Jogjakarta memang menyimpan banyak sekali kuliner nikmat yang tersembunyi. Salah satunya adalah soto lenthok Pak Gareng. Sebuah kuliner berat yang menjadi idola banyak orang saat berkunjung ke Kota Pelajar tersebut.

Soto lenthok sangat cocok dijadikan kudapan saat pagi hari. Karena, memiliki cita rasa yang segar dan juga berbeda dari yang lainnya. Soto memang menjadi makanan yang tak pernah gagal untuk dinikmati. Karena, rasanya memang sangat kaya dan juga menyegarkan.

Di bawah ini akan diulas dengan lebih lanjut mengenai soto lenthok milik Pak Gareng. Mari, langsung saja lihat ulasan lengkapnya!

Ulasan Soto Lenthok

Di Jogjakarta memang banyak sekali kuliner yang bisa dinikmati saat berkunjung kesana. Tak hanya gudeg atau nasi kucingan saja, tetapi ada juga soto lenthok. Sebuah jenis soto yang sepertinya jarang ditemukan di tempat lain.

Memang banyak sekali yang menjual soto lenthok di Jogjakarta, namun yang paling legendaris adalah milik Pak Gareng. Soto lenthok milik Pak Gareng ini sudah ada sejak lama dan memiliki rasa yang nikmat dan juga kaya akan rempah.

Untuk soto lenthok sendiri adalah sajian soto ayam dengan kuah bening. Selain itu, ditambah dengan makanan pendamping yang bernama lenthok. Nah, untuk lenthok sendiri adalah sebuah makanan mirip perkedel yang teksturnya renyah.

Saat lenthok dimasukkan ke dalam soto teksturnya sudah pasti akan berubah. Dari sinilah kenikmatan soto akan berubah menjadi lebih nikmat. Apalagi, jika ditambah dengan kudapan lainnya seperti baceman, kerupuk, serta yang lainnya.

Menu Utama Soto Lenthok

Ada berbagai menu utama yang ada di soto lenthok Pak Gareng ini. Pembeli bisa memilih sendiri menu soto favoritnya. Inilah beberapa menu utama dari soto lenthok:

1. Soto Pisah

Untuk menu yang pertama yaitu ada menu soto pisah. Artinya, antara isi soto dan kuah dipisah atau tidak dicampur. Untuk harga dari menu soto pisah ini yaitu hanya 12 ribu rupiah. Sebuah harga yang tentu terjangkau di kantong.

2. Soto Campur

Ada juga menu soto campur, yang mana antara isi dan kuahnya sudah dicampur menjadi satu. Sehingga, pembeli tinggal menikmatinya saja tanpa perlu mencampurnya lagi. Harga dari menu ini yaitu hanya 11 ribu rupiah.

3. Soto Paha Ayam

Terdapat juga menu soto paham ayam. Jadi, isi dari sotonya adalah kuah, paha ayam, dan isi pendukung lainnya. Tentunya sangat nikmat, apalagi yang menyukai tekstur dari paha ayam. Harganya untuk menu ini yaitu 15 ribu rupiah.

4. Soto Kepala Ayam

Menu yang selanjutnya yaitu ada soto kepala ayam. Jadi, isi dari soto tersebut adalah sebuah kepala ayam yang besar. Jarang sekali ada soto yang menyajikan kepala ayam sebagai isinya. Harga dari menu ini adalah hanya 11 ribu rupiah saja.

5. Soto Sayap Ayam

Pada menu utama yang terakhir yaitu ada soto sayap ayam. Tak hanya paha serta kepala saja, namun ada juga sayap ayam. Akan menjadi kenikmatan yang luar biasa bagi penggemar sayap ayam. Harga untuk menu ini yaitu hanya 10 ribu rupiah.

Menu Pendamping Soto Lenthok

Tidak hanya ada menu utama, di soto lenthok Pak Gareng ini juga ada beberapa menu pendamping. Tentunya menu pendamping ini akan membuat soto ini menjadi lebih nikmat. Inilah beberapa menu pendampingnya:

1. Sate

Untuk menu pendamping yang pertama yaitu ada sate. Jenis sate yang disediakan oleh tempat ini yaitu sate ayam dan juga sate hati. Harganya sendiri untuk sate satu tusuk yaitu hanya 3 ribu rupiah.

2. Lenthok

Sangat kurang rasanya bila menikmati soto lenthok tanpa lenthoknya sendiri. Nah, untuk harga satu lenthok yaitu hanya seribu rupiah saja. Menu pendamping ini sangat wajib untuk dicoba bersama sotonya.

3. Tempe

Di tempat ini juga menyediakan berbagai jenis olahan tempe. Mulai dari tempe mendoan, keripik tempe, hingga tempe bacem. Harganya juga sangat murah yaitu hanya seribuan saja. Olahan tempe memang lezat bila dicampur ke soto.

Lokasi Dan Jam Buka

Apabila tertarik untuk menikmati soto lenthok Pak Gareng ini maka tinggal berkunjung saja ke tempatnya langsung. Untuk lokasinya sendiri yaitu ada di daerah Sosromenduran Kecamatan Gedong Tangen.

Sedangkan, untuk jam bukanya sendiri yaitu hanya dari pagi jam 6 sampai sore jam 3 saja. Sehingga, pastikan untuk berkunjung kesana di waktu yang tepat. Supaya, tidak kehabisan soto lenthok milik Pak Gareng ini.

Demikian ulasan tentang soto lenthok Pak Gareng yang sangat terkenal di Jogjakarta. Rasanya yang khas dan lezat membuat soto ini selalu ramai dikunjungi. Apalagi, waktu jam sarapan sudah pasti tempat ini dipadati oleh pembeli.

Soto lenthok milik Pak Gareng ini menjadi salah satu ikon soto lenthok yang legendaris. Rasanya tidak pernah berubah dan selalu lezat untuk dinikmati. Apalagi, bila dicampur dengan beberapa menu pendamping pasti akan menambah kenikmatan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *