Di berbagai daerah Indonesia, mie ayam sangat populer dan memiliki variasi dan keunikannya tersendiri. Mie Ayam Bu Tumini merupakan satu dari banyaknya warung mie ayam termasyhur di kota Yogyakarta, kota yang dikenal dengan mie ayamnya.

Mie ayam ini menjadi favorit karena terkenal dengan kuah kaldu dan mienya yang lezat, harganya terjangkau, dan pelayanannya ramah. Oleh karena itu, simaklah pembahasan berikut ini mengenai mie ayam Ibu Tumini, dari sejarah hingga lokasinya:

Sejarah dan Asal Usul Mi Ayam Bu Tumini

Warung mi ayam ini didirikan oleh almarhum Tumini dan Suparman, yang memulai usaha mereka dengan kepiawaian Suparman dalam membuat mi. Pada 1989, mereka menyewakan gerobak mi ayam kepada pedagang keliling dan menyuplai mi basah.

Pada 1990, keluarga ini memutuskan untuk membuka usaha mi ayam mereka sendiri dengan harga sebesar Rp 250 per mangkuk. Pada 1996, Suparman mengalami kecelakaan hingga akhirnya meninggal dunia, sehingga warung mi ayam sempat mengalami kemunduran.

Namun, warung Mie Ayam Bu Tumini kembali laris setelah ramainya ulasan netizen di berbagai sosial media pada awal tahun 2000-an. Mereka menyebutkan bahwa warung mi ayam ini merupakan tempat yang harus dikunjungi di Jogja.

Warung Mi Ayam Bu Tumini menerima ulasan yang positif dari para pelanggannya karena mi ayam-nya yang lezat dengan kuah yang gurih. Banyak pelanggan yang merekomendasikan Warung Mie Ayam Bu Tumini kepada keluarga dan rekan-rekan mereka.

Hal ini membuat wisatawan maupun masyarakat luar Yogyakarta ikut tertarik untuk mencoba mi ayam ini. Meskipun kini Bu Tumini sudah tiada, warung mi ayamnya tetap eksis dan menjadi warisan kuliner yang tetap terjaga.

Keistimewaan Mie Ayam Ibu Tumini

Warung Mie Ayam Bu Tumini terkenal dengan ciri khasnya yang membedakannya dari mie ayam lainnya. Mie lidi atau hokkien yang tebal dan mulur menjadi bahan utama mie ayam yang memiliki ukuran cukup besar dan kenyal.

Kuahnya kental kecokelatan dengan rasa manis gurih sebagai hasil dari proses memasak ayam yang ditambahkan sebagai topping. Ketika dicampur dengan topping yang kental, kuah ayam menjadi lebih kental dan menyerupai rasa kari atau saus spaghetti.

Warung Mie Ayam Bu Tumini menyajikan berbagai jenis mi ayam beserta minuman yang sangat beragam. Terdapat pilihan mie ayam dengan porsi standar, setengah porsi, mie ayam dengan tambahan ceker, dan mie ayam porsi jumbo.

Warung ini juga menyediakan tambahan beragam topping seperti ceker ayam yang lembut dan mudah disantap. Warung Mie Ayam Tumini menjadi pilihan favorit bagi pecinta mie ayam karena cita rasanya khas dan selalu terjaga.

Penikmat kuliner juga dapat menambahkan topping sawi ayam, sawi ayam ceker, satu porsi ceker, satu porsi ayam, dan krupuk. Potongan daging toppingnya besar dan melimpah, kemudian pelanggan akan mendapat lima ceker jika memesan seporsi ceker.

Untuk minumannya, tersedia teh dandang, jeruk, dan lemon tea yang dapat dipesan versi manis atau tawar. Pelanggan juga dapat memesan es batu, air, dan memesan aneka minuman tersebut dalam keadaan hangat atau diberi es.

Selain itu, harga mi ayam-nya sangat terjangkau dengan porsi yang besar, terutama untuk porsi jumbo. Layanan di warung ini juga ramah dan baik, dengan tempat yang bersih dan teratur walaupun suasananya sederhana.

Info Harga dan Lokasi Mie Ayam Ibu Tumini

Harga mi ayam Bu Tumini terbilang cukup terjangkau dan tidak berbeda jauh dengan harga di warung mie ayam lain di Jogja. Harga-harga tersebut sangat terjangkau, berkisar antara harga Rp. 8.000 hingga Rp. 22.000 per porsinya.

Satu porsi mi ayam bernilai Rp. 10.000, sedangkan menu mi ayam jumbo, mi ayam ekstra, mi ayam ceker, harganya hanya Rp. 14.000. Untuk itu, tak heran jika dalam sehari warung ini mampu menjual 700 porsi.

Aneka minuman yang tersedia di warung ini juga sangatlah terjangkau, yaitu mulai dari Rp 3.000 saja. Jadi, pelanggan tak perlu mengeluarkan uang yang banyak untuk menikmati mi ayam yang lezat beserta minuman yang menyegarkan.

Jika ingin mencicipi kesedapan dari mie ayam Bu Tumini, pelanggan bisa pergi ke warungnya yang terletak di Imogiri Timur dengan nomor 187, Kelurahan Giwangan, Umbulharjo, DIY Yogyakarta, dengan kode pos 55163.

Warung mi ayam ini tidak jauh dari Taman Belanda Jogja, yaitu hanya sekitar 19 kilometer dengan waktu tempuh 31 menit. Untuk itu, pelanggan wajib mencoba kuliner ini untuk mendapat pengalaman wisata yang menarik di Yoyakarta.

Demikianlah pembahasan mengenai Mie Ayam Bu Tumini sekaligus menjadi inspirasi bagi mereka yang ingin membuka usaha kuliner yang sukses.

Jadi, jangan lupa untuk mencicipi Mi Ayam Bu Tumini jika pelanggan berkesempatan berkunjung ke kota Yogyakarta. Dijamin pengunjung tidak akan kecewa dengan citarasa yang diberikan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *