Jejamuran Jogja dikenal sebagai tempat makan yang khusus menawarkan olahan dari jamur. Bahan dasar jamur ini diambil dari kebun sendiri, lalu dimasak menjadi sajian lezat seperti Semur, Rendang, Pepes, Sate, dan lainnya.

Tempat makan ini juga menawarkan beragam fasilitas lengkap yang dapat diakses gratis. Selain itu, menu yang disajikan masih cukup terjangkau di kantong. Berikut ulasan lengkap tentang tempat makan hits di Yogyakarta yaitu Jejamuran.

Sekilas Tentang Jejamuran

Didirikan tahun 2007, Jejamuran Joga menjadi tempat makan unik yang menyediakan masakan olahan jamur. Tempat makan ini dirintis oleh Ratidjo yang awalnya menjalankan pembibitan jamur sekitar tahun 1997.

Mulanya Jejamuran membuka usaha di depan rumah dengan tiga menu andalan seperti jamur goreng crispy, pepes, serta sate. Ide usaha ini datang karena istrinya yang bernama Indaryati pandai memasak dan mengolah jamur.

Selain itu, Ratidjo mempunyai misi untuk mensejahterakan petani serta meningkatkan konsumsi jamur di masyarakat. Saat ini Ratidjo sudah memiliki kebun pembibitan jamur di beberapa tempat seperti di Wonosobo, Sleman, Cilacap dan Kulonprogo.

Terdapat sekitar 20 jenis jamur yang dikembangkan dengan suhu mencapai 14-31° Celcius. Pengunjung bisa melihat beragam jenis jamur seperti Tiram, Merang, Shitake, kuping, Enoki, Lingzhi, dan Shimeji yang ditanam memakai media organik.

Saat ini rumah makan Jejamuran sudah memiliki ratusan karyawan dengan menghadirkan menu yang lebih banyak. Bahkan rumah makan ini menjadi destinasi wajib yang dikunjungi oleh penggemar jamur.

Harga dan Menu di Jejamuran Jogja

Jejamuran Jogja dikenal dengan sajian olahan jamur yang khas dan lezat. Pengunjung bisa mencoba sejumlah masakan antara lain Rendang, Sate, Pepes, Fuyunghai, Karedok, Sup, Tumis Lombok Ijo hingga Tom Yum yang berbahan dasar jamur.

Pengunjung juga dapat menikmati sajian nasi goreng dan uduk yang dicampur olahan jamur. Terdapat beberapa jenis jamur yang sering digunakan seperti Shitake, Portabella, Merang serta Tiram.

Jika tidak ingin makan jamur, pengunjung dapat memesan menu lain yang tersedia. Menu non jamur di Jejamuran juga tidak kalah enaknya, misalnya Ayam Goreng Kampung atau Ayam Bakar.

Range harga yang ditawarkan bisa dibilang bersahabat, mulai dari Rp10.000 sampai Rp25.000 per porsi. Tersedia pula paket menu keluarga dengan harga hemat.

Jejamuran juga menyajikan menu minuman segar maupun hangat. Pengunjung bisa mencoba minuman seperti Soda Gembira, Lime Tea, Aloe Vera Squash, Mojito, Es Jeruk, kopi hingga susu hangat.

Tidak hanya itu, minuman tradisional seperti Kunyit Asam, Wedang Jahe, Beras Kencur, dan lainnya juga tersedia di tempat makan ini. Semua menu minuman tersebut berkisar dari Rp3.000 – Rp13.000 saja.

Fasilitas yang Tersedia di Jejamuran

Selain menu serba jamur yang lezat, pengunjung juga dapat menikmati fasilitas yang tersedia di Jejamuran Jogja. Berikut ini fasilitas serta pelayanan yang diberikan untuk pengunjung, antara lain:

1. Kebun Jamur

Jejamuran memiliki lahan khusus untuk kebun jamur yang ditanam, diolah serta dipanen sebagai bahan baku masakan. Lahan ini masih berada di dalam area tempat makan yang dibuka untuk pengunjung.

Pengunjung bisa melihat budidaya berbagai jenis jamur seperti Merang, Shitake, Nameko, Kuping, Tiram, dan sebagainya. Dengan begitu, pengunjung dapat menambah pengetahuan dengan cara yang menyenangkan.

2. Kolam Terapi Ikan

Puas mencicipi sajian serba jamur, pengunjung bisa bersantai sejenak di fish spa atau kolam terapi ikan. Jejamuran menyediakan kolam berisi ikan Garra rufa yang bisa diakses gratis oleh pengunjung.

Ikan tersebut akan membantu membersihkan sel kulit mati di kaki. Selain itu, fish spa juga bisa mengurangi stres dan membuat tubuh relax.

3. Tempat Luas

Jejamuran menjadi lokasi yang pas untuk dikunjungi bersama keluarga, karena cukup luas dan ramah anak-anak. Tempat makan menyediakan banyak bangku, sehingga masih bisa menampung pengunjung jika kondisi ramai.

Terdapat pula area parkir untuk motor, mobil maupun bus yang luas. Area parkir ini dipungut biaya sesuai dengan kendaraan yang dibawa.

Jejamuran menyediakan mushola untuk pengunjung yang ingin beribadah. Selain itu, pengunjung juga dapat berbelanja oleh-oleh seperti keripik maupun jamur kalengan di minimarket.

4. Spot Foto Menarik

Tidak lengkap jika berwisata tanpa mengabadikan foto untuk media sosial. Jejamuran mempunyai sejumlah spot foto keren bagi pengunjung di sekitar area tempat makan.

Pengunjung bisa berfoto di area kebun jamur, kolam ikan, di depan gapura, dan lainnya. Tidak mengherankan jika Jejamuran ini juga sering dijadikan tempat nongkrong yang hits di sekitar Yogyakarta.

Lokasi dan Jam Operasional

Jejamuran Jogja letaknya cukup strategis dan dekat dari pusat kota Sleman. Lokasinya berada di sekitar Jalan Pendowoharjo, Niron, Sleman. Perjalanan bisa ditempuh sekitar 200 meter dari Alun-alun Sleman menuju utara ke arah Magelang.

Selanjutnya, belok kanan sejauh 250 meter setelah lampu merah pertama. Lokasi Jejamuran ini tepat di perempatan kedua di sebelah kiri jalan. Jejamuran beroperasi dari jam 09.00 pagi – 21.00 setiap hari.

Demikian ulasan mengenai Jejamuran Jogja yang dapat dijadikan rekomendasi. Tempat makan ini menjadi sangat cocok dikunjungi bersama keluarga karena harganya terjangkau serta banyak fasilitas menarik di dalamnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *