RENTALMOTOR99.COM – Mengenali kabel aki positif dan negatif adalah salah satu hal yang perlu diperhatikan. Pasalnya kabel menjadi alat yang menyalurkan daya listrik melalui satu titik ke titik lain. Terlebih pada sebuah aki, kabel menjadi penghubung di setiap komponennya.

Pentingnya mengenali kabel aki ini akan sangat membantu dalam melakukan jumper aki mobil. Sebab, apabila mengalami kesalahan dalam pemasangan dapat mengakibatkan munculnya asap yang cukup mengganggu. Simak penjelasan selengkapnya berikut ini:

Penjelasan Mengenai Kabel Aki Positif dan Negatif

Warna pada setiap kabel memiliki fungsi dan arti yang cukup berbeda. Oleh karena itu pastikan untuk mengenai setiap jenis kabel pada aki sebelum membongkarnya. Berikut penjelasan selengkapnya mengenai kabel positif dan negatif:

1. Kabel Aki Positif

Kabel aki positif secara umum ditandai dengan kabel yang berwarna merah. Artinya kabel merah pada aki menunjukan bahwa kabel tersebut bermuatan positif. Selain itu, kabel dengan muatan positif ini biasanya juga ditandai dengan pelindung karet pada bagian ujung kabel.

Pelindung karet tersebut berfungsi agar ujung kabel tidak menyentuh bagian ujung kabel lain. Pasalnya jika jenis kabel yang berbeda bersentuhan, dapat menyebabkan terjadinya konslet atau bahkan menimbulkan percikan api.

2. Kabel Aki Negatif

Berbeda dengan kabel aki positif, kabel aki dengan muatan negatif ditandai dengan kabel yang berwarna hitam. Namun tidak menutup kemungkinan jika ada warna yang lain, misalnya warna kabel hijau untuk kabel negatif.

Warna pada kabel ini juga dapat dilihat dari warna karet pelindung pada ujung kabel. Hal ini berlaku pada kedua jenis kabel, yaitu kabel positif maupun negatif. Ujung kabel dengan pelindung karet berwarna hitam maka bermuatan positif, begitupun sebaliknya.

Selain ditandai dengan warna berbeda, kabel aki positif biasanya juga ditandai dengan (+), sedangkan untuk kabel negatif dengan tanda (-). Hal tersebut, juga memudahkan dalam mengenali kabel aki positif dan negatif.

Cara Bongkar dan Pasang Kabel Aki

Terdapat beberapa aturan dalam mencopot atau memasang kabel aki. Tujuannya yaitu agar proses tersebut tetap aman dan performa aki menjadi lebih maksimal. Perhatikan cara membongkar atau memasang aki berikut ini:

Bahaya Salah Pasang Kabel Aki

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, jika mengenali kabel aki positif dan negatif itu penting. Pasalnya, jika terdapat kesalahan dalam menghubungkan dan memasang kabel aki dapat menimbulkan beberapa hal buruk seperti berikut ini:

Bukan hanya untuk jumper aki mobil, mengenali kabel aki positif dan negatif dapat berguna untuk kebutuhan lain yang berhubungan dengan aki. Sebab jika terjadi kesalahan dalam proses menghubungkannya, maka dapat menyebabkan beberapa bahaya atau hal buruk yang sudah disebutkan diatas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *