RENTALMOTOR99.COM – Pada zaman sekarang, motor merupakan kendaraan andalan yang hampir setiap orang memilikinya. Hal itu karena harga motor saat ini bisa dijangkau oleh semua warga. Oleh karena itu semua orang diwajibkan untuk mengetahui cara memperbaiki sensor o2 motor injeksi ketika mengalami kerusakan.

Sebab jika mengetahui caranya, maka pengguna bisa melakukan perbaikan sendiri. Tanpa perlu membawa motor ke tempat service. Serta yang pasti, biaya yang dikeluarkan tidak terlalu banyak. Sebab biasanya jika sudah dibawa ke tempat service akan memakan biaya yang cukup menguras kantong.

Ciri-Ciri Kerusakan Sensor O2 Pada Motor

Sebelum membahas cara memperbaiki sensor o2 motor injeksi, seseorang perlu mengetahui ciri-ciri kerusakannya terlebih dahulu. Hal itu bertujuan agar orang tersebut mengetahui apakah sensor O2 yang ada pada motornya masih sehat atau sudah rusak. Adapun ciri-ciri kerusakannya yaitu:

1 Lampu MIL Tidak Stabil

Tanda pertama dari sensor O2 yang mengalami kerusakan yaitu kondisi lampu MIL tidak stabil. Lampu yang ada pada speedometer ini biasanya akan tiba-tiba mati dan menyala sendiri. Jika hal itu sudah terjadi maka sensor O2 perlu perbaikan. 

Sebab masalah tersebut merupakan tanda awal sensor O2 rusak. Namun masal ini akan beda tandanya pada setiap merek sepeda motor. Contohnya saja ada yang berkedip-kedip. 

Serta ada pula yang tandanya diawali dengan nyala lampu yang sangat lama dan tidak pernah mati. jadi jika pengguna mengalami masalah seperti itu, maka silahkan cek sensor O2nya.

2 Adanya Bunyi Letupan Pada Knalpot

Ciri yang kedua yaitu sering munculnya bunyi letupan pada knalpot motor. Biasanya letupan ini terjadi karena adanya backfire. Jika masalah ini terjadi, maka bisa berbahaya. Sebab bisa saja bisa mengakibatkan kebakaran pada mesin sepeda motor serta stang piston.

Jika sudah seperti ini maka pengguna haruslah memeriksanya segera.Akan tetapi jika penyebab letupan tersebut dikarenakan sensor O2, akibat yang ditimbulkan tidak terlalu parah. 

Namun tetap akan mempengaruhi kinerja mesin lainnya. Sehingga performa mesin motor akan terganggu dan juga bunyi yang terdengar dapat mengganggu orang lain.

Cara Memperbaiki Sensor O2 Motor Injeksi

Setelah tadi mengetahui tanda atau ciri-ciri dari kerusakan awal yang dialami oleh sensor O2. Saatnya sekarang membahas cara memperbaiki sensor o2 motor injeksi. Hal ini bertujuan agar seseorang dapat memperbaiki sendiri motornya jika mengalami masalah tersebut. Adapun caranya yaitu sebagai berikut:

1 Bersihkan Sensor O2

Langkah pertama yang bisa seseorang lakukan ketika merasa motor mengalami ciri-ciri diatas yaitu mengecek sensor O2. Setelah itu silahkan pengguna lakukan pembersihan pada sensor tersebut. Pastikan pengguna membersihkannya hanya sampai ujung saja.

Hal itu agar tidak sampai mengenai drat. Sebab jika sampai terkena drat, maka akan dapat menimbulkan kerusakan yang lainnya. 

Langkah membersihkannya silahkan pengguna menggunakan cairan khusus. Serta silahkan sikat dengan lembut dan perlahan agar tidak mengalami kerusakan di bagian lainnya. Sebab biasanya kotoran yang menempel akan susah dibersihkan jika tidak disikat.

2 Mengganti Dengan Sensor O2 Yang Baru

Jika setelah dibersihkan sensor masih belum bekerja secara normal. Maka pengguna bisa menggantinya dengan yang baru. Langkah ini bisa pengguna ambil ketika sudah tidak ada cara lainnya. 

Namun sebelum itu pastikan terlebih dahulu jika sensor memang benar-benar tidak bisa diperbaiki. Jika sudah demikian, pengguna bisa menggantinya dengan yang baru.

Pengguna bisa mengganti sendiri sensor O2 di rumah jika dirasa bisa. Namun bila ragu dan dirasa tidak bisa, pengguna bisa menyerahkannya pada tempat service yang terpercaya. Namun yang pasti biaya yang akan dikeluarkan cukup mahal.

Nah itulah tadi penjelasan mengenai cara memperbaiki sensor o2 motor injeksi. Serta diatas tadi juga dibahas ciri-ciri atau tanda awal dari kerusakan sensor o2 yang dialami oleh motor. Jadi jika pengguna mengalami masalah tersebut, silahkan cek terlebih dahulu dan jangan lah panik yang berlebihan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *