Kesuma Restaurant adalah restoran bernuansa tradisional yang sudah mendapat tempat di hati bagi para pelanggannya. Restoran ini dibangun dengan tujuan melestarikan tradisi dan budaya Yogyakarta. Lokasinya mudah diakses, yaitu di Jalan Sartono, Mantrijeron 3, Yogyakarta.

Restoran yang digagas oleh pasangan Indonesia-Prancis ini berbentuk rumah limasan. Di sekitarnya terdapat kolam ikan dan gazebo. Berikut adalah ulasan tentang 6 keunikan Restoran Kesuma yang sanggup menarik minat orang untuk makan di sana.

1. Menu Andalannya Bercita Rasa Lokal

Restoran Kesuma memiliki menu andalan yang dinamakan Ayam Kesuma. Ayam Kesuma setiap harinya selalu menjadi menu pilihan bagi sebagian besar pelanggan restoran ini. Walaupun hanya berupa ayam panggang, tapi rempah-rempah yang digunakannya diracik dengan sempurna.

Ayam Kesuma dipanggang setelah sebelumnya dilumuri dengan campuran rempah jahe, kacang mete, cabai merah, dan irisan nanas. Cita rasa yang dihasilkannya adalah paduan rasa lokal yang mampu menggoyang lidah penikmatnya. Sekali makan, pasti tidak cukup.

Jika penasaran dengan sensasi menu andalan ini, jangan ragu lagi untuk segera datang. Para turis sudah banyak yang datang ke sana. Mereka tidak ingin kehilangan kesempatan untuk mencicipi menu andalan dan menu-menu lain yang disajikan.

2. Masakan Home Cooking Ala Tempo Dulu Disajikan dalam Beragam Variasi

Selain ayam panggang andalan, Kesuma Restaurant juga menyediakan makanan khas Yogyakarta dan Solo. Menu di tempat ini pada umumnya memang berupa makanan tradisional dan rumahan.

Masakan rumahan yang sering dijumpai maupun yang jarang dirasakan, semua tersaji apik di sana. Contohnya adalah perkedel, bakwan, lumpia, tumis genjer, dan nasi goreng.

Walaupun beberapa dari jenis makanan tersebut biasa ditemukan dalam keseharian, tetapi sensasi baru pada makanan tersebut berbeda dengan yang biasa. Siapa pun pasti sepakat bahwa masakan rumahan dapat menggugah kenangan seseorang pada masakan tempo dulu.

Harga makanan di tempat ini dapat dikatakan di atas rata-rata. Akan tetapi, harga yang diberikan masih sebanding dengan rasa makanannya yang dapat menciptakan sensasi yang luar biasa. Sensasi itulah yang membuat orang selalu datang kembali.

3. Jumlah Masakan Dibuat Tidak Terlalu Banyak

Untuk dapat memperoleh kesempatan makan di salah satu restoran terkenal di Yogyakarta ini bukanlah perkara mudah. Pasalnya, restoran ini hanya dibuka pada malam hari, Ketika waktu makan malam sudah tiba.

Bukan berarti restoran ini tidak buka pada siang hari. Namun, harus dilakukan reservasi terlebih dahulu jika ingin merasakan menu restoran pada siang hari. Jika tidak, bisa-bisa yang ditemukan hanya restoran yang tutup dan akhirnya mendatangkan rasa kecewa.

Perlu diperhatikan juga bahwa di tempat ini tidak bisa mengharapkan makanan akan lekas tersaji. Makanan datang lebih lama dari perkiraan karena jumlah koki tidak banyak. Hal ini dikarenakan adanya keinginan mempertahankan cita rasa masakan rumahan.

4. Kenyamanan yang Diberikan Tidak Akan Terlupakan

Kesuma Restaurant merupakan tempat yang sederhana. Kesan sederhana inilah yang hendak ditonjolkan oleh restoran yang berlokasi di Kota Yogyakarta ini. Tempat makan ini sengaja ditata dengan sederhana sedemikian rupa agar tampak seperti restoran pada umumnya.

Selain kesederhanaan, kenyamanan juga dihadirkan di restoran ini. Kesederhanaan dan kenyamanan tampaknya menjadi tujuan utama si pemilik restoran. Hal ini terlihat dari desain ruangan yang dibuat tidak terlalu besar, layaknya suasana sebuah rumah tinggal.

5. Tempat Duduk Nyaman dengan Area Terbuka Tersedia Cukup Banyak

Keunikan lain dari restoran ini adalah terbaginya ruangan menjadi dua bagian. Dua bagian yang sama-sama dipergunakan sebagai tempat makan tersebut adalah bagian di dalam ruangan dan bagian di luar ruangan.

Ada juga tempat makan yang berupa lesehan. Dengan demikian, pelanggan dapat duduk bersantai sembari meluruskan kaki. Walaupun menyediakan tempat duduk yang nyaman, disarankan untuk tidak datang beramai-ramai jika belum melakukan reservasi.

Ruang atau tempat makan yang disediakan memang banyak, tetapi tidak terlalu besar. Jika datang bersama rombongan berjumlah banyak, lakukan reservasi untuk satu restoran seluruhnya agar tidak mengganggu kenyamanan makan.

6. Pelayanan yang Diberikan Berkualitas Baik

Di tempat makan ini, para pengunjung akan memperoleh pelayanan yang berkualitas sekaligus memuaskan. Menurut para pelanggannya, masakan yang disuguhkan restoran ini wajib dicicipi karena memiliki cita rasa yang unik.

Wisatawan mancanegara pun tidak sedikit yang datang ke sana. Bagi mereka, pelayanan yang berkualitas baik memberi nilai tambah bagi restoran. Siapa sangka jika masakan rumahan yang terkesan biasa justru mampu menarik hati para wisatawan asing untuk menikmatinya.

Ketika berwisata ke Yogyakarta, sempatkanlah berkunjung ke Kesuma Restaurant. Restoran ini menyajikan masakan rumahan yang diracik dengan rempah-rempah pilihan. Pastinya sangat menggugah selera penikmatnya. Jangan menyesal jika wisata berlalu tanpa sempat menikmati masakan di sana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *