Apabila berkunjung ke Yogyakarta, rasanya kurang lengkap bila tidak mencicipi kuliner khas wilayah tersebut. Salah satunya adalah Mie Ayam Grabyas. Tidak sedikit yang baru mendengar istilah mie ayam grabyas. Banyak orang di luar kota Yogyakarta yang belum mengetahui apa itu mie ayam grabyas.

Sudah banyak penjual mie ayam biasa di berbagai daerah. Kebanyakan penjual mie ayam memang hanya menyediakan mie ayam biasa. Varian menu yang sudah sering tersedia adalah mie ayam bakso dan mie ayam ceker. Coba cek saja di kota mana saja yang menjual mie ayam grabyas selain di Yogyakarta.

Untuk yang berencana mengunjungi Yogyakarta, di bawah ini ada informasi menarik yang harus diketahui. Bagi yang penasaran simak baik-baik informasi mengenai kuliner mie ayam grabyas agar tidak salah tempat ketika mencarinya.

Mengenal Mie Ayam Grabyas

Mie ayam grabyas ini berbeda dengan mie ayam pangsit yang sudah banyak dijual di kota-kota besar. Mengapa dinamakan mie ayam grabyas? Perlu diketahui bahwa grabyas adalah lemak ayam yang digoreng sampai kering (crispy), lalu dicampurkan dalam semangkuk mie ayam.

Grabyas seharusnya menggunakan lemak babi. Akan tetapi karena pasaran masyarakat umum yang muslim, lemak ayam digunakan sebagai pengganti lemak babi.  Inovasi mie ayam dicampur dengan grabyas adalah keunikan tersendiri dari mie ayam lain yang menjadi daya tarik bagi pembeli.

Jika dilihat dari namanya saja pastinya sudah bisa menebak apa yang menjadi pembeda dari mie ayam grabyas dengan mie ayam yang lain. Selain waktu bukanya yang hanya ada pada larut malam, penambahan grabyas inilah yang menjadi ciri khasnya.

Pembeli tidak hanya memakan mie dengan topping ayam tumis layaknya mie ayam pada umumnya. Tetapi juga ditambah dengan grabyas yang membuat cita rasa dan selera makan menjadi nikmat.

Dimanakah Dapat Menemukan Mie Ayam Grabyas

Mie ayam grabyas memang viral disebut sebagai kuliner malam yang wajib dicoba. Penjual mie ayam jenis ini rata-rata membuka dagangannya pada malam hari, di atas pukul 11 malam.

1. Lesehan Malioboro

Bagi yang penasaran dengan kuliner malam mie ayam grabyas, langsung saja menuju pusat kawasan Malioboro. Berikut ini beberapa fakta yang perlu diketahui:

2. Mie Ayam Grabyas Red Door

Selain di Malioboro, masih ada lokasi lain yang menjual mie ayam grabyas. Seperti halnya di Malioboro, di lokasi lainnya juga buka pada larut malam. Cek fakta berikut ini:

3. Mie Ayam Grabyas Rarasati

Apabila kedua warung mie ayam di atas bukan tengah malam, maka ada satu lagi warung mie ayam grabyas yang buka pada siang hari. Simak faktanya berikut ini:

Demikianlah ulasan kuliner mie ayam grabyas yang populer di kota gudeg ini. Yogyakarta termasuk salah satu kota di tanah air yang terdapat banyak wisata kuliner. Saat berada di Jogja, baik pagi, siang, maupun malam, aneka kuliner khas Kota Pelajar selalu tersedia untuk disantap.

Nah ketika perut lapar tak bisa tidur malam, langsung saja mencari mie ayam yang satu ini. Apabila berencana mengunjungi Yogyakarta, jangan lewatkan untuk mampir mencicipi mie ayam grabyas yang sudah disebutkan di atas.

Saat mengunjungi warung mie ayam grabyas, pengunjung bisa memilih mau makan di tempat ataupun dibawa pulang. Lebih nikmat jika dimakan di tempat sambil menikmati suasana dinginnya malam kota Jogja yang membuat rindu untuk kembali berkunjung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *