Bagi masyarakat pecinta kuliner, tentunya wajib untuk mencoba atau mencicipi kuliner khas Jogja bernama Nasi Rames Demangan. Kuliner yang dijual di warung semi tenda ini sangat terkenal, dan sudah banyak yang mengatakan jika menu tersebut adalah masakan legenda.

Bukan tanpa alasan, warung nasi rames ini berdiri sudah sejak lama dan telah dikenal oleh warga Jogja ataupun wisatawan. Akan tetapi, kelezatan dari kuliner ini tetap sama seperti saat pertama kali dibuka.

Fakta Unik Warung Nasi Rames Demangan

Daerah Istimewa Yogyakarta, sangat erat kaitannya dengan kota wisata. Bukan hanya itu saja, Jogja juga dikenal karena keanekaragaman kuliner yang murah meriah namun mengenyangkan.

Salah satu kuliner yang cukup terkenal di Jogja yaitu nasi kucing. Hampir di setiap penjuru kota, banyak angkringan yang menjajakan nasi kucing ini.

Namun, saat ini Jogja kembali dikenal berkat Nasi Rames Demangan yang sangat hype di semua kalangan. Bukan hanya remaja, orang tua dan anak-anak dijamin juga suka dengan kuliner tersebut.

Tak banyak yang tahu, jika kuliner ini ternyata menyimpan beberapa keunikan. Apa saja keunikan tersebut? Simak penjabarannya di bawah ini.

1. Tempatnya Tidak Pernah Sepi

Fakta unik pertama tentang warung Nasi Rames Demangan yaitu tempatnya tidak pernah sepi. Walau dijajakan dalam warung tenda sederhana, banyak sekali orang yang mampir ke tempat ini untuk mengisi perut mereka yang kosong.

Warung yang berdiri sejak tahun 1993 tersebut, kini dipegang oleh generasi kedua. Nama pemiliknya saat ini yaitu Pak Waluyo.

2. Cocok Bagi Pecinta Kuliner Tradisional

Keunikan kedua dari warung ini yaitu sangat cocok bagi pecinta kuliner tradisional. Bagi yang berkunjung ke sini, jangan harap menemukan jajanan atau masakan modern.

Namun, walau bermodalkan masakan tradisional dan tempatnya sederhana, warung Nasi Rames Demangan tidak pernah sepi pengunjung, lho. Bahkan, beberapa orang rela datang jauh-jauh untuk mencoba kenikmatan kuliner tersebut.

3. Buka Hanya Saat Malam Hari

Bila biasanya warung makan buka mulai dari siang hingga malam hari, maka tempat makan nasi rames ini dibuka mulai malam hingga menjelang pagi. Jam buka warung nasi rames tersebut biasanya antara pukul 21.00 – 04.00 WIB.

Jadi, jika pengunjung merupakan tipe orang yang mudah lapar di malam hari, warung nasi rames ini sangat direkomendasikan. Pengunjung juga tidak perlu bingung dan ragu, karena warung ini buka setiap hari.

4. Harganya yang Murah

Biasanya, satu porsi nasi dengan lauk lengkap dibandrol dengan harga diatas Rp25.000 rupiah. Belum lagi jika pengunjung memesan minuman yang biasanya memiliki harga kisaran Rp5.000 – Rp10.000 rupiah.

Akan tetapi di Nasi Rames Demangan, pengunjung cukup merogoh kocek mulai dari Rp9.000 rupiah untuk mendapat satu porsi makanan lengkap dengan lauknya. Menu ini biasanya berupa nasi campur dengan toping ikan, serta sayur yang beraneka ragam.

Fasilitas dan Lokasi Nasi Rames Demangan 

Pengunjung membawa motor atau mobil? Jangan bingung untuk mencari tempat parkir. Faktanya, di warung ini sudah disediakan fasilitas berupa tempat parkir yang luas, dan kondisi tempat makan sederhana yang nyaman.

Dijamin, dengan mengunjungi tempat ini, pengunjung dapat makan dengan tenang. Bukan hanya itu saja, area parkir juga dipastikan aman dari segala bentuk pungli atau pun beragam kejahatan.

Bagi para calon pengunjung yang ingin pergi ke tempat ini, alamatnya berada di Jalan Affandi, Gejayan, Yogyakarta, Indonesia. Bila bingung, cukup cari melalui Maps dengan tulisan Apotek Ardi Farma.

Letak warung nasi rames legenda ini berada tepat di depan Apotek Ardi Farma. Lokasinya yang cukup strategis, tentu memudahkan pengunjung untuk mencari tempat tersebut.

Menu yang Tersedia dan Daftar Harga

Adapun menu utama yang tersedia di warung ini yaitu nasi rames dengan harga mulai Rp9.000 rupiah. Namun, ada juga menu lauk lain yang tersedia di tempat ini seperti tempe goreng, ayam goreng, telur mata sapi, gudeg kering, hingga berbagai macam olahan sayuran.

Harga dari menu-menu lauk tersebut tentu juga beragam. Biasanya dibandrol dengan harga mulai dari Rp1.000 – Rp5.000 rupiah tergantung porsi.

Itulah penjelasan mengenai harga, menu, hingga keunikan dari Nasi Rames Demangan yang terkenal seantero Jogja. Apabila ingin berkunjung ke tempat ini, usahakan untuk datang di bawah jam 9 malam.

Hal ini dikarenakan, banyak sekali pengunjung yang biasanya sudah mengantri untuk membeli nasi rames yang melegenda tersebut. Jangan berkunjung di atas jam 12 malam, karena biasanya pembeli akan semakin padat.

Sedikit informasi juga, bahwa di event tertentu warung milik Pak Waluyo tersebut biasanya akan ditutup satu kali dalam kurun waktu dua minggu. Untuk calon pengunjung yang memiliki lokasi jauh, jangan lupa untuk memesan penginapan di sekitar warung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *