RENTALMOTOR99.C0M – Di samping Parangtritis, Pantai Kukup Yogyakarta juga merupakan andalan wisata di kota tersebut. Pantai selatan tersebut digemari oleh banyak orang, baik warga mancanegara maupun dalam negeri. Bila ingin berwisata di sini, silakan simak informasi berikut:

Lokasi dan HTM Wisata Pantai Kukup

Tempat wisata kabupaten Yogyakarta ini berada di deretan pantai-pantai Gunung Kidul, tepatnya di Kecamatan Tanjungsari, Desa Ngepung. Beberapa meter didekatnya terdapat Pantai Ngrawe dan juga Pantai Baron yang berada sekitar 1 km ke arah utara.

Saat memasuki daerah pantai, pengunjung harus membayar biaya tiket sebesar Rp 10.000 tiap orangnya. Bila membawa kendaraan, pengunjung juga dikenai tiket parkir. Untuk parkir mobil biayanya yakni Rp 5.000 dan untuk transportasi motor Rp 2.000.

Pantai tersebut tidak memiliki jam buka dan tutup yang pasti. Bahkan pengunjung dapat menikmati suasana pesisir hingga malam dan menemukan kuliner sekitaran. Pengunjung juga bisa menemukan beberapa tempat bermalam atau penginapan di dekat Pantai Kukup.

Pantai Kukup bisa dicapai dalam dua jam dari pusat Yogyakarta dengan jarak 65 km. Ambil jalur Wonosari, lalu teruskan hingga daerah Pantai Baron. Selanjutnya wisatawan tinggal memperhatikan papan petunjuk arah yang bisa ditemui di pertigaan.

Dalam perjalanan, wisatawan harus hati-hati karena jalur yang ditempuh lumayan berkelok tajam. Oleh karena itu, jangan lupa persiapkan obat anti mabuk darat sebelum berangkat. Akses jalannya mudah dilalui dengan transportasi pribadi berupa motor ataupun mobil.

Selain motor atau mobil, pantai selatan Yogyakarta tersebut bisa ditempuh dengan bus jurusan Yogyakarta ke Wonosari. Sesampainya, pengunjung dapat menaiki bus jurusan Baron. Setelah sampai Pantai Baron lanjutkan perjalanan menggunakan ojek yang tersedia di sana.

Aktivitas Wisata

Kawasan pesisir Pantai Kukup Yogyakarta tergolong kecil. Namun di sekitarnya terdapat penjual oleh-oleh seperti baju dan aksesoris. Lalu, apa saja kegiatan menarik yang bisa dilakukan di sana? Bila penasaran, silakan simak penjelasan berikut ini:

1. Melihat Upacara Adat

Yogyakarta merupakan daerah di Indonesia yang ritual adatnya masih kental, apalagi di daerah pantai selatannya. Di Pantai Kukup sendiri terdapat upacara adat yang bernama sedekah laut. Upacara tersebut biasa digelar setiap Satu Suro penanggalan Jawa.

Sedekah laut dilakukan oleh masyarakat daerah dengan menghanyutkan berbagai sesajen ke perairan lepas. Konon hal ini dilaksanakan sebagai bentuk perasaan syukur atas rezeki yang diperoleh. Jikalau beruntung, para pengunjung dapat melihat proses ritualnya secara langsung.

2. Mengunjungi Pulau Jumino

Seperti di Tanah Lot Bali atau Balekambang Malang, Pantai Kukup mempunyai sebuah pulau. Di tengah pulau tersebut juga terdapat sebuah bangunan, namun bukan Pura. Bangunan tersebut bernama Gardu Pandang yang dikunjungi saat sunset ataupun sunrise.

Pulau yang memiliki nama Jumino tersebut dapat diakses menggunakan jembatan. Setelah melewati jembatan, pengunjung harus sedikit mendaki sebuah bukit. Setelah sampai di atas bukit, barulah pengunjung bisa menikmati panorama khas pantai yang menawan hati.

3. Menikmati Akuarium Alami

Kegiatan terakhir yang dapat dicoba wisatawan yakni menikmati ‘akuarium alami’ yang ada di pinggir Pantai Kukup. Maksud dari akuarium ini adalah tempat air tenang di pinggir pantai dengan berbagai macam biota laut di dalamnya.

Umumnya wisatawan bisa menemukan berbagai macam kerang, bintang laut, bulu babi, serta ikan-ikan kecil. Orang tua bisa mengajak anak-anaknya untuk bermain di sini. Ada pula warga sekitar yang mengumpulkan serta menjualnya di sekitar pantai.

Itu dia informasi tentang Pantai Kukup Yogyakarta terbaru tahun 2023. Dengan tiket yang murah dan berbagai aktivitas yang bisa dilakukan, pantai tersebut sangat layak untuk dikunjungi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *