Semakin kesini, semakin banyak orang yang mencari aneka wisata sejarah di Jogja yang menarik. Apalagi berkunjung ke wisata sejarah bisa menambah jumlah ilmu pengetahuan dan sekaligus belajar mengenai kebudayaan.

Sebenarnya beberapa wisata sejarah yang ada di Provinsi Yogyakarta ini bisa diakses dengan mudah dari kota. Untuk daftar wisatanya secara lengkap, simak uraian disini dahulu sembari menyesuaikan dengan rencana masing-masing:

1.  Gerbang Plengkung Nirbaya

Untuk rekomendasi yang pertama ini, ada di Jalan Patehan Kidul No. 4, Patehan, Kecamatan Kraton. Setiap wisatawan bisa datang ke sini setiap hari, Senin sampai Minggu dan bisa diakses 24 jam.

Jika tertarik untuk datang ke sini, maka tak perlu merasa khawatir karena biaya tiketnya gratis. Wisata bersejarah ini dikenal sebagai gerbang legendaris dan penuh makna yang mengantarkan ke dalam keraton.

2.  Masjid Gedhe Kauman

Kemudian ada rekomendasi wisata sejarah di Jogja yang menarik lainnya yang dikenal Masjid Agung Jogja. Ada di kawasan dekat keraton, temukan lokasi wisatanya di  Jalan Margo Mulyo nomor 6, Ngupasan.

Bisa diakses selama 24 jam, wisatawan bisa mengunjungi masjid ini setiap hari bersama orang-orang kesayangan. Hanya dengan biaya yang gratis, nantinya bisa menikmati arsitektur bangunan yang khas Jawa khususnya Jogja.

3. Museum Benteng Vredeburg

Bagi yang tertarik ke sini, maka wisatawan bisa datang langsung ke kawasan Malioboro di Yogyakarta. Fakta yang paling menarik dari tempat ini antara lain sudah didirikan sejak lama, sekitar tahun 1765.

Wisatawan pada umumnya akan diminta membayar Rp3 ribu untuk tiket dan sudah bisa menikmati semuanya. Datang ke sini mulai hari Selasa jam 8 pagi atau maksimal jam 3 sore sebelum ditutup.

4.  Situs Warungboto

Wisata yang bersejarah keempat ini bisa diakses mulai Senin sampai Minggu dari pagi hari. Untuk lokasi tepatnya, ada di Jalan Veteran nomor 77, yang masuk wilayah dekat Umbulharjo.

Untuk harga tiketnya pun masih terjangkau, sekitar Rp3 ribu untuk menyaksikan bangunan penuh sejarah. Tempat ini sangat dilestarikan karena dahulu menjadi lokasi peristirahatan dari para Raja di Yogyakarta.

5. Kampung Wisata Taman Sari

Tempat yang selanjutnya ini tentu saja sudah banyak dikenal sekarang, apalagi di berbagai media sosial. Sudah ada sejak abad ke-17 lalu, tempat ini berlokasi di Patehan, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta.

Datang ke sini, setiap wisatawan hanya perlu mengeluarkan uang Rp5 ribu untuk satu tiket orang dewasa. Pengunjung bisa mulai datang sejak jam 9 pagi dan menyaksikan peninggalan bersejarah serta spot foto.

6. Monumen Jogja Kembali

Kemudian ada rekomendasi wisata sejarah di Jogja lainnya di Ring Road Utara, Jongkang, Sariharjo, Ngaglik. Tempat ini bisa dibilang banyak dikunjungi karena bisa sekaligus belajar mengenai kemerdekaan Jogja dari Belanda.

Ketahui juga sejak awal jika setiap orang harus membayar tiket sebesar Rp15 ribu di sana. Tempat ini juga dilengkapi dengan museum yang menyimpan aneka peninggalan bersejarah mulai tahun 1949.

7. Taman Siswa

Untuk yang berikutnya ini, cukup berbeda dari wisata-wisata yang sebelumnya, yang juga berfokus pada pendidikan. Apalagi tempat ini adalah peninggalan dari sosok pahlawan dan proklamir pendidikan di Indonesia, Ki Hajar Dewantara.

Lokasinya bisa ditemukan di Jalan Taman Siswa Wirogunan, yang ada di Kecamatan Mergangsan, Yogyakarta, Provinsi Yogyakarta. Wisatawan bisa belajar mengenai perjuangan pendidikan di Indonesia termasuk dengan status sosial melekat secara gratis.

8. Museum Perjuangan Yogyakarta

Jangan sampai dilewatkan, ada rekomendasi lainnya di Jalan Kolonel Sugiyono No. 24, Brontokusuman, Mergangsan. Untuk biaya tiketnya dimulai dari Rp1 ribu khusus anak-anak dan Rp2 ribu untuk orang dewasa.

Bisa didatangi sejak pagi hari, wisatawan akan memiliki kesempatan untuk belajar mengenai sejarah kebangkitaan Indonesia. Selain itu, ada banyak bangunan dengan gaya kolaboratif, perpaduan antara Romawi dan budaya asli Indonesia.

9. Museum Sonobudoyo

Jika tertarik untuk mendatangi wisata sejarah di Jogja dengan koleksi lebih lengkap, datang ke sini. Tak hanya menawarkan aneka peninggalan yang bersejarah, pengunjung bisa menikmati film-film menarik di akhir pekan.

Untuk harga tiket yang perlu dibayarkan adalah sekitar Rp10 ribu, tak mahal dan masih terjangkau. Lokasinya yang ada di Jalan Pangurakan Nomor 6, Ngupasan, yang masih dekat dengan kawasan alun-alun Jogja.

10. Makam Raja-Raja Mataram Kota Gede

Rekomendasi tempat wisata yang terakhir ini ada di daerah Jalan Masjid Besar Mataram, Sayangan, Jagalan. Nantinya para wisatawan akan dimanjakan dengan aneka jejak candi yang menjadi peninggalan dari Kerajaan Mataram.

Namun perlu diketahui lebih awal jika ada aturan pakaian berupa jarik dan kemben yang bisa dipinjam. Sementara itu, untuk biaya tiketnya memang lebih mahal dari lainnya, yaitu mencapai sekitar Rp35 ribu.

Itulah beberapa rekomendasi untuk wisata sejarah di Jogja yang bisa dikunjungi ketika waktu luang. Ada yang bisa belajar mengenai sejarah penjajahan Belanda dan ada yang berupa makam Raja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *