RENTALMOTOR99.COM – Aki secara umum memang dijadikan sebagai tempat untuk menyimpan energi dan selalu perlu diisi dengan charger ketika habis. Terkait hal itu, pemilik kendaraan tentunya juga sangat penting untuk mengetahui tanda charger aki penuh. Oleh sebab itu, maka berikut adalah tanda-tandanya:

1. Adanya Tanda dari Multitester

Bagi yang ingin mengetahui dengan pasti ketika daya aki kendaraan sudah terisi penuh, maka bisa menggunakan multitester. Pasalnya, multitester ini adalah alat khusus yang berfungsi sebagai pengetes dan pemberitahu ketika daya aki kendaraan sudah terisi penuh.

Adapun untuk bisa menggunakannya, pemilik kendaraan hanya perlu meletakkan alat pendeteksi tersebut pada kedua kutub tempat penyimpan energi. Jika kondisi kendaraan mati, maka voltmeter yang terdapat pada multitester nantinya akan menunjukkan listrik di angka 12 volt.

Hal itu pun juga jika baterai pada aki kendaraan dalam kondisi yang normal atau tidak terdapat kerusakan. Namun, jika multitester menunjukkan angka voltmeter yang kurang dari 12 volt, maka dapat diartikan bahwa aki harus diisi.

2. Kendaraan dapat Berfungsi Kembali

Berikutnya ini ada juga tanda-tanda yang perlu diketahui ketika daya aki sudah terisi penuh, yaitu dengan mencoba menyalakan kendaraannya. Terkait hal itu, aki dengan kondisi daya yang tidak penuh, maka akan membuat kendaraan tidak bisa berjalan dengan maksimal

Bahkan, apalagi jika kondisinya sudah habis, maka mesin kemungkinan tidak bisa dinyalakan kembali. Oleh sebab itu, coba nyalakan kendaraan untuk bisa memastikan aki yang diisi sudah dalam kondisi penuh.

Hal ini akan cukup ampuh, karena jika dayanya belum penuh, maka akan membuat listrik pada motor menjadi mati total. Kemudian, komponen lainnya, seperti lampu sein tidak akan bisa berfungsi dengan maksimal.

3. Charger akan Berhenti Mengisi

Ketika aki sudah penuh, maka beberapa jenis charger yang digunakan akan berhenti mengisi secara otomatis. Namun, hal itu hanya bisa dilakukan oleh charger yang sudah dilengkapi dengan teknologi yang modern.

Pada teknologi yang modern tersebut, nantinya  akan ada sensor untuk mendeteksi daya aki yang sudah terisi penuh. Alhasil, maka pemilik kendaraan tentunya tidak perlu lagi selalu mengecek secara manual daya pada aki saat diisi.

4. Adanya Bunyi Alarm

Perlu diketahui bahwa beberapa alat pengisi aki dilengkapi dengan timer yang memiliki alarm sebagai pengingat ketika daya sudah terisi penuh. Namun, ternyata alat pengingat tersebut tidak akan bisa mendeteksi daya yang telah penuh dengan sendirinya.

Oleh karena itu, para pemilik kendaraan yang sedang mengisi daya aki harus mengatur waktu yang dibutuhkan untuk pengisiannya. Jika alarm sudah berbunyi, maka dapat diartikan bahwa daya sudah penuh, sehingga pemilik kendaraan bisa langsung mencabut charger secara manual.

5. Lampu Indikator yang Menyala

Tanda charger aki penuh lainnya yang sangat perlu untuk diketahui, yaitu lampu indikator yang menyala. Pasalnya, beberapa charger memang ada yang dilengkapi dengan lampu indikator untuk bisa menandakan bahwa daya sudah terisi penuh.

Nantinya, akan ada sensor yang dapat mendeteksi daya yang ada di dalam aki kendaraan yang sedang diisi. Jika lampu sudah menyala, maka hal tersebut menandakan bahwa aki sudah terisi penuh dan harus segera mematikan charger yang digunakan.

Demikianlah ulasan terkait beberapa tanda charger aki penuh yang sangat perlu untuk diketahui. Dengan mengetahui hal tersebut, maka nantinya pemilik kendaraan bisa lebih bijak dalam pengisian daya akinya. Alhasil, kendaraan tidak akan mengalami kerusakan yang fatal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *