Kota Jogja terkenal dengan beragam kulinernya, tak hanya gudeg soto sampah jogja juga menjadi salah satu kuliner yang patut dicicipi. Soto sampah yang terdapat di Jogja merupakan kuliner legendaris yang hingga kini ramai diburu pembeli.

Mungkin ketika mendengar kata “sampah” akan terbesit di pikiran orang-orang bahwa makanan tersebut menjijikkan atau kotor. Padahal tidak ada hubungannya sama sekali dengan kebersihan makanan tersebut, jika ingin mengetahui kuliner ini maka simak pembahasan berikut.

Asal Usul Pemberian Nama Kuliner Soto Sampah

Soto sampah merupakan referensi kuliner di kota Jogja yang sudah berdiri sejak tahun 1967 dan telah dikelola oleh generasi ketiga. Pemberian nama “sampah” dilatarbelakangi oleh tampilan atau sajian makanan yang terlihat berantakan pada piring.

Sehingga banyak pelanggan yang memberikan julukan kuliner ini sebagai soto sampah dan sudah populer hingga saat ini. Bahkan tak jarang wisatawan yang mencari kuliner ini ketika mengunjungi kota Jogja dan menjadi kuliner wajib untuk dikunjungi.

Soto sampah berisi potongan daging sapi atau suwiran ayam yang diberikan tambahan sayur-sayuran seperti wortel, kubis serta tauge. Selain itu terdapat menu pendamping berupa gorengan, sate usus, aneka lauk pauk, sate telur puyuh dan sebagainya.

Dulu soto sampah ini merupakan makanan favorit para tukang becak yang berada di sekitar pasar Kranggan. Akan tetapi sejak keberadaannya populer, soto sampah sangat disukai oleh semua kalangan bahkan wisatawan asing yang berkunjung di Jogja.

Harga Soto Sampah Di Kota Jogja

Rasa dari soto sampah ini tentu sangat menggoda selera, sudah banyak orang yang memberikan penilaian positif terkait rasanya. Biasanya soto sampah ini disajikan bersamaan dengan nasi hangat sehingga akan membuatnya terasa semakin nikmat dan menggoda.

Soto sampah jogja ini biasanya diberikan tambahan jeruk nipis untuk menambah kesan kecut pada kuah sehingga akan terasa lebih segar. Umumnya semangkuk soto sampah memiliki harga Rp. 6000 saja, sedangkan gorengan dan sate seharga Rp.1000.

Dengan harga yang murah tersebut pastinya tidak heran jika kuliner ini menjadi tempat andalan mahasiswa untuk sarapan dan makan siang. Bahkan tak jarang pula pekerja yang memilih kuliner ini sebagai menu makan siang maupun sarapannya.

Jam Buka Dan Lokasi Kuliner Soto Sampah

Soto sampah yang terdapat di kota Jogja ini biasanya buka mulai pukul 7 pagi hingga 3 wib setiap harinya.  Jadi tak perlu khawatir karena soto Jogja dapat menjadi salah satu pilihan ketika perut terasa lapar.

Tempat ini juga menyediakan menu lain, salah satunya nasi rames yang juga memiliki rasa tak kalah enak dari soto sampah. Jika ingin mencoba kuliner tersebut datanglah sebelum jam makan siang dan sebelum jam 8 malam.

Karena pada jam-jam tersebut biasanya kuliner soto sampah akan dipenuhi pelanggan sehingga antrian sangat panjang. Apalagi jika ingin makan di tempat pastinya akan sangat sulit lantaran seringkali pembeli tidak mendapat tempat duduk.

Kuliner soto sampah ini berlokasi di kota Yogyakarta tepatnya Jl. Kranggan No. 2 kecamatan Jetis. Stand kuliner tersebut terletak di sebelah selatan jalan raya, karena antusias masyarakat yang tinggi sekarang kuliner tersebut sudah memiliki cabang.

Cabang kuliner tersebut berlokasi di Alun-Alun Utara Jogjakarta, lebih tepatnya terletak di Prawirodirjan, Kec. Gondomanan Kota Yogyakarta. Setiap  harinya kuliner soto sampah ini selalu ramai pembeli baik masyarakat lokal maupun para wisatawan yang berkunjung.

Keunggulan Warung Makan Soto Sampah

Selain memiliki cita rasa yang lezat, kuliner ini juga memiliki keunggulan lain dari berbagai aspek sehingga tak pernah sepi pembeli. Adapun keunggulan dari warung makan soto sampah yang terkenal di kota Yogyakarta yakni sebagai berikut.

1. Tempat Duduk Pada Area Terbuka

Warung makan soto sampah ini berlokasi di pinggiran jalan kota Jogjakarta yang mengusung konsep outdoor. Dengan konsep tersebut pembeli dapat merasakan sensasi menyantap kuliner dengan melihat pemandangan kota Jogja yang sudah terkenal dengan kekentalan budayanya.

2. Makanan Disajikan Dengan Cepat

Meskipun selalu ramai pembeli namun pemilik warung makan soto sampah tersebut selalu mengutamakan kepuasan pelanggan. Salah satunya yakni dengan menyajikan makanan dengan cepat agar pelanggan tidak merasa jenuh dan bosan lantaran menunggu terlalu lama.

3. Cocok Untuk Berkumpul Bersama Orang Terdekat

Kuliner soto sampah di Jogja ini juga cocok menjadi salah satu tempat berkumpul dengan keluarga maupun teman-teman sambil makan. Apalagi untuk mahasiswa, karena memiliki rasa lezat dengan harga murah, kuliner ini selalu menjadi tujuan utama.

Nah itulah informasi mengenai kuliner unik soto sampah jogja yang tak pernah sepi pembeli setiap harinya. Kuliner ini dapat menjadi salah satu tujuan bagi para wisatawan yang akan berkunjung di kota pelajar tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *