Yogyakarta merupakan kota yang tidak hanya terkenal karena kulinernya yang beragam namun juga tempat wisatanya. Salah satu keindahan wisata yang wajib dikunjungi oleh para wisatawan yakni objek wisata kulon progo jogja di daerah Jawa Tengah.

Tempat wisata tersebut memiliki keindahan dan keunikan tersendiri yang mungkin saja tidak akan ditemukan pada tempat lain. Terdapat beberapa jenis wisata di sana, seperti wisata alam, uji adrenalin serta wisata kuliner sebagaimana pada penjelasan berikut: 

1. Kalibiru

Ketika berlibur di kota Yogyakarta salah satu wisata yang wajib dikunjungi adalah Kalibiru, wisata ini menyediakan spot foto yang banyak. Hampir di semua sudut objek wisata ini dilengkapi dengan tempat foto yang instagramable untuk pengunjung.

Meskipun kebanyakan spot foto ini terletak di atas pohon namun pengunjung tidak perlu khawatir terkait keamanan. Lokasi wisata kalibiru terletak di Dsn. Kalibiru, Ds. Hargowilis, Kec. Kokap Kabupaten Kulon Progo Yogyakarta.

2. Ayunan Langit

Jika ditelusuri lebih dalam sepertinya pihak pengelola wisata Kulon Progo kerap kali menghadirkan tempat wisata dengan spot foto dari ketinggian. Salah satunya wisata Ayunan Langit, diberikan nama demikian lantaran ayunan tersebut terletak pada ketinggian 500 mdpl.

Pengunjung tidak perlu khawatir terkait keamanannya karena sebelum duduk, pengawas akan memasangkan sabuk pengaman terlebih dulu agar tidak jatuh. Wisata yang berlokasi di Dsn. Suropati Desa Hargotirto ini tidak direkomendasikan bagi pengidap penyakit jantung.

3. Kebun Teh

Daftar wisata kulon progo jogja yang wajib untuk dikunjungi adalah kebun teh, objek wisata ini memiliki suasana tenang dan asri. Wisata yang berlokasi di Desa Nglinggo ini memiliki kontur berundak-undak layaknya sawah di daerah Bali.

Wisata Kebun Teh ini terletak di daerah perbukitan sehingga pengunjung dapat menikmati pemandangan yang indah dalam perjalanan menuju lokasi. Tempat wisata ini cocok bagi mahasiswa maupun pekerja yang butuh refreshing setelah mengerjakan tugas yang menumpuk.

4. Goa Sriti

Destinasi wisata yang tak boleh terlewatkan ketika mengunjungi daerah Jogja khususnya Kulon Progo adalah Goa Sriti. Banyak wisatawan yang menyukai wisata ini lantaran memiliki kisah sejarah yang membuat sejumlah orang penasaran dengan tempat tersebut.

Terdapat beberapa pemandu wisata yang akan menceritakan kisah sejarah tempat ini sembari menunjukkan bukti-bukti nyatanya. Goa Sriti tentu menjadi salah satu tempat wisata edukatif yang dapat memberikan pelajaran bagi anak-anak agar lebih mengenal sejarah Indonesia.

5. Bukit Isis

Jika ingin melihat indahnya Kulon Progo Jogja dari ketinggian maka Bukit Isis dapat menjadi solusi yang tepat. Bagi orang yang pertama kali mengunjungi tempat tersebut pasti akan tertanam pada benaknya bahwa Bukit Isis sangat menakutkan.

Hal ini dikarenakan Bukit Isis memiliki ketinggian yang luar biasa menguji adrenalin, sehingga tidak disarankan bagi orang dengan phobia ketinggian. Namun dengan pemandangan indahnya tersebut membuatnya menjadi tempat favorit bagi semua orang untuk memanjakan mata.

6. Air Terjun Grojogan Sewu

Istilah Grojogan Sewu dalam bahasa Indonesia memiliki arti ribuan air jatuh, istilah ini digunakan untuk menggambarkan kondisi air terjun tersebut. Tempat wisata yang berlokasi di Dusun Beteng, Jatimulyo, Girimulyo ini masih sangat asri dan indah.

Masih banyak orang yang belum mengetahui wisata Air Terjun Grojogan Sewu ini sehingga keberadaannya masih sangat alami. Ketika berkunjung di sana pastikan sudah membawa bekal yang cukup karena lokasinya jauh dari tempat tinggal penduduk.

7. Pantai Glagah

Pantai Glagah merupakan salah satu destinasi wisata daerah kulon progo yang terletak di Kecamatan Temon. Pantai ini terkenal memiliki ombaknya yang besar, maka dari itu pengunjung akan menemukan banyak tetrapod dengan bahan beton di sana.

Fungsi dari adanya tetrapod ini adalah untuk pemecah ombak agar tidak masuk terlalu jauh pada bibir pantai. Di antara deretan tetrapod tersebut terdapat jalan setapak yang terbuat dari beton dan mengarah ke tengah laut.

8. Wildlife Rescue Center

Ketika berlibur dengan keluarga, wisata kulon progo jogja yang wajib dikunjungi adalah Wildlife Rescue Center. Pada wisata tersebut pengunjung dapat menemukan berbagai jenis hewan liar langka karena disana merupakan tempat perawatan hewan liar.

Destinasi wisata Wildlife Rescue Center terletak di Jl. Pengasih-Nanggulan Kecamatan Pengasih Kabupaten Kulon Progo Yogyakarta. Tempat ini menjadi wisata edukatif yang cocok untuk anak-anak agar mengenal berbagai jenis hewan liar yang hampir punah di Indonesia.

9. Mangrove Jembatan Api-Api

Wisata yang wajib dikunjungi ketika tengah berlibur di daerah Kulon Progo adalah Mangrove Jembatan Api-Api. Mangrove ini memiliki spot foto ikonik yakni jembatan gantung, terdapat pula tanaman api-api yang menjadi ciri khas wisata tersebut.

Itulah wisata kulon progo jogja yang wajib dikunjungi bersama keluarga maupun orang terdekat lainnya untuk menyegarkan pikiran dan tubuh. Sejumlah tempat wisata tersebut memberikan penawaran harga tiket yang murah dan pastinya tidak akan menguras kantong.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *