RENTALMOTOR99.COM – Lampu pada mobil merupakan suatu yang penting dalam berkendara. Jika terjadi masalah pada lampu mobil pastilah berkendara menjadi terganggu. Masalah tersebut bisa terjadi karena beberapa penyebab. Jadi sebagai pengguna kendaraan tersebut wajib mengetahui cara memperbaiki relay lampu mobil.

Hal itu bertujuan agar pengguna bisa melakukan perbaikan sendiri ketika mengalami masalah pada lampu mobil. Terlebih lagi jika masalah tersebut terjadi secara tiba-tiba ketika pengguna sedang dalam perjalanan. Selain itu, jika pengguna bisa memperbaiki sendiri, maka tidak perlu repot dibawa ke bengkel.

Penyebab Relay Lampu Mobil Rusak

Sebelum mengetahui cara untuk memperbaiki relay lampu mobil, pengguna harus mengetahui penyebabnya terlebih dahulu. Sebab beda penyebab kerusakan, akan berbeda pula cara penanganannya. Selain itu agar pengguna bisa antisipasi ketika mobil menunjukkan tanda-tanda dari penyebab kerusakan.

Serta jika pengguna mengetahui penyebabnya, maka proses perbaikan juga semakin cepat dan lancar. Adapun beberapa penyebab yang dapat menimbulkan kerusakan pada relay mobil yaitu:

1. Kualitas Relay Kurang Bagus

Sebagaimana alat elektronik lainnya jika kualitas kurang bagus maka akan mudah rusak. Begitu pula dengan relay lampu mobil, jika kualitasnya rendah. maka juga dapat mudah rusak. Jadi sebaiknya jika pengguna ingin relay tetap awet dan mampu bertahan hingga tahunan, maka silahkan beli yang kualitasnya bagus.

2. Daya Bohlam Terlalu Besar

Jika kendaraan memiliki bohlam tidak menyesuaikan standarnya seperti ketentuan yang ada. Jadi dapat membuat relay mudah mengalami kerusakan. Contohnya saja jika bohlam pada mobil memiliki daya yang terlalu besar. Jadi pengguna sebaiknya menggunakan bohlam yang sesuai dengan standar.

3. Pemasangan Relay Longgar

Satu lagi yang dapat menyebabkan relay mudah rusak yaitu pemasangan yang longgar. Hal itu disebabkan karena relay yang longgar dapat menimbulkan arus listrik yang melonjak. Sehingga mengakibatkan relay cepat panas dan jika keterusan maka akan berakibat rusak di kemudian hari.

4. Beban Pada Relay Bertambah

Penyebab nomor empat ini sering kali terjadi pada mobil yang modif. hal itu dikarenakan adanya beban tambahan pada relay. Contohnya saja dengan tambahan aksesoris listrik pada mobil tetapi tidak dilengkapi dengan alat yang cukup. Sehingga mengakibatkan relay mudah panas dan berakhir rusak.

Cara Memperbaiki Relay Lampu Mobil

Setelah tadi mengetahui beberapa penyebab yang dapat membuat relay mobil cepat rusak. selanjutnya, pengguna wajib mengetahui cara memperbaiki relay lampu mobil. Tujuannya agar pengguna dapat melakukan perbaikan sendiri dirumah. Tanpa perlu pengguna repot untuk membawa ke bengkel. Adapun langkahnya yaitu:

Demikianlah tadi penjelasan tentang penyebab dan juga cara memperbaiki relay lampu mobil. Semua pembahasan diatas wajib diketahui oleh semua pengguna mobil dan semua orang. Tujuannya agar seseorang tersebut bisa memperbaiki masalah relay sendiri tanpa harus membawa kendaraan ke bengkel untuk service.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *