RENTALMOTOR99.COM – Mungkin sudah tidak asing lagi dengan nama Aki bukan? Sebab, benda itu terdapat pada kendaraan bermotor. Bahkan mungkin juga sebagian orang telah mengenal kandungan air aki didalamnya. Namun tidak sedikit juga yang belum mengetahui perbedaan jenis air aki dan kandungannya.

Sebab, sebenarnya air aki ini memiliki dua jenis. Bahkan kandungan zat didalamnya juga berbeda. Maka dari itu, pembahasan kali ini akan menjelaskan tentang perbedaan dari kedua jenis tersebut dan kandungannya. Untuk lebih jelasnya, simak uraian berikut ini:

Apa Itu Air Aki?

Air Accu atau yang sering disebut dengan aki ini, memiliki peranan penting dalam sebuah kendaraan bermotor. Hal itu, dikarenakan aki merupakan komponen utama sebagai sumber listrik.

Sehingga penting untuk tetap menjaga kesehatan dari aki itu sendiri, agar tetap stabil dan bisa dimanfaatkan dengan baik. Air aki sendiri yang ada dipasaran terdapat perbedaan kemasan yang tersedia. Kemasan ini bukan tentang ukuran, melainkan perbedaannya terdapat pada warna.

Sebab setiap brand yang mengeluarkan air aki itu mempunyai dua jenis warna pada kemasan. Diantaranya yaitu warna merah dan juga biru. Kedua warna pada kemasan air aki ini memiliki makna tersendiri.

Jadi jangan dianggap remeh warna pada kemasan air aki yang terdapat di pasaran. Hal itu dikarenakan warna yang beda pada kemasan, maka kandungan dan jenis air aki didalamnya juga berbeda. Jadi ketika ingin membeli air aki, jangan sampai salah pilih.

Jenis Air Aki dan Kandungannya

Seperti yang tadi telah dijelaskan bahwa air aki memiliki dua jenis. Kedua jenis ini, memiliki perbedaan yang mungkin sebagian orang telah ketahui. Dimana letak perbedaan yang bisa dilihat yaitu warna kemasan pada kedua jenis air aki tersebut. Namun untuk kandungan dan jenis airnya, kemungkinan besar banyak orang yang mengetahuinya.

Oleh karena itu wajib mengetahui perbedaan jenis dan kandungan air aki tersebut, walau keduanya memiliki peranan yang sangat penting bagi kendaraan bermotor. Sebab aki merupakan sumber listrik dari kendaraan bermotor. Adapun perbedaan dari jenis air aki dan kandungannya yaitu:

1 Air Aki Kemasan Merah

Pertama yang akan dibahas yaitu air aki kemasan merah. Cairan dengan kemasan ini sering disebut accu zuur. Air ini cukup berbahaya apabila sampai terkena kulit, sebab bisa menimbulkan iritasi.

Sedangkan jika terkena kain, akan mengakibatkan lubang dan karat jika sampai menetes pada logam. Hal itu dikarenakan air aki ini memiliki kandungan zat asam sulfat tinggi yang bersifat korosif.

Jadi pengguna haruslah berhati-hati ketika akan mengisikan air ini terhadap aki yang dimiliki. Namun air ini cukup penting bagi kendaraan, sebab accu zuur ini berguna sebagai elektrolit yang baik dalam suatu kendaraan.

2 Air Aki Kemasan Biru

Selanjutnya dipasaran juga ada kemasan air aki yang berwarna biru. Jenis ini berbeda dengan yang kemasan merah. Sebab cairan ini tidak bersifat bahaya dan korosif. Sehingga tidak akan menimbulkan iritasi pada kulit jika sampai terkena.

Hal itu, dikarenakan kemasan biru ini memiliki kandungan air murni. Sehingga aman ketika digunakan untuk isi ulang aki jika airnya dirasa telah berkurang. Serta tidak adanya unsur logam didalamnya membuat cairan ini tidak berbahaya.

Cairan ini juga terkenal dengan sebutan Aquades karena sifatnya yang murni. Fungsi dari air aki ini juga memiliki karakteristik sendiri.

Itulah perbedaan jenis dan kandungan air aki yang perlu diketahui oleh semua orang. Perlu diingat jika ingin menggunakan air aki kemasan merah, sebaiknya hati-hati dan jangan ceroboh. sebab cairan tersebut sifatnya berbahaya jika sampai terkena tetesannya. Namun untuk yang kemasan biru lebih aman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *