Salah satu masakan Indonesia yang khas dengan rasa pedas adalah oseng mercon Jogja yang memiliki banyak penggemar di berbagai daerah. Mercon adalah bahasa Jawa yang berarti kembang api, perumpamaan rasa pedas oseng dikatakan seperti mercon.

Karena pedasnya yang memberikan sensasi rasa tersendiri yang seperti meledak ledak seperti letusan kembang api/ mercon dalam olahan oseng oseng.  Berikut adalah resep makanan oseng mercon jogja yang populer bagi penggemar pecinta olahan masakan pedas: 

1. Oseng Mercon Punya Bu Narti 

Rumah makan oseng mercon Bu Narti bisa ditemui di daerah dekat Malioboro Jogja tepatnya di jalan purwodiningratan 110 Ngampilan Yogyakarta.  Jualan Bu Narti dapat ditemui pada pukul  5 sore sampai pukul 12 malam setiap hari. 

Satu harga porsi Bu Narti adalah 27ribu paket lengkap yang bisa dipersiapkan untuk pecinta pedas yang mencicipi masakan oseng mercon. Oseng mercon Bu Narti bahan utama yang dipakai adalah daging, tetelan, kulit, maupun jeroan sapi. 

2. Oseng Mercon Punya Pak No 

Beda dengan Bu Narti, oseng mercon milik punya Pak No memakai bahan utama lebih varian balungan sapi, ceker, seafood kerang. Racikan bumbu masakan osengnya juga dengan irisan cabe  yang lebih halus sehingga lebih tercampur rata. 

Alamat oseng mercon Pak No berada di Jalan Wahid Hasyim no 44, Condongcatur, Depok dengan jam buka pada siang hari. Harga per porsi sebesar 17 ribu yang cukup terjangkau untuk bisa menikmati oseng mercon ini. 

3. Oseng Mercon Punya Mas Toni 

Selanjutnya salah satu oseng mercon Jogja yang sangat enak adalah masakan Mas Toni, dengan bahan utamanya adalah daging ayam. Sistem penjualan Mas Toni adalah bisa ambil makanan dengan porsi sepuasnya dengan harga 3ribu – 23ribu. 

Alamat mas Toni masih berada di daerah Ngampilan dengan jam mulai setiap hari senin sampai minggu mulai magrib sampai malam. Bahan osengan punya Mas Toni khusus untuk olahan daging ayam mulai dari tubuh dan ceker. 

4. Warung Oseng Mercon 62

Nama warung salah satu oseng mercon Jogja adalah oseng mercon 62 yang memakai nomor tempat atau rumah yang cukup terkenal. Sajian utama dalam oseng mercon ini adalah jeroan sapi, otot, dan juga kikil yang pedas. 

Selain itu ada makan oseng, makanan yang disuguhkan bisa berupa pete dan ayam goreng sebagai tambahan makanan utama yang dijual. Oseng mercon ini masih terletak di daerah Ngampilan nomor 62 dan jam buka 24 jam. 

5. Oseng Mercon Punya Mbok Sum 

Selain jualan oseng mercon, Mbok Sum juga menjual makanan khas Jogja yaitu Gudeg yang bisa ditemui di daerah Ngupasan Jogja. Masakan Mbok Sum dinilai  sangat enak dan mantap dalam olahan masakan osengan yang super pedas. 

Jam buka warung Mbok Sum buka mulai jam 7 malam sampai jam 4 subuh yang bisa dijadikan sebagai alternatif kuliner. Lokasi  warung tepatnya berada di alamat KH Ahmad Dahlan dengan nomor 21 yang bisa dicari.

6. Oseng Pedas Nomor 57 

Terakhir oseng pedas yang terkenal di daerah Jogja adalah  Oseng Pedas nomor 57 yang memiliki rasa pedas oseng sangat  khas. Bumbu rempah yang membuat gurih dengan olahan daging yang dimasak oseng membuat banyak pembeli berlangganan.

Alamat lengkapnya adalah di daerah Depok, Caturtunggal, Sleman, Jogja dengan waktu buka warung mulai jam 2 siang sampai 10 malam. Harga yang ditawarkan untuk satu porsi cukup terjangkau  dan masakan oseng dapat dipesan secara online. 

7. Oseng Mercon Pedas Mbak Suci

Oseng mercon yang ditawarkan Mbak Suci bisa dipesan dengan metode online dan dengan wujud kemasan yang bisa dimakan setiap saat. Rumah produksi oseng Mbak Suci dapat ditemukan di daerah Kaliurang, Gang Bali Blok C, Ngaglik. 

Oseng mercon mbak Suci dengan sistem delivery dengan kemasan disajikan tanpa bumbu pengawet maupun micin sehingga bisa dinikmati siapa saja. Oseng masakan Mbak Suci ini berdiri sejak tahun 2016, tak heran apabila banyak pelanggan setia. 

8. Oseng Mercon Masakan Pak Joko

Pilihan selanjutnya oseng mercon Jogja adalah masakan olahan Pak Joko yang sangat terkenal dan memiliki banyak pelanggan dari mana saja. Dengan porsi yang lumayan banyak dan harga terjangkau, namun tidak diragukan dengan kualitas rasa pedasnya. 

Lokasi areanya masih sama terletak di daerah Ngampilan Jogja dengan nomor 130 dengan jam buka sore hari sampai tengah malam. Khusus hari senin, warung Pak Joko tidak buka, sehingga hanya bisa ditemukan hari selasa – minggu. 

Nah jadi 8 tempat warung oseng mercon Jogja yang bisa dijadikan sebagai referensi kuliner yang bisa dikunjungi para pecinta pedas. Tetap perhatikan kesehatan dan kebersihan makanan untuk bisa menyantap masakan oseng dengan nyaman dan nikmat. 

Pilih resto yang menyediakan hidangan sesuai selera dan budget. Dengan begitu wisata kuliner pun akan terasa menyenangkan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *