Provinsi Yogyakarta memiliki banyak tempat tujuan wisata. Salah satunya wisata di Sleman Jogja yang berbatasan dengan Kabupaten Klaten. Untuk mengisi liburan bersama keluarga dan teman, Jogja memiliki beragam objek wisata yang dapat dikunjungi.

Destinasi wisata di Yogyakarta biasanya dilengkapi dengan beberapa fasilitas penunjang lain untuk menarik pengunjung. Tentunya hal ini membuat wisatawan dapat menikmati waktu berlibur dengan menyenangkan. Di bawah ini terdapat beberapa destinasi wisata di Sleman Jogja.

1. Candi Prambanan

Candi Prambanan berada di Kranggan, Bokoharjo, Prambanan, Sleman. Salah satu ikon pariwisata kota Jogja adalah Candi Legendaris Prambanan. Banyak wisatawan beranggapan kurang lengkap rasanya jika liburan ke Jogja tak mengunjungi candi ini. Candi Prambanan digelari situs warisan dunia oleh UNESCO.

Daya tarik utama Candi Prambanan adalah candi hindu zaman kuno yang mempunyai cerita legenda. Candi ini berdiri sejak abad ke-9 masehi, dan tempat wisata ini sudah populer sehingga tak pernah sepi pengunjung. Cocok sekali untuk spot foto instagramable.

Usia Candi Prambanan sudah lebih dari 1000 tahun, tetapi bangunannya masih berdiri kokoh hingga kini. Candi Prambanan buka setiap hari dengan HTM 40 ribu rupiah untuk wisatawan domestik. Wisatawan mancanegara tarifnya lebih mahal lagi.

2. Desa Wisata Kaliurang

Objek wisata Kaliurang berada di bawah kaki gunung Merapi, suhu udaranya sejuk dan dingin. Disarankan memakai pakaian agak tebal ketika berwisata di Kaliurang karena berlokasi di dataran tinggi. Kawasan Kaliurang masih asri tentunya juga segar karena masih banyak pepohonan rindang.

Apabila berkunjung ke tempat ini, pengunjung bisa menikmati berbagai aktivitas wisata menarik. Bisa juga mendaki bukit yang dipenuhi pepohonan layaknya hutan sambil menghirup udara lereng gunung yang masih asli. Pada bagian bawah bukit ada mainan anak-anak seperti ayunan, perosotan, dan lainnya.

Selain itu wisatawan juga dapat mencoba berkendara menaiki mobil off road, sepeda motor trail, dan melihat pemandangan Gunung Merapi yang indah dari kejauhan. Wisata di kaki Gunung Merapi Selatan ini cocok untuk liburan keluarga, tersedia pula area jalan santai dan piknik bagi wisatawan yang berkunjung.

3. Candi Sari

Wisata di Sleman Jogja berikutnya adalah Candi Sari yang berada di Dusun Bendan, Kelurahan Tirtamani, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman. Candi Sari yang unik ini merupakan peninggalan kerajaan budha kuno pada sekitar abad ke-8 Masehi.

Pada zaman dahulu, candi ini adalah tempat tinggal para biksu yang disebut vihara. Sehingga bentuk ruang dalam candi berbeda dengan candi hindu yang lainnya. Bentuk candi ini memiliki ruangan bersekat-sekat. Tiket masuk Candi Sari hanya 3000 rupiah saja ditambah biaya parkir.

4. Monumen Jogja Kembali

Tempat wisata di Sleman Jogja ini sering disingkat Monjali, berada di Jalan Ringroad Utara, Jongkang, Sariharjo, Ngaglik, Sleman. Biaya masuk monumen ini 10 ribu rupiah per orang. Monjali buka pada Selasa hingga Minggu jam 8 pagi sampai jam 4 sore.

Para pahlawan nusantara ketika itu gugur dalam Serangan Umum Satu Maret 1949, sehingga untuk mengingat jasanya, didirikanlah Monjali. Selain itu kini Monjali digunakan sebagai destinasi wisata sejarah yang terbuka untuk umum.

Saat itu, Belanda berniat kembali menjajah tanah air dan menyerang Yogyakarta yang ketika itu menjadi ibukota Indonesia. Dengan perjuangan dan semangat para pahlawan, Yogyakarta akhirnya kembali ke pangkuan RI dan pasukan Belanda berhasil dipukul mundur.

5. Museum Affandi

Affandi adalah seniman hebat Indonesia asal Kabupaten Cirebon. Beliau sudah populer berkat karya-karya lukisannya yang memukau. Museum ini didirikan untuk mempermudah pengunjung dalam menikmati karya-karya Affandi. Selain itu juga berfungsi sebagai tempat untuk memajang dan menyimpan seluruh karya lukisan seniman tersebut.

Wisatawan di Museum ini bisa menikmati lebih dari 250 buah lukisan karya Affandi. Tema lukisan Affandi di museum ini ada banyak sekali. Mulai dari tema percintaan atau romantisme, sampai yang bertema oriental. Museum Affandi berlokasi di Jalan Laksda Adisucipto no.167, Papringan, Kecamatan Caturtunggal, Sleman.

Harga tiket Museum Affandi untuk wisatawan asing dikenai tarif masuk 50 ribu rupiah. Untuk pengunjung lokal tarifnya 25 ribu dewasa, dan 10 ribu anak-anak. Sedangkan Lokasinya ada di tepi Sungai Gajah Wong, pengunjung bisa berjalan kaki selama beberapa menit dari Bandara Adisutjipto.

Itulah tadi beberapa wisata di Sleman Jogja yang bisa dikunjungi. Banyak para wisatawan yang penasaran dengan pemandangan yang disuguhkan di tempat wisata Jogja. Keberagaman wisata di Yogyakarta meninggalkan kesan tersendiri bagi pengunjungnya. Jogja selalu menjadi tujuan wisata bagi sebagian orang, membuat kota ini terasa spesial.

Perlu diketahui, objek wisata di wilayah Kabupaten Sleman kebanyakan bersuhu sejuk, misalnya di Kaliurang malah cenderung dingin. Hal ini berbeda dengan kebanyakan objek wisata di kawasan Bantul dan Jogja Kota yang cenderung bersuhu panas. Agar perjalanan wisata terkesan nyaman, bawalah baju tipis dan baju tebal sekaligus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *