Nasi Teri Gejayan atau yang juga dikenal dengan julukan Nasi Teri Pak Dul menjadi salah satu kuliner favorit warga Jogja. Alasannya tak lain adalah cita rasa khas dari menu dan harga ramah di kantong.

Di samping kekhasan rasa dan terjangkaunya harga, lokasi warung yang strategis membuat siapapun pelanggan mudah untuk mengakses. Penasaran dengan kuliner nasi teri ini? Silahkan intip sejumlah ulasan dalam tulisan berikut.

Daya Tarik Nasi Teri Gejayan

Mungkin sekilas sudah tergambar mengapa kuliner nasi teri menjadi favorit warga Jogja terlebih kalangan pelajar dan mahasiswa. Namun agar lebih jelas lagi, mari simak uraiannya berikut.

1. Sensasi Pedas dan Gurih dari Nasi Teri

Bagi penggemar kuliner pedas, tentunya nasi teri ini tidak akan mengecewakan. Rasa pedas berpadu dengan asin dan gurih yang disajikan bersama nasi putih hangat semakin menggugah selera.

Belum lagi nasi putih memiliki tekstur yang pulen sehingga menambah kenikmatan untuk yang menyantapnya. Pemilik warung sengaja mempertahankan cita rasa yang sudah ada sejak pembukaan warung hingga sekarang. 

Salah satunya dengan masih menggunakan peralatan tradisional berupa tungku api. Ini bertujuan agar hidangan tetap memanjakan lidah penggemar dan membedakan dengan kuliner sejenisnya.

2. Hidangan disajikan bersama Lauk Lainnya

Tidak hanya bermodalkan teri sebagai menu utama, hidangan juga disandingkan dengan beberapa lauk tambahan. Seperti kacang dan tempe kering lalu sayur labu siam dengan kuah santan.

Kering tempe yang memiliki rasa manis seolah memberikan pengaruh semakin nikmatnya nasi teri. Paduan santan dan sayur yang tak kalah juga menambah rasa ingin menyantap lagi dan lagi.

Warung yang buka di malam hari membuat perpaduan nasi dan lauk-pauk cukup mengenyangkan. Tak heran pelajar dan mahasiswa atau pekerja yang merantau, memilih nasi teri sebagai alternatif kuliner malam hari.

3. Tersedia Berbagai Menu Pendamping

Menyangkut menu pendamping, lauk tambahan yang disediakan tidak terbatas pada kering tempe dan sayur labu saja. Namun tersedia berbagai opsi menu yang dapat dipilih oleh pelanggan.

Dimulai dari ikan balado, ikan goreng, tahu goreng, telur mata sapi, dadar jagung, sayur nangka muda dan masih banyak lagi. Nantinya pelanggan bebas memilih mana yang disukai diantara serta lauk-pauk.

Hanya kalau tidak ingin mengambil menu pendamping ini tak masalah. Rasa khas dari menu utama di warung Nasi Teri Gejayan tetap bisa dirasakan tanpa perlu menambah lauk-pauk.

4. Tempat Makan Sederhana yang Nyaman

Beralih ke tempat makan yang disediakan oleh warung nasi teri untuk para pelanggannya. Dimana hanya bermodalkan tikar dan kursi berdasar plastik sebagai alas duduk.

Meskipun terkesan sederhana, tempat makan tak kalah saing dengan restoran atau kedai-kedai mewah. Justru kesederhanaan itulah yang membuat sensasi makan menjadi lebih nikmat.

Kenyamanan juga bisa didapatkan terlebih yang memilih duduk pada tikar atau lesehan. Suasana seakan sedang makan di rumah pun dapat dirasakan walau tengah berada di perantauan. 

5. Termasuk Kuliner yang Melegenda

Sebagai informasi, kuliner nasi teri merupakan milik Pak Dul yang telah ada sejak tahun 70-an. Keunikan nasi teri terletak pada campuran nasi putih hangat dan teri gurih-pedas.

Awal terbentuknya ide nasi teri karena hidangan favorit istri Pak Dul itu sendiri. Sekarang yang melanjutkan usaha warung Pak Dul adalah Subagiya dan Yo, dilakoni sekitaran tahun 1992.

Sebenarnya tidak disangka cita rasa yang diberikan dalam menu nasi teri mampu menarik pelanggan termasuk ragam warga Jogja. Apalagi jumlah yang mengunjungi untuk memesan makanan terbilang tidak sedikit. 

Lokasi Warung Nasi Teri Gejayan

Untuk lokasi warung dapat ditemui dengan berjalan ke Jalan Affandi (Nomor 5) Klitren. Posisi warung berada di ujung Jalan Gejayan dan dekat dengan lampu traffic pertigaan jalan.

Dimana menuju Jalan Laksda Adisucipto (ke arah Timur) dan Jalan Urip Sumoharjo (ke arah Barat). Walaupun posisi warung cukup strategis, tapi bagi yang baru menetap di Jogja mungkin bisa memanfaatkan aplikasi map mencarinya.

Datanglah sekitaran pukul sembilan malam karena warung nasi teri buka mulai 21.00 WIB. Seandainya dirasa tidak dapat datang jam-jam sembilan, jangan khawatir warung buka hingga setengah empat pagi.

Tarif Menu Nasi Teri Gejayan

Beralih ke tarif menu yang sekilas juga disampaikan di awal paragraf, bisa dikatakan harga-harga menu sangat terjangkau. Hanya berbekal 10 ribuan nasi teri sudah dapat disantap dengan nikmatnya.

Apabila tertarik menambah menu pendamping atau lauk pauk lainnya yang turut menggugah selera, jangan cemas akan mahal. Tidak sampai 30 ribu rupiah, lauk pauk dengan nasi teri bisa didapatkan.

Sekedar informasi, warung tidak beroperasi setiap 2 minggu sekali (khusus hari Minggu). Untuk yang belum sempat mampir, bisa datang setelah buka kembali seperti biasa.

Berdasarkan ulasan kuliner Nasi Teri Gejayan yang dituliskan dengan cukup jelas kiranya mampu menjawab rasa penasaran. Silahkan datang ke warung selagi berkesempatan mencicipi salah satu kuliner favorit khas Jogja ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *