Kalimilk Jogja menjadi pionir tren minuman susu paling populer pada masanya di Jogjakarta. Usaha susu ini banyak digandrungi masyarakat, tidak hanya dari wilayah Jogja saja tetapi antar kota bahkan para artis ternama Indonesia.

Kedai yang menyajikan beragam varian susu  tersebut memiliki konsep yang selalu memberi rasa nyaman. Produk sekaligus nama merek susu kalimilk ini membuat pelanggan dapat merasakan kesegaran dan kenikmatan olahan susu tersebut. Penjelasan lebihnya simak berikut ini. 

Latar Belakang Berdirinya Kalimilk Jogja 

Populernya Kalimilk Jogja di kalangan pemuda sampai lanjut usia ini merupakan hasil dari kerja keras Fauzan Rachmansyah. Owner Kalimilk dan PT. Farbis Indonesia yang merupakan pria kelahiran Jakarta, 17 Januari 1985.

Karena masa lalu nya, Fauzan tumbuh menjadi pemuda tangguh yang membawanya menjadi seseorang yang berpengaruh. Kisah dibalik berdirinya Kalimilk oleh Fauzan ini merupakan hasil dari perjuangannya melewati berbagai rintangan.

Kisah bermulai ketika Ayah Fauzan menderita kanker getah bening dan penyakit jantung yang membuatnya tidak bisa bekerja. Sang ibu yang tidak bekerja pun membuatnya membutuhkan bantuan saudara lain untuk hidup dan menjalani pendidikan di Jogjakarta.

Setahun setelah hijrah ke Jogja, Ayah Fauzan meninggal dunia sehingga ia harus bekerja keras untuk bertahan hidup. Dengan tabungan serta pinjaman, Fauzan meningkat dan memulai bisnis peternakan sapi.

Awalnya usaha nya berjalan lancar, banyak rekan dan saudara yang ikut titip sapi. Namun demikian, letusan Gunung Merapi hampir membuat seluruh sapinya terkena dampak.

Pada tahun 2010, Fauzan mendirikan PT. Farbis Indonesia, perusahaan yang bergerak dalam produksi susu. Tak berselang lama, Fauzan mendirikan kedai Kopi yaitu Kalimilk yang merupakan singkatan dari Susu Kaliurang.

Awal Kalimilk Populer

Mulai membuka bisnis susu tak langsung membuat Kalimilk mendapat perhatian dan minat pelanggan. Ada proses dan cerita dibalik eksistensi Kalimilk Jogja sebagai pionir susu terkemuka.

Awal produk susu booming adalah saat ada usaha susu segar dengan skala kecil yaitu menggunakan gerobak atau booth. Dengan adanya fenomena booming tersebut membuat banyak usaha susu yang menirunya.

Kalimilk menjadi terkenal bukan tanpa sebab. Para penikmat susu tersebut banyak mengungkapkan cita rasa dan varian rasa modern yang cocok untuk segala kalangan.

Namun demikian, usaha susu yang telah mendapat banyak perhargaan ini harus tutup pada tahun 2019. Saat itu terjadi persetujuan antara founder dan salah satu penyandang dana.

Lokasi Kedai Kalimilk Jogja 

Meski telah lama ditutup, kenangan Kalimilk terus mengajak para pelanggannya untuk bernostalgia. Mengenang tempat paling hits pada jamannya dan olahan susu yang akan selalu dirindukan.

Dengan tampilannya yang sederhana namun memberi kenyamanan, kedai Kalimilk Jogja ini selalu ramai dikunjungi pelanggan. Salah satu artis yang pernah mengunjungi Kalimilk adalah Rio Dewanto.

Bagi yang ingin bernostalgia dengan tempat susu paling hits di Jogja, bisa datangi langsung kedainya. Kedai Kalimilk ini memiliki tiga cabang di Jogja, yaitu di jalan Lempongsari Raya, dan di jalan Perumnas Mundu Saren.

Melihat bangunan besar yang didominasi warna coklat tersebut membuat kenangan lama terasa diputar kembali. Suasana kedai yang nyaman dan menu minuman serta makanan yang lezat akan membuat rasa rindu semakin memuncak.

Menu Di Kedai Kalimilk 

Setiap membicarakan Kalimilk, yang selalu terlintas di pikiran adalah olahan susu nya. Kalimilk memang memproduksi sendiri olahan susu tersebut yang memiliki beragam varian rasa modern.

Selain menu susu, Kalimilk juga menyediakan berbagai menu pendamping lainnya. Kalimilk menyediakan berbagai menu dari menu berat sampai menu ringan atau camilan.

Untuk makan ringan, ada beragam jajanan seperti olahan sosis, es krim, roti bakar, risoles dan masih banyak lagi. Adapun pengunjung bisa memesan makanan ringan seperti steak, nasi dengan lauk pauk, atau nasi goreng.

Dengan beragam menu lezat tersebut tak heran banyak pengunjung yang datang. Pengunjung bisa memesan menu untuk sarapan atau memesan makanan ringan untuk mengobrol saat hangout dengan teman.

Harga Minuman Susu Kalimilk 

Meski kedai Kalimilk terkesan modern dan berkelas tak membuat harga menu di Kalimilk menjadi mahal. Nyatanya, baik dari menu segala varian susu, makanan hingga camilan dapat dinikmati dengan harga yang murah.

Khususnya minuman susu, menu yang selalu dipesan di Kalimilk ini dibanderol dengan harga mulai dari enam ribuan. Untuk yang termahal, baik untuk minuman dingin atau panas dibanderol dengan harga Rp.20 ribuan saja.

Harga tersebut sesuai dengan ukuran minuman yang dipesan. Namun untuk yang termahal, pelanggan akan mendapat gelas berukuran besar seperti gelas bir raksasa.

Susu yang diolah merupakan susu yang didapat dari hasil kerja sama dengan peternakan di daerah Pakem, Cangkringan dan sekitarnya. Dengan kenaikan jumlah peminat susu membantu peternak menaikan harga beli susu.

Meski perkembangan jaman semakin maju, Kalimilk Jogja tetap dikenang di hati para penikmatnya. Mengusung kedai dengan konsep cozy dan kekinian, Kalimilk memiliki banyak peminat setelah merasakan kenikmatan olahan susu Kalimilk serta menu pendamping lainnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *