RENTALMOTOR99.COM – Melakukan kegiatan berkemah untuk mengisi hari libur mungkin menjadi yang menyenangkan untuk sebagian pecinta alam. Sebenarnya tidak harus ke gunung, cukup di perkemahan seperti Bukit Saung Geulis di area kaki Gunung Gede dan Gunung Pangrango.

Mungkin bisa dilakukan sendiri, tetapi lebih seru beramai-ramai dengan teman atau keluarga untuk menikmati suasana alam. Untuk mengenal lebih jauh tentang wisata camp ground di Bogor ini, simak uraian lengkap berikut ini:

Mengenal Bukit Saung Geulis

Sebagian orang mungkin sudah pernah mendengar wisata Taman Safari Indonesia Bogor yang terletak tidak jauh dari Gunung Gede. Lalu, cukup menempuh jarak 2 km lagi ke arah timur untuk sampai ke lokasi perkemahan Saung Geulis.

Keberadaan bukit ini ada di ketinggian 1300 meter dari permukaan laut dengan pemandangan alam seluas 360 derajat. Dengan lokasi yang mendukung, tidak heran bila pemandangan unggulan adalah senja dan lampu kota di malam hari.

Supaya bisa memberi gambaran yang lebih jelas, adapun detail tentang luas dan kapasitas area perkemahan favorit untuk berbagai kalangan adalah sebagai berikut: 

Akses jalan menuju lokasi juga sudah memadai dan bisa dilalui oleh mobil dan motor dengan aman meski jalan berkelok dan menanjak. Pengunjung tidak perlu berjalan jauh, lokasi parkir dekat dan bisa langsung pasang tenda.

Fasilitas Camping yang Tersedia

Bukit Saung Geulis tidak hanya dijadikan tempat camping tenda, tetapi juga bisa untuk tipe campervan dan motor camp. Di sekitar area perkemahan juga tersedia fasilitas umum yang dikelola penduduk dan bisa dimanfaatkan oleh pengunjung, yaitu:

Terdapat pula tempat bermain dan kolam renang untuk wisata anak-anak. Selebihnya bisa mengunjungi air terjun, membuat api unggun, berfoto dengan pemandangan atau memanfaatkan latar beberapa spot yang telah dihias. 

Jadi, tidak seperti berkemah di tengah hutan atau atas gunung yang sepenuhnya hanya bergantung pada bekal, peralatan, dan alam. Di sini lebih cocok untuk yang ingin bersantai tetapi tidak terlalu berisiko dibanding dengan naik gunung.

Budget untuk Camping 

Setiap rombongan yang ingin berkemah akan dikenai tiket masuk Rp25.000 untuk tiap orang dan mendapat akses ke fasilitas yang tersedia. Belum termasuk dengan biaya parkir kendaraan jenis roda dua 5rb dan roda empat 20rb. 

Tidak harus membawa semua perlengkapan camping dari rumah, mungkin bisa dengan membawa perlengkapan pribadi dan bahan makanan. Selebihnya bagi pengunjung yang tidak memiliki perlengkapan memadai, bisa menyewa peralatan berikut ini:

Bila ingin lebih praktis mungkin lebih berminat memesan paket camping untuk kelompok minimal 4 orang. Biasanya paket kelompok ini akan dikenai biaya 150rb per orang dengan fasilitas sewa alat camping dan termasuk layanan sarapan pagi.

Kini tidak perlu repot lagi bila ingin berkemah di Bukit Saung Geulis karena fasilitas memadai dan tersedia persewaan alat. Liburan bisa jadi lebih bermakna untuk dilewatkan di alam terbuka supaya menghilangkan jenuh akibat rutinitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *