Jogja dengan beragam kebudayaannya, beragam pula kulinernya yang memiliki cita rasa khas. Di sekitar UGM ada Sego Pecel bu Wiryo yang berdiri semenjak tahun 1959 dengan rasa yang khas.

Dengan menu utama sego Pecel, rumah makan yang dikenal dengan sebutan SGPC bu Wiryo ini cukup digemari banyak orang. Rumah makan ini tergolong sederhana namun cukup legendaris karena umurnya yang sudah cukup lama.

Walaupun namanya sego Pecel, rumah makan ini menyediakan menu yang cukup bervariasi yang dapat dipilih untuk menemani lahapan pelanggan. Berikut ini  ulasan tentang SGPC bu Wiryo yang dapat dijadikan referensi kuliner Jogja:

Lokasi SGPC Bu Wiryo

Beralamatkan di Caturtunggal, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, atau tepatnya di sekitar UGM, SGPC sudah banyak dikenal. Terutama bagi mahasiswa UGM maupun alumninya, rumah makan ini pasti dikenal.

Lokasinya yang terletak di dekat UGM menjadi salah satu alasan SGPC mudah dikenal dan menjadi tempat makan pilihan banyak orang. Tidak heran jika SGPC bu Wiryo selalu ramai pengunjung apalagi di jam makan siang.

Lokasinya terletak di pinggir jalan sehingga mudah ditemukan oleh pengunjung. Di bagian depan rumah makan sudah ada papan pengenal yang besar sehingga lebih mudah ditemukan. Tempatnya yang bersih dan cukup luas juga menjadi nilai plus.

Menu yang Tersaji di SGPC Bu Wiryo

Selain lokasinya yang strategis, SGPC bu Wiryo juga menyajikan aneka menu yang dapat dipilih. Walaupun nama dari rumah makan ini adalah Sego Pecel, namun tersedia juga menu lain yang tak kalah nikmatnya.

Tidak ada salahnya mencoba menu selain Sego Pecel di sini karena sama enaknya. Atau mencobanya sekaligus juga merupakan pilihan menarik, apalagi bagi wisatawan yang tidak lama menetap di Jogja.

Pelanggan dapat memilih menu selain Sego Pecel sehingga pelanggan tidak bosan untuk makan di SGPC. Berikut ini beberapa menu yang dapat dipilih di Sego Pecel bu Wiryo:

1. Sego Pecel

Sesuai dengan namanya, menu utama Sego Pecel bu Wiryo adalah pecel yang dilahap dengan nasi atau dalam Bahasa jawanya “sego”. Cita rasa pecel di SGPC senantiasa dijaga keotentikannya, tidak ada penambahan maupun pengurangan sayur pecel.

Racikan sayur untuk pecel di SGPC menggunakan Tauge, bayam dan potongan kacang panjang. Ketiga sayur ini direbus seperti pecel pada umumnya. Ketiga sayur ini adalah sayur yang dipakai sejak pertama SGPC berdiri hingga sekarang.

Selain racikan sayurnya yang tidak berubah, yang tidak kalah penting dalam menu pecel adalah bumbu kacang. Bumbu kacang di SGPC menggunakan gula Jawa dan kacang tanah terbaik untuk menciptakan cita rasa bumbu kacang yang khas.

Pecel yang merupakan makanan asli dari Jawa Timur disesuaikan dengan lidah Jogja. Hal ini membuat SGPC yang berdiri di Jogja tetap memiliki banyak penggemar dan selalu ramai dikunjungi.

2. Sop Daging Sapi

Selain menyajikan Sego Pecel sebagai menu utamanya, SGPC juga menyajikan sop daging sapi dengan cita rasa yang khas juga. Rasa daging yang sangat terasa pada sop ini cukup menjadikan sop daging sapi menjadi idola juga.

Daging yang dimasukkan ke dalam sop juga tidak tanggung-tanggung. Menggunakan daging sapi berkualitas bagus membuat sop daging sapi di SGPC menjadi lebih lezat.

Untuk menu yang berkuah ini biasanya akan lebih terasa nikmat jika disandingkan dengan gorengan. Tenang, SGPC bu Wiryo juga menawarkan menu pelengkap sebagai teman menyantap sop daging sapi maupun sego pecel.

Pilihan untuk menu pelengkapnya juga tergolong bervariasi sehingga pelanggan dapat memilih sesuka hati. Menu pelengkap yang disajikan juga tidak kalah lezat, simak penjelasan selanjutnya untuk info lebih lengkapnya.

3. Menu Pelengkap

Selain pecel dan sop, SGPC juga menyajikan menu pelengkap seperti telur dadar, aneka gorengan dan lain-lain. Telur dadar yang disajikan dengan penampilan yang rapi membuat selera makan meningkat.

Menyantap pecel memang pasangannya gorengan tahu atau tempe, dilengkapi menu pelengkap ini, menyantap Sego Pecel menjadi lebih nikmat. Disamping itu ada pilihan sate telur puyuh juga sebagai menu pelengkap untuk menemani Sego Pecel maupun sop.

Sate usus yang lezat juga disajikan untuk melengkapi santapan di SGPC. Selain itu tersedia juga Perkedel untuk melengkapi menu utama. Dan masih ada pilihan lain yang dapat melengkapi menu utama SGPC bu Wiryo.

Pilihan menu pelengkap yang bervariasi membuat cita rasa menu di SGPC menjadi semakin nikmat untuk disantap. Jika hanya ingin mencoba Sego Pecelnya saja tentu tetap lezat dan diperbolehkan.

Nah, itu tadi ulasan tentang Sego Pecel bu Wiryo yang sudah berdiri sejak tahun 1959 di Jogja. Main ke Jogja tidak ada salahnya mempir ke SGPC Bu wiryo untuk merasakan Sego Pecel yang legendaris ini.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *