RENTALMOTOR99.COM — Pemilik motor, tentu menginginkan perawatan terbaik bagi motornya. Karenanya, penting untuk diketahui oleh para pemilik motor adalah berapa KM ganti oli motor. Hal ini tentu harus diketahui, agar motor selalu mendapatkan perawatan yang ideal. Oleh karenanya,simak beberapa uraian berikut ini:

Pada Kilometer Berapa Sebaiknya Oli Motor Diganti?

Setiap kendaraan akan memerlukan perawatan yang sudah disesuaikan. Biasanya saat membeli kendaraan sepeda motor pasti sales akan menjelaskannya. Peraturan untuk perawatan yang sudah ditetapkan, seharusnya diikuti dengan tertib oleh pengguna sepeda motor.

Biasanya, setiap perusahaan kendaraan sepeda motor akan memiliki ukuran yang berbeda. Namun jika dilihat selisihnya, tidak berbeda terlalu jauh kisaran angka untuk jarak tempuhnya. Jarak kilometer penggunaan sepeda motor untuk mengganti oli biasanya akan berada di angka 2000 hingga 3000 kilometer. 

Artinya ketika penggunaan kendaraan sepeda motor telah mencapai angka ini dari penggantian oli terakhir, pengguna harus menjadwalkan penggantian olinya. Kebanyakan pemilik sepeda motor kurang memperhatikan jadwal ini. Padahal nyatanya, hal ini bisa berbahaya bagi keadaan dan penggunaan motor.

Indikator Lain untuk Mengganti Oli Motor

Lalu bagaimana dengan sepeda motor yang penggunaannya tidak besar? Apakah tetap harus menunggu kilometer mencapai 3000 kilometer untuk mengganti oli? Tentu saja tidak. Ada indikator lain yang mengharuskan pengguna untuk segera melakukan penggantian oli. Berikut diantaranya:

1. Jangka Waktu Penggantian Oli

Hal lain yang bisa dilihat untuk penggantian oli motor adalah jangka waktu penggunaannya. Beberapa pengguna sepeda motor tidak menjadikan sepeda motor sebagai kendaraan utama. Hal ini tentu mempengaruhi jarak tempuh penggunaan sepeda motor yang akan lebih kecil.

Jika begini maka, jarak 2000 atau 3000 kilometer akan dicapai dalam waktu yang lambat. Sedangkan oli kendaraan memiliki jangka waktu tertentu untuk penggunaannya. Maka, jika motor jarang digunakan, perhatikan waktu penggantian oli terakhir. Setelah 2 bulan, oli motor bisa diganti.

2. Keadaan Motor

Ada juga keadaan yang mengharuskan oli sepeda motor diganti yaitu keadaan dan performa sepeda motor. Bisa jadi sepeda motor digunakan di medan yang lebih berat. Keadaan lingkungan juga kurang lebih mempengaruhi keadaan sepeda motor yang dimiliki oleh pengguna.

Karenanya, jika sepeda motor mulai terasa tidak nyaman ketika digunakan, pengguna patut memeriksakannya. Bisa jadi oli kendaraan sepeda motor sudah waktunya diganti. Jika hal ini terjadi maka, tidak perlu menunggu 2000 kilometer atau jangka waktu 2 bulan. Oli motor harus segera diganti.

Perhatikan Buku Manual

Setelah mengetahui hal-hal ini, pengguna sepeda motor pasti akan mempertimbangkan untuk mengetahui lebih lengkapnya. Sumber terbaik untuk informasi tersebut adalah buku manual. Buku manual ini disertakan ketika pembelian kendaraan sepeda motor dilakukan.

Perawatan yang disertakan dalam buku manual sudah tentu sangat sesuai dengan tipe sepeda motor. Jadi, pengguna tak perlu khawatir menerka-nerka hitungan mana yang harus diikuti untuk melakukan penggantian oli. Cukup ikuti petunjuk yang ada di buku manual.

Terlebih lagi, dalam buku manual akan ada catatan penggantian oli yang dilakukan. Dalam catatan tersebut tentu akan disertakan kapan penggantian oli berikutnya harus dilakukan. Pemilik sepeda motor bisa melihatnya setiap kali ingin tahu apakah kendaraan sepeda motor sudah memasuki masa penggantian oli.

Jadi, berapa KM ganti oli motor supaya kendaraan motor mendapatkan perawatan yang ideal? Jawabannya kembali lagi ke bagaimana penggunaan motor. Penggantian oli bisa dilakukan setelah penggunaan dalam kilometer tertentu atau bisa juga pada jangka waktu tertentu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *