Gudeg adalah kuliner yang terbuat dari sayur nangka dengan kuah santan dan krecek. Gudeg Yu Djum Jogja banyak direkomendasikan karena masih mempertahankan resep asli sejak pertama dirintis. Selain itu, proses memasaknya dilakukan secara tradisional.

Bahan pembuatan Gudeg juga memakai bahan berkualitas, sehingga rasanya tetap terjaga. Berikut ini pembahasan selengkapnya mengenai Gudeg Yu Djum yang perlu diketahui:

Tentang Gudeg Yu Djum

Gudeg Yu Djum Jogja menjadi tempat kuliner legendaris sejak tahun 1950 yang wajib dicoba. Awalnya Djuwariyah atau Yu Djum berjualan di lapak kecil dengan kursi dan meja sederhana yang berlokasi di sekitar Plengkung Wijilan.

Kemudian, Yu Djum membuka warung makan gudeg pada tahun 1985. Cita rasa masakan yang khas dan banyak digemari masyarakat membuat Yu Djum membuka cabang di sekitar Yogyakarta.

Gudeg Yu Djum diketahui memiliki rasa yang konsisten dengan mempertahan resep dari turun-temurun. Bahan baku yang digunakan juga berkualitas, sehingga rasanya terjamin. Selain itu, cara masaknya masih tradisional dengan memakai kayu bakar.

Gudeg Yu Djum juga berinovasi dengan membuat produk kemasan kaleng. Dengan begitu, pelanggan bisa membelinya untuk dijadikan buah tangan karena lebih tahan lama. Produk tersebut dapat dibeli langsung di cabang maupun via online.

Harga dan Menu Gudeg Yu Djum

Tersedia berbagai pilihan menu Gudeg dengan tambahan lauk seperti ayam, telur, ati, dan lainnya. Pelanggan juga bisa memesan pilihan paket untuk sajian komplit. Berikut ini menu yang disajikan di Gudeg Yu Djum Jogja beserta harganya:

1. Nasi Gudeg

Menu ini disajikan dengan nasi yang disiram kuah areh lalu ditambah lauk seperti sambal goreng krecek, ayam, tempe, telur, dan tahu. Range harganya bervariasi tergantung lauk yang dipilih pelanggan.

Satu porsi nasi Gudeg memiliki harga sekitar Rp13.000- Rp60.000 yang disesuaikan dengan lauk. Meski terbilang mahal, namun kualitas rasa menjadi prioritas yang masih dijaga. Biasanya nasi Gudeg akan disajikan hangat agar lebih nikmat.

2. Gudeg Besek

Hidangan ini disajikan dengan memakai besek atau wadah dari anyaman bambu. Satu porsi menu biasanya berisi nasi, kuah areh, ayam, sambal goreng krecek, serta semur telur. Pilihan menu ini cocok untuk acara tertentu atau hantaran.

Harga Gudeg besek sedikit lebih mahal karena isi lauk lengkap dan banyak. Pelanggan dapat membelinya dengan harga sekitar Rp80.000 hingga Rp260.000 per porsi.

3. Gudeg Kendil

Menu Gudeg ini dihidangkan dengan menggunakan kendil atau wadah dari tanah liat. Nantinya kendil diisi dengan sayur nangka, krecek, ayam serta telur. Satu porsi menu ini cukup besar sehingga bisa untuk lebih dari dua orang.

Selain itu, pelanggan dapat mengirimkannya sebagai hantaran untuk acara tertentu. Harga yang ditawarkan mulai dari Rp210.000 sampai dengan Rp330.000 saja.

4. Gudeg Kaleng

Pilihan Gudeg kaleng sangat cocok dibawa sebagai oleh-oleh karena kemasannya praktis. Terdapat beberapa varian seperti gudeg, ayam suwir telur, telur tahu, dan sambal krecek. Setiap kemasan memiliki berat sekitar 300 gram yang bertahan sampai setahun.

Pelanggan bisa mengikuti cara penyajian yang tersedia untuk menjaga keaslian rasa. Gudeg kemasan ini dibanderol sekitar Rp50.000- Rp55.000 sesuai jenis varian.

Fasilitas dan Pelayanan

Pelanggan dapat mengunjungi Gudeg Yu Djum untuk berbagai kegiatan atau acara. Terdapat meeting dan private room dengan kapasitas yang ditentukan. Pelanggan juga bisa bersantai sambil menikmati hidangan di area makan lesehan.

Tersedia pula toilet dan mushola yang bersih dan nyaman untuk beribadah. Tidak hanya itu, pelanggan juga bisa mengabadikan momen dengan spot foto instagramable.

Pelanggan dapat memesan nasi box untuk kebutuhan hantaran atau acara di rumah. Jika beruntung, pelanggan bisa mendapat promo dan diskon dengan syarat tertentu. Cukup hubungi kontak, media sosial maupun website resmi.

Lokasi dan Jam Operasional

Gudeg Yu Djum Jogja sudah memiliki beberapa cabang yang buka setiap hari. Pelanggan dapat mengunjunginya ketika mampir ke Yogyakarta. Berikut ini daftar lokasi cabang serta jam operasional Gudeg Yu Djum, antara lain:

Demikian ulasan tentang Gudeg Yu Djum Jogja yang wajib dicoba. Cita rasanya yang khas dan enak tidak boleh dilewatkan oleh pelanggan selama di Yogyakarta. Pelanggan dapat menikmati menu andalan sekaligus fasilitas yang disediakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *