersahabat. Jogja memang dikenal sebagai kota dengan harga makanan dan minuman yang cukup murah.

Walaupun kopi klotok Jogja menjadi minuman best seller namun warung ini juga menyediakan banyak jenis makanan dan minuman yang murah meriah. Langsung saja simak daftar menunya berikut ini:

Kelebihan Kopi Klotok

Jika melihat dari tampilannya saja, sebagian besar orang mengira kopi klotok sama dengan kopi jenis lainnya. Perbedaan dari kopi ini hanya bisa diketahui setelah merasakan kenikmatannya.

Tentu ada beberapa perbedaan kopi asal Jogja ini dengan kopi yang ada di kota lain. Untuk mengetahui kelebihan dari warung kopi klotok, silahkan simak penjelasan berikut:

Itulah tadi informasi seputar kopi klotok Jogja. Untuk membuat minuman ini bisa menggunakan varietas kopi apa saja. Apakah ingin menggunakan arabika atau robusta.

Namun jika ingin menggilingnya, jangan biarkan terlalu lama hingga teksturnya halus. Sebab salah satu kenikmatannya terletak pada tekstur bubuk kopi yang masih sedikit kasar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *