RENTALMOTOR.COM – Saat ini sudah banyak yang telah melakukan modifikasi pada motor miliknya. Lalu, untuk bisa mengimbangi hasil modifikasinya, maka para pemilik kendaraan roda dua tersebut biasanya memperbesar pengisian aki motor. Terkait hal itu, maka berikut adalah keuntungan dan kerugiannya:

Keuntungan Memperbesar Pengisian Aki Motor

Sudah diketahui bahwa banyak pemilik motor yang melakukan perbesaran aki motor untuk berbagai kebutuhannya, seperti modifikasi. Lalu, apabila hal tersebut dilakukan dengan benar, maka tentunya akan memberikan keuntungan, seperti berikut:

1. Mengembalikan Performa Aki

Perlu diketahui bahwa melakukan perbesaran pada pengisiannya ini bisa mengatasi aki yang sudah lemah tegangannya. Terkait hal itu, nantinya performa dari aki motor dapat kembali seperti semula atau bahkan bisa menjadi semakin baik dari sebelumnya.

Namun, dalam melakukan hal ini tentunya juga sangat perlu diperhatikan dan harus sesuai dengan standar spesifikasi semua komponen pada motor. Dengan begitu, maka nantinya aki kendaraan roda dua ini akan terhindar dari kemungkinan terjadinya kebocoran atau tekor.

2. Daya Setrum akan Lebih Tinggi

Keuntungan lainnya yang akan didapatkan ketika memperbesar pengisian aki motor, yaitu daya setrum kendaraan menjadi lebih tinggi. Terkait hal itu, daya setrum yang tinggi akan memungkinkan aki mengimbangi modifikasi pada motornya. Hal itu karena, ampere dan tegangannya menjadi lebih besar.

Kerugian Memperbesar Pengisian Aki Motor

Selain terdapat keuntungan yang bisa didapatkan, melakukan perbesaran pengisian aki motor ternyata juga dapat memberikan kerugian. Hal itu bisa saja terjadi karena pemilik motor tidak memperhatikan spesifikasi kendaraannya. Adapun beberapa kerugian yang akan didapatkan terkait hal tersebut, yaitu sebagai berikut:

1. Aki menjadi Kembung

Kerugian pertama yang akan didapatkan ketika melakukan perbesaran pengisian aki tanpa memperhatikan spesifikasi komponen motornya, yaitu aki bisa menjadi kembung. Lalu, jika pengisian tersebut terlalu berlebihan dan melewati kapasitas kendaraannya, maka bisa menyebabkan overcharge yang tentunya bisa memperburuk kondisi motor.

Dengan kata lain, maka aki nantinya akan mengalami kelebihan pada dayanya. Jika hal tersebut terus saja terjadi, maka aki motor akan menjadi kembung dan tentunya tidak bisa digunakan kembali.

2. Besarnya Pengeluaran Dana

Bagi yang ingin melakukan perbesaran pengisian pada aki motor, maka harus mengeluarkan dana untuk membeli spull yang baru. Hal tersebut dikarenakan, spull merupakan komponen yang sangat penting di dalam aki.

Adapun fungsi utama dari komponen ini adalah sebagai penghasil listrik yang nantinya akan memenuhi seluruh kebutuhan daya listrik pada motor. Dilihat dari perannya yang sangat penting, maka biaya yang dikeluarkan oleh pemilik motor untuk membeli spull tentunya akan cukup mahal.

3. Spull Baru menjadi Bermasalah

Perlu diketahui bahwa spull memiliki beragam jenis dan kapasitas yang akan disesuaikan dengan kebutuhan dan juga tipe motor. Lalu, jika pemasangannya tidak sesuai dengan tipe aki motor yang telah ditambahkan pengisiannya, maka tentunya akan menimbulkan masalah baru.

Adapun masalah yang bisa saja terjadi, yaitu overcharge atau bahkan bisa mati listrik pada bagian kendaraannya. Terkait hal tersebut, penyesuaian antara spull dengan spesifikasi kendaraan memang tidak mudah. Oleh karena itu, perbesaran pengisian aki terbilang cukup berisiko bagi komponen motor.

Demikianlah ulasan terkait beberapa keuntungan dan kerugian dalam memperbesar pengisian aki motor yang sangat perlu diketahui oleh orang-orang. Dengan mengetahui informasi tersebut, maka para pemilik motor bisa lebih mempertimbangkan lagi ketika ingin melakukan modifikasi atau memperbesar pengisian akinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *