Jogja kalau soal destinasi wisata memang nggak pernah main-main. Ada banyak sekali objek wisata di Jogja salah satunya wisata bukit di Jogja. Apalagi dalam 10 tahun terakhir, wisata Jogja makin terkenal dan populer.

Wisata pemandangan alam yang dapat dilihat dari ketinggian memang membuat hati jadi lebih tentram. Bagi yang ingin menikmati wisata pemandangan alam dari ketinggian, maka perlu mengunjungi wisata perbukitan yang ada di Jogja. Berikut ini rekomendasinya:

1. Bukit Panguk Kediwung

Pasti sudah tidak asing dengan wisata Bukit di Jogja yang satu ini, karena memang tidak perlu diragukan lagi keindahannya. Setiap sudut yang cantik sangat menarik untuk diabadikan moment dengan keluarga atau pasangan.

Pada pagi hari pengunjung bisa melihat sunrise diatas awan. Bukit ini merupakan salah satu spot daerah Imogiri yang jaraknya lumayan jauh dari Kota Jogja. Kurang lebih menempuh waktu sekitar 1 jam perjalanan menggunakan mobil.

Setiap perjalanan akan terbayar karena cantiknya pemandangan landskap bukit dan pemandangan Sungai Oya. Untuk bisaya masuknya di kenai tarif Rp. 2.500, cukup murah dan waktu kunjungan terbaik yaitu pagi hari sebelum matahari terbit.

2. Bukit Lintang Sewu

Salah satu wisata bukit di Jogja yang bisa befoto dengan latar sunset indah. Bukit ini menawarkan sunset yang indah menjelang petang. Apalagi spot-spot bukti yang bisa untuk berfoto dengan view yang sayang banget untuk dilewatkan.

Hampir sama dengan Bukit Punguk untuk tiket masuknya di kenai tarif Rp. 2.500 dan waktu untuk mengunjungi paling baik yaitu menjelang terbenam matahari. Dengan view bukit hijau yang indah di sekeliling pasti membuat hati tenang.

3. Bukit Teletubbies

Bukit yang letaknya di Prambanan, Jogjakarta ini menjadi bukit yang populer. Dinamakan Tetetubbies karena pengunjung bisa melihat rumah seperti mirip di serial Teletubbies di area kawasan Prambanan yang telah dibangun untuk para korban gempa.

Bentuknya memang seperti rumah Teletubbies dengan tambahan warna-warna cerah yang menarik perhatian para pengunjung. Selain itu, disediakan taman bermain anak-anak yang membuat suasana makin seru. Untuk tiket masuk hanya Rp. 5.000, cukup murah bukan?

4. Bukit Klangon

Wisata Bukit di Jogja lainnya yaitu Bukit Klangon yang bisa jadi salah satu pilihan untuk melihat Gunung Merapi lebih dekat. Terdapat gardu pandang untuk bisa melihat Gunung Merapi, apalagi terdapat lintasan yang bisa digunakan berolahraga.

Wisata ini letaknya di Kalitengah Lor, Sleman. Jadi, bagi pengunjung yang ingin berfoto menggunakan latar Gunung Merapi yang keren. Apalagi tarifnya tergolong murah yaitu Rp. 2.000 saat hari biasa dan Rp. 3000 saat libur.

5. Bukit Bintang

Tidak hanya bisa melihat indahnya pemandangan alam dari ketinggian, tapi bisa juga melihat indahnya Kota di Malam hari. Bukit Bintang ini terletak di Area Kebun, Gunung Kidul. Untuk tarif masuknya tergolong murah yaitu Rp 3.000.

Diberi nama Bukit Bintang disebabkan adanya lampu-lampu pinggir Kota yang terlihat dari atas langit. Pengunjung dapat memesan makanan dan memilih sendiri saat ke Bukit Bintang. Pengunjung bisa juga berfoto menggunakan jasa fotografer.

6. Bukit Isis

Bukit Isis ini berada di kawasan Nglinggo Barat, Kulon Progo. Bukit ini letaknya bersebelahan dengan Kebun teh Nglinggo, jadi ketika pengunjung naik ke atas bukit dapat melihat pemandangan kebun teh yang indah dengan jelas.

Saat berada di bukit ini, pengunjung bisa merasakan sensasi sejuk dan segar. Makanya, bukit ini di namakan Isis. Apalagi pengunjung akan disugi pemandangan gunung-gunung yang indah seperti Merbabu dan Merapi. Untuk tarifnya sendiri tergolong murah.

7. Bukit Paralayang

Melalui Bukit Paralayang, pengunjung bisa menikmati keindahan dari pantai tanpa harus turun langsung ke pantai. Jadi, pengunjung bisa menikmati pemandangan dari atas yaitu Parangtritis. Apalagi tempat ini juga bisa melakukan olahraga paralayang.

Ketika senja datang, memang waktu yang pas sekali untuk menikmati indahnya langit-langit yang berubah warna ketika matahari mulai terbenam. Pengunjung hanya perlu memayar tiket parkir saja untuk datang kesini.

Apabila pengunjung ingin datang dan mencoba paralayang, pengunjung dikenai tariff sebesar Rp. 300.000 rupiah. Memang sedikit mahal, akan tetapi pengunjung bisa puas bermain dan menikmati pemandangan.

8. Bukit Tompak

Bagi yang suka bersepeda, wisata ini sangat cocok untuk dikunjungi. Wisata Bukit Tombak bisa jadi ide yang bagus karena pengunjung bisa merasakan suasana pedesaan yang asli dan ditambah dengan pesepeda yang sering datang.

Ketika sampai diatas, pengunjung bisa melihat pemandangan alam yang segar dan indah. Apalagi hamparan hijau daun yang nampak segar ketika dilihat dari puncak Bukit Tompak. Untuk masuk wisata Bukit Tompak sendiri belum ada tarif khusus.

Nah, itu tadi beberapa wisata Bukit di Jogja yang wajib dikunjungi saat pergi main-main ke Jogja. Selain udara yang sejuk dan segar, pengunjung bisa menikmati spot foto yang menarik perhatian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *