Membahas kuliner khas Kota Jogja tidak akan pernah termakan waktu, terlebih yang sudah melegenda. Satu diantaranya datang dari usaha kuliner Sambel Welut Pak Sabar yang terletak di Glagah Kidul, Bantul.

Usaha kuliner ini berdiri sejak 25 tahun silam, hingga sekarang masih terus mempertahankan keunikan tersendiri dalam memanjakan lidah para konsumen. Penasaran dengan keunikan yang menjadi daya tarik sambel welut, berikut ulasannya.

Daya Tarik Sambel Welut Pak Sabar

Ulasan pertama terkait usaha kuliner milik Pak Sabar adalah keunikan yang kemudian menarik wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Untuk mengetahuinya, ikuti uraian dalam bentuk poin-poin berikut:

1. Sensasi Pedas & Segar dari Sambel Welut

Tentu kuliner sambel kental akan rasa pedas yang membuat ketagihan, karena senyawa Capsaicin di dalamnya. Namun pernah tidak membayangkan, sensasi pedas turut dilengkapi dengan segar dan gurih?

Inilah membedakan sambel milik Pak Sabar dari kuliner lainnya yang mana kesegaran sambel didapatkan lewat irisan daun jeruk. Sekilas pengolahan sambel welut, belut diolah tanpa menggoreng terlalu kering lalu disuwir.

Alasan belut digoreng setengah matang agar memudahkan proses penumbukan dan memadukan sambel dan belut. Dalam sambel juga dimasukkan bumbu kencur yang semakin menambah kesegaran dan kenikmatan aroma rempah.

2. Tersedia Menu Pendamping yang Menggugah Selera 

Daya tarik selanjutnya terletak pada menu pendamping yang juga bisa dipesan oleh wisatawan. Diantaranya oseng welut dengan sensasi manis nan gurih yang tak kalah menggugah selera. Lalu ada ikan gabus yang diolah dengan rasa pedas.

Kemudian ada pula hidangan welut goreng, terong, nugget, dan masih banyak lagi. Sementara untuk melengkapi kuliner sambel disediakan juga minuman yang turut memberikan ciri khas tersendiri.

Sebut saja, teh lemon atau jeruk hangat yang disandingkan bersama gula batu. Pemilihan minuman disesuaikan dengan hidangan-hidangan menu kuliner Pak Sabar. Di samping minuman yang hangat, teh dingin dan milo dingin masuk dalam menu.

3. Salah Satu Kuliner yang Melegenda

Mungkin di awal sedikit sudah disinggung bahwa usaha Sambel Welut Pak Sabar merupakan salah satu kuliner yang melegenda. Sekitar tahun 1998 usaha kuliner didirikan oleh Pak Sabar yang semula berupa angkringan sederhana.

Inisiatif berdasar bahan belut yang dipadukan dengan sambel muncul dikarenakan seorang teman. Olahan kemudian dijadikan sebagai menu utama mengingat saat itu sambel belut masih cukup jarang ditemukan.

Kira-kira di tahun 2006 usaha kuliner Pak Sabar mulai ramai dikunjungi oleh wisatawan. Baik yang penasaran akan rasa sambel welut yang unik maupun penggemar kuliner beras pedas.

4. Tersedia Fasilitas Pendukung

Daya tarik yang membuat konsumen nyaman berada di usaha milik Pak Sabar ini di samping kenikmatan hidangan, berupa fasilitas pendukung. Pertama berupa musholla yang dapat digunakan sebagai tempat sholat bagi wisatawan Muslim.

Artinya walaupun tengah masuk waktu sholat apalagi waktu sempit tidak perlu khawatir akan ketinggalan sholat. Kedua tersedia toilet yang melengkapi keperluan untuk bebersih diri atau kepentingan lainnya.

Ketiga sekaligus terakhir, parkir kendaraan pribadi juga tersedia dengan lahan yang lumayan luas. Hanya saja, untuk yang membutuhkan koneksi jaringan fasilitas WiFi belum tersedia.

Rute ke Lokasi Sambel Welut Pak Sabar 

Bagi wisatawan yang ingin ke usaha kuliner Pak Sabar untuk merasakan sensasi dari hidangannya, maka silahkan mengambil jalan Imogiri Barat. Kemudian lanjutkan berjalan ke arah selatan hingga bertemu dengan pertigaan lalu belok kiri.

Apabila dari Jalan Sisingamangaraja maka lanjutkan sampai bertemu dengan Ringroad Selatan. Kira-kira satu setengah kilometer ambil jalan masuk gang di sebelah kiri, di seberang jembatan akan terlihat papan nama usaha kuliner Pak Sabar.

Sebagai informasi, Pak Sabar membuka usahanya dari jam 10.00-22.00 (dalam WIB). Seperti yang disampaikan, area usaha sambel welut ini mampu dikunjungi 100 wisatawan untuk mencicipi kekhasan kuliner. 

Tarif Menu Sambel Welut Pak Sabar

Ulasan terakhir membahas tarif sambel welut yang terbilang sedikit mahal namun masih bisa terjangkau apalagi mengunjunginya rame-rame. Dimana rincian beberapa menu yang ada termasuk sambel welut yaitu:

Pesanan hidangan makanan melihat ukuran minimal kalau tidak ingin membeli langsung sebanyak 1 kilogram. Sementara tarif minuman di usaha kuliner berkisar antara 2 ribu rupiah sampai dengan 8 ribu rupiah. 

Kiranya demikian ulasan dari usaha kuliner Sambel Welut Pak Sabar yang melegenda dengan kekhasan rasa gurih, segar nan pedas. Jikalau tengah berada di Kota Jogja, jangan lupa sempatkan untuk datang ke usaha kuliner.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *