Hampir semua jenis kuliner yang berasal dari Yogyakarta kini sudah terkenal luas di berbagai daerah, salah satunya gudeg. Gudeg yang terkenal dan sering menjadi incaran pembeli adalah gudeg bromo bu tekluk yang buka setiap malam.

Makanan gudeg sangat mudah ditemukan pada berbagai sudut kota Jogja, mulai dari pinggiran Jalan bahkan restoran bintang lima. Terdapat penjual gudeg yang sangat terkenal di Yogyakarta Yakni bu tekluk, berikut informasi mengenai kuliner gudeg tersebut.

Sejarah Gudeg Bromo Bu Tekluk

Kuliner gudeg bu tekluk telah menjalani proses perjalanan yang panjang hingga dapat terkenal seperti saat ini. Warung makan tersebut telah berdiri sejak tahun 1984 dengan nama gudeg bromo, sedangkan perintis gudeg ini adalah bu Sumijo.

Kemudian seiring berjalannya waktu nama warung makan tersebut berubah menjadi gudeg bu tekluk yang diambil dari istilah jawa. Kata “tekluk” memiliki arti terkantuk-kantuk atau sedang mengalami kantuk yang berat hingga kepala tertunduk secara tidak sengaja.

Istilah ini sejalan dengan kebiasaan penjual yang menjual dagangannya pada malam hari, tak jarang penjual tersebut terkantuk-kantuk saat melayani pembeli. Hal inilah yang melatarbelakangi atau menjadi alasan kenapa kuliner tersebut diberi nama gudeg bu tekluk.

Jam Operasional Kuliner Gudeg Bromo Bu Tekluk

Awalnya warung makan gudeg bromo bu tekluk ini kerap kali menjadi tujuan bagi mahasiswa setelah mengerjakan tugas larut malam. Namun seiring berjalannya waktu warung tersebut menjadi tujuan utama bagi orang yang tengah lapar di malam hari.

Warung makan tersebut buka pukul 11 malam hingga 5 pagi dikarenakan pada jam tersebut banyak mahasiswa maupun pekerja yang lapar. Meskipun terdengar aneh karena buka pada jam-jam tersebut, faktanya kuliner ini tak pernah sepi pembeli.

Bahkan gudeg bu tekluk ramai diburu pelanggan sejak pukul 10 malam, pada jam tersebut ramai orang berdatangan untuk mengantri. Jadi jika ingin mencobanya maka lebih baik menuju lokasi sebelum jam 10 agar mendapat antrian pertama.

Lokasi Warung Makan Gudeg Bu Tekluk

Warung makan ini berlokasi di Jogja tepatnya pada Jl. Affandi No. 2A kabupaten Sleman Yogyakarta. Warung makan ini berada tepat di seberang Ciao Gelato dan tidak jauh dari pusat kota Jogja, yakni sekitar 5 km.

Gudeg bromo menjadi referensi kuliner kota Jogja yang wajib untuk dicoba ketika mengunjungi daerah tersebut. Kuliner ini memiliki rasa yang sangat enak lantaran bahan  dalam proses produksinya adalah terdiri dari rempah-rempah alami sehingga rasanya kuat.

Bagi masyarakat yang tinggal di  Jogja pastinya tidak asing lagi dengan kuliner gudeg, apalagi gudeg bu tekluk. Namun bagi wisatawan yang berkunjung, pastinya kuliner ini menjadi salah satu referensi yang wajib dicoba.

Harga Menu Gudeg Bu Tekluk

Warung makan gudeg bu tekluk ini menyediakan beberapa opsi menu, salah satunya yakni gudeg basah. Biasanya dalam satu porsi gudeg basah terdapat isian lauk pauk seperti tempe, ayam suwir, tahu dan beberapa lauk lain.

Kuliner ini sangat cocok bagi pecinta pedas karena disini semua pembeli dapat mengatur cabai sendiri untuk menambah selera makan. Harga yang ditawarkan juga beragam sesuai dengan menu yang dipilih pembeli tanpa perlu takut menguras kantong.

Umumnya harga yang ditawarkan pada warung makan tersebut yakni sekitar 20 ribu setiap porsi gudeg basah. Harga tersebut biasanya disesuaikan dengan jumlah dan jenis lauk yang dipilih oleh masing-masing pembeli sesuai dengan keinginannya.

Keunggulan Gudeg Bu Tekluk

Gudeg bu tekluk ramai diincar pembeli lantaran memiliki rasa enak dengan harga murah dan ramah di kantong pelajar maupun pekerja. Selain itu warung makan bu tekluk juga memiliki beberapa keunggulan lain yang membuat orang-orang betah.

1. Menggunakan Konsep Warung Outdoor

Warung gudeg bu tekluk ini mengusung konsep outdoor, sehingga tak heran jika  tempat tersebut menjadi favorit semua orang. Pembeli juga dapat menikmati dinginnya malam yang menambah kesan damai dan tentram, sehingga cocok untuk beristirahat.

2. Menyediakan Tempat Yang Rileks Dan Nyaman

Pemilik warung makan nasi gudeg bu tekluk tersebut menyediakan tempat yang sangat rileks bagi para pembeli. Warung makan tersebut sengaja didesain demikian karena kebanyakan yang datang adalah para mahasiswa dan pekerja yang seharian merasa lelah.

3. Cocok Untuk Berkumpul Bersama Keluarga Dan Teman

Menikmati suasana malam tidak puas rasanya jika hanya sendirian, warung makan ini didesain agar nyaman digunakan untuk tempat berkumpul. Pembeli dapat menikmati dinginnya malam bersama orang-orang terdekatnya sembari mencicipi gudeg bu tekluk di sini.

Demikianlah informasi mengenai warung makan gudeg bromo bu tekluk yang sudah terkenal luas, bahkan di berbagai daerah. Maka dari itu, tak heran jika kuliner tersebut selalu menjadi tujuan utama wisatawan yang berkunjung di kota Jogja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *