RENTALMOTOR99.COM – Lampu belakang pada motor contoh suatu komponen motor yang penting dan harus diperhatikan oleh pengendara agar perjalannya lancar dan aman. Oleh karena itu perlu mengetahui cara memperbaiki switch rem belakang motor. Hal tersebut dikarenakan lampu rem sebagai petunjuk untuk pengendara lain jika seseorang sedang mengerem kendaraannya.

Maka dari itu, jika lampu rem pada kendaraan sedang bermasalah segeralah perbaiki. Namun, pengengguna janganlah panik terlebih dahulu ketika mengetahui switch rem sedang bermasalah. Sebab semua itu bisa diatasi dengan mudah. Tetapi sebelum itu pengguna kendaran haruslah mengetahui penyebabnya dahulu agar tahu cara mengatasinya.

Penyebab Switch Rem Bermasalah

Sebelum pengendara mengetahui cara memperbaiki switch rem belakang motor, perlu untuk memahami penyebabnya terlebih dahulu. Hal itu bertujuan agar pengendara bisa mencari solusi untuk mengatasi masalah tersebut. Adapun beberapa penyebab yang dapat mengakibatkan lampu rem motor bermasalah yaitu:

1 Usia Switch Rem

Satu penyebab lampu rem pada motor mati yang perlu pengendara ketahui yaitu karena switch yang sudah lama. lampu rem yang sudah tua atau terlalu lama menjadi rawan akan masalah. Hal itu dikarenakan komponen yang berada didalamnya sudah tidak dapat bekerja secara maksimal dan cahaya yang dikeluarkan juga akan semakin meredup.

Bahkan ada juga karena masalah usia switch rem ini malah cahayanya tidak dapat mati. Hal itu biasanya dikarenakan adanya arus listrik yang terhubung dengan komponen secara terus menerus. Jika terjadi masalah seperti itu, segeralah pengendara mengganti lampu rem tersebut.

2. Terjadi Masalah di Bagian Rangkaian Sistem Kabel

Kedua yaitu disebabkan karena adanya masalah di bagian rangkaian sistem kabel. Contohnya saja seperti ada kabel yang terputus, terkelupas, atau juga karena menyentuh massa. Masalah seperti ini perlu pengendara teliti terlebih dahulu untuk selanjutnya mengambil tindakan perbaikan.

Namun jika masalahnya seperti itu, pengendara tidak perlu khawatir yang berlebihan. Sebab cara penanganannya cukup mudah. Pengendara cukup melakukan penyetelan ulang atau mengganti kabel yang bermasalah tadi dengan yang baru.

Cara Memperbaiki Switch Rem Belakang Motor

Setelah tadi mengetahui penyebab dari terjadinya masalah pada switch motor. Sekarang pengendara perlu mengetahui langkah untuk memperbaiki masalah tersebut. Caranya cukup mudah untuk dilakukan oleh pengendara sendiri tanpa harus dibawa ke tempat servis. Adapun langkah-langkah untuk memperbaiki switch rem motor yang bermasalah yaitu:

1. Lepaskan Switch Rem Motor

Langkah pertama yang harus pengendara lakukan jika terjadi masalah pada switch motor yaitu dengan melepasnya terlebih dahulu. Silahkan pengendara melepas semua komponen yang merangkai switch rem. Semprot kontaknya dengan cairan anti karat, sebab kontak yang berkarat juga dapat mengakibatkan switch rem bermasalah.

Selain itu, penyemprotan tersebut juga bertujuan sebagai pelumas sehingga bisa menghilangkan dan membersihkan bagian switch rem dari kelembaban. Serta dapat mengembalikan kinerja komponen switch rem seperti normal kembali.

2. Uji Fungsi Dari Switch Rem Motor

Kedua setelah tadi melakukan pembongkaran yaitu cobalah untuk menguji fungsi switch rem yang sudah disemprot cairan anti karat. Pengendara harus memastikan apakah fungsi dari switch yang tadinya bermasalah sudah kembali normal. Selain itu pengendara juga bisa melakukan perbaikan dengan memutar keluar pedal switch ke arah pedal rem

3. Pasang Kembali Switch Rem Motor

Setelah langkah satu dan dua sudah dilakukan dan berhasil mengembalikan fungsi dari switch tersebut. Silahkan pengguna pasang kembali semua komponen switch rem yang tadi dilepaskan. Pastikan pemasangnya benar dan tidak ada yang tertukar posisinya. Namun jika kedua langkah di atas tidak berhasil ditangani, maka pengendara bisa beli yang baru.

Demikianlah tadi cara memperbaiki switch rem belakang motor. Perlu diperhatikan oleh pemilik atau pengendara motor yaitu kenali terlebih dahulu yang menjadi penyebab switch rem bermasalah. Setelahnya baru pengendara bisa menentukan langkah untuk memperbaiki atau mengganti dengan yang baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *