AMBULANCEKENDAL.COM – Produk mobil mainan yang digemari anak nyatanya sering mengalami kendala khususnya aki pada mesin rusak. Bila sudah rusak, terkadang mainan akan dibuang oleh pemiliknya. Padahal terdapat sebuah cara ganti aki mobil mainan dengan aki motor agar mainan dapat berfungsi kembali.

Pemilik sering membuang mobil mainan yang sudah rusak karena biaya untuk memperbaikinya cukup mahal. Namun, tak perlu khawatir, kini terdapat sebuah hack sebagai solusinya hanya dengan menggunakan aki motor. Lantas, bagaimana cara ganti aki mobil mainan dengan aki motor agar berfungsi kembali? Simak ulasan berikut:

1. Periksa Terlebih Dahulu Volume Baterai Mobil Mainan

Apabila mobil mainan rusak dan harus diganti aki pada mesin, alangkah baiknya periksa terlebih dahulu baterai pada mainan terlebih dahulu. Hal ini cukup penting untuk diperhatikan karena volume pada baterai harus sama dengan volume pada aki yang akan ganti nanti.

Jika gegabah pada tahap awal ini, mesin akan mengalami konsleting yang mengakibatkan mobil mainan terbakar. Bila kurang paham, tanya pada ahlinya apakah volume aki sudah pas dengan volume baterai atau belum.

2. Siapkan Aki Motor

Hal selanjutnya untuk mengganti aki mobil mainan ialah menyiapkan komponen utama, yakni aki motor. Lepaskan aki yang terdapat pada motor. Buka penutup aki, lalu lepaskan seluruh kabel yang terhubung. Apabila aki yang digunakan sesuai dengan volume baterai mobil mainan, maka aki dapat digunakan.

Biasanya, volume pada aki motor ialah 12 V, sedangkan pada mobil mainan hanya 6 V. Untuk solusinya volume pada aki motor dapat diturunkan dengan metode step down, dengan menggunakan alat yang sudah tersedia di toko online.

3. Melepas Baterai pada Mobil Mainan

Selanjutnya, cara ganti aki mobil mainan dengan aki motor ialah dengan melepas baterai  pada mobil mainan. Lepas penutup baterai pada mobil mainan dengan melepaskan girbok, kabel standar, receiver, serta seluruh kabel pada batu baterai. Jangan lupa untuk memutar baut pada pengait aki.  

4. Siapkan Alat dan Bahan untuk Mengganti Aki

Dalam mengganti aki mobil mainan tentunya memerlukan beberapa alat dan bahan, mengingat kabel pada mobil mainan tidak dapat terhubung dengan aki motor. Oleh karena itu membutuhkan bahan tambahan, yakni kabel baru sebagai penghubung keduanya.

Kabel tersebut adalah diraih dengan menyediakan kabel positif dan negatif serta sebuah spons. Cara membuatnya cukup dengan menghubungkan ujung kabel positif dan negatif pada aki dengan menggunakan bantuan spons. Alat pendukung lainnya ialah obeng, cutter, dan catut.

5. Memasang Aki pada Mobil Mainan

Selanjutnya, pasanglah aki jika kabel tambahan sudah terpasang dengan aki. Lalu, letakkanlah aki pada tempat baterai dan hubungkan kabel positif dengan kabel berwarna merah. Untuk kabel negatif hubungkan dengan kabel berwarna hitam. Pada tahap ini dapat ditambahkan dengan selotip hitam agar kabel terhindar dari konsleting.

Sebagai saran, agar arus yang keluar dari baterai menjadi 6 V, tetapkan tidak turun harus disesuaikan satu langkah. Tekanlah tombol pada langkah selanjutnya untuk menampilkan layar kode OUT. Putar agar berlawanan dengan arah jarum jam hingga angka 6.

Setelah itu, kunci dan tutup aki. Apabila telah selesai, pengguna dapat mencoba untuk menghidupkan mobil mainan agar memastikan mainan tersebut sudah dapat berfungsi atau belum.

Mobil mainan yang rusak ternyata masih dapat dipakai kembali dengan mengganti aki pada mesin mainan. Ulasan ini menjelaskan bagaimana cara ganti aki mobil mainan dengan aki motor agar dapat berfungsi kembali. Cara tersebut tentunya simpel dan terjangkau untuk memperbaiki mobil mainan. Semoga ulasan kali ini dapat bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *