RENTALMOTOR99.COM – Jogjakarta memang sangat terkenal dengan wisata-wisata alam yang memanjakan dan memberikan ketenangan bagi para pelancong, termasuk salah satunya adalah Gua Pindul. Wisata alam Gua Pindul Jogjakarta menyajikan pemandangan stalaktit dan stalakmit yang memanjakan mata para pengunjungnya.

Mengenal Wisata Gua Pindul Jogjakarta

Selain dikenal dengan sebutan kota pendidikan, Jogjakarta juga dikenal sebagai kota wisata. Banyak sekali wisata yang disuguhkan kota ini. Termasuk di antaranya wisata alam Gua Pindul Jogjakarta, wisata Tugu Jogjakarta, wisata sejarah Keraton Jogjakarta dan lainnya yang menarik.

Wisata alam Gua Pindul merupakan salah satu wisata kekinian Jogjakarta yang sudah banyak dikenal oleh pelancong lokal maupun mancanegara. Pengunjung dapat menikmati wisata Gua Pindul dengan fasilitas utama yang disediakan yaitu susur Gua bawah tanah atau cave tubing.

Selain cave tubing, wisata ini juga menyediakan banyak sekali aktivitas lain yang dapat dicoba dan dinikmati oleh pengunjungnya. Gua Pindul dapat dijadikan salah satu referensi wisata yang harus dikunjungi saat bermain ke Jogjakarta!

Harga Tiket Masuk dan Akses Menuju Gua Pindul

Wisata ini berada di Kelurahan Bejiharjo, Karangmojo, Kabupaten Gunung Kidul Jogjakarta. Yaitu dapat didatangi dengan waktu kurang lebih 2 jam dari Jogjakarta. Selain itu, akses menuju wisata ini juga tidak sulit. 

Jika pengunjung datang dengan menggunakan kendaraan pribadi, pengunjung dapat mengambil jalan yang satu arah dengan KDS Fun dan bukit bintang. Lalu ikuti terus jalan tersebut hingga menemui pertigaan Gading dan melanjutkan perjalanan hingga menemui tugu batas kota.

Sedangkan jika pengunjung datang menggunakan kendaraan umum, maka dapat menggunakan bus dari Jogjakarta sampai ke terminal Giwangan. Setelah itu, naik bus lagi ke Wonosari kemudian turun di perempatan Grogol. Barulah pengunjung dapat menggunakan ojek hingga ke Lokasi.

Untuk harga tiket masuknya sendiri dapat dibilang cukup terjangkau, untuk masuk ke Kawasan Gua Pindul pengunjung perlu membayar sebesar 10.000 rupiah. Sedangkan untuk masuk ke wisata Gua Pindul sendiri, pengunjung perlu membayar 35.000 rupiah.

Dengan begitu, total biaya tiket masuk ke wisata ini adalah 45.000 rupiah per orang, benar-benar sangat terjangkau, bukan? Wisata Gua Pindul sendiri buka mulai pukul 06.30 sampai dengan 17.00.

Kegiatan yang Dapat dicoba di Wisata Gua Pindul Jogjakarta

Banyak sekali aktivitas yang dapat pengunjung coba saat datang ke Gua Pindul. Aktivitas air yang sangat menyenangkan ini dapat pengunjung coba ramai-ramai dengan pengunjung lainnya, yaitu seperti berikut:

1. Melakukan Susur Sungai dan Cave Tubing

Aktivitas pertama yang dapat dicoba di Gua Pindul adalah susur sungai ataupun kegiatan cave tubing. Pengelola wisata menyediakan peralatan yang memadai untuk menjaga keamanan para pengunjung saat susur sungai.

Tenangnya air pada sungai di dalam Gua Pindul menjadikan kegiatan susur sungai atau cave tubing dapat dinikmati semua pengunjung, bahkan untuk pemula juga. Pengunjung dapat menelusuri sungai sepanjang 350 meter dengan waktu kurang lebih 45 menit.

2. Menikmati Pemandangan Stalaktit dan Stalakmit serta Batu Tirai

Stalaktit serta stalakmit Gua Pindul merupakan salah satu yang terbesar nomor 4 di dunia. Di dalam Gua Pindul juga ada batu unik yang disebut dengan batu tirai. Pemandangan ini bisa pengunjung dapatkan saat melakukan susur sungai.

3. Menikmati Sajian Cahaya Surga atau Sumur Terbalik

Pemandangan cahaya surga dapat pengunjung dapatkan saat berada tepat di tengah-tengah Gua. Untuk dapat menikmati pemandangan ini pengunjung harus datang pada pukul 10 sampai 12 siang saat langit sedang cerah.

Itu dia beberapa ulasan mengenai salah satu wisata alam Gua Pindul Jogjakarta. Banyaknya kegiatan yang dapat dilakukan di Gua Pindul, tentu menarik untuk dicoba. Saat berkunjung ke Jogjakarta, tak ada salahnya untuk menjadikan Gua Pindul sebagai salah satu tujuan wisata!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *