RENTALMOTOR99.COM – Ada banyak orang  yang ingin mengetahui penyebab dan cara memperbaiki aki basah yang tidak bisa menyimpan setrum dengan baik. Mengenai hal tersebut, aki memang menjadi komponen penting bagi kendaraan dalam kelistrikannya. Oleh sebab itu, maka berikut ulasan terkait hal tersebut:  

Penyebab Aki Basah Tidak Bisa Menyimpan Setrum

Sudah diketahui bahwa aki memang menjadi suatu bagian yang sangat berperan dalam ketersediaan arus listrik pada kendaraan. Namun, terkadang komponen penting tersebut tidak bisa menyimpan setrum dengan baik. Terkait hal itu, maka berikut ialah beberapa penyebabnya:

1. Penggunaan Aki Basah yang Melewati Usia Pakai

Penyebab pertama yang bisa membuat aki basah tidak bisa menyimpan setrum lagi, yaitu karena penggunaannya yang sudah melewati usia pakainya. Pada dasarnya, aki memiliki massa standar pakai selama 3 tahun.

Namun, ada beberapa yang masih bisa bertahan lebih lama lagi dari usia normal pemakaiannya. Jika aki memang sudah melewati usia pakainya, maka hal itu bisa membuat elemennya mengalami penurunan.

Dengan begitu, maka nantinya reaksi kimia yang terjadi di dalam komponennya akan ikut menurun juga. Alhasil, kondisi tersebut bisa menyebabkan aki tidak bisa bekerja dengan optimal dalam melakukan penyimpanan setrum.

2. Tidak Memperhatikan Air Aki yang Habis dalam Waktu Lama

Selanjutnya yang bisa membuat aki tidak bisa menyimpan setrum ialah karena tidak memperhatikan air aki yang habis dalam waktu lama. Perlu diketahui terlebih dahulu bahwa air aki mengandung elektrolit yang membantu komponen ini menyimpan daya dengan baik.

Jadi, jika jumlah elektrolit pada komponen ini berkurang atau bahkan kering, maka hal itu bisa menyebabkan gangguan pada setrumnya. Alhasil, pelepasan dan penyimpanan daya listrik pada aki akan mengalami penurunan dan membuatnya tidak bisa digunakan lagi.

3. Terdapat Kerusakan pada Dinamo Ampere

Penyebab lainnya yang bisa membuat aki basah menjadi tidak dapat menyimpan setrum lagi, yaitu karena adanya kerusakan pada dinamo ampere. Pasalnya, kerusakan tersebut biasanya disebabkan oleh overcharge.

Lalu, hal tersebut nantinya akan membuat air aki yang sudah diisi lebih cepat untuk mengalami penguapan. Dengan begitu, maka elemen aki akan semakin mudah rusak dan tidak bisa menyimpan setrum dengan baik, sehingga harus segera menggantinya.

Cara Mengatasi Aki Basah yang Tidak dapat Menyimpan Setrum

Setelah mengetahui penyebabnya, maka selanjutnya orang-orang juga perlu mengetahui cara memperbaiki aki basah yang tidak bisa menyimpan setrum dengan baik. Mengenai hal tersebut, maka berikut ialah beberapa langkah yang perlu disimak dengan baik:

Demikianlah ulasan terkait penyebab dan juga cara memperbaiki aki basah yang tidak bisa menyimpan setrum. Dengan mengetahui informasi tersebut, maka nantinya para pemilik kendaraan tidak perlu merasa bingung lagi ketika mengalami masalah seperti itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *