Wisata Jogja terpopuler selalu dicari oleh para pelancong yang datang ke Kota Gudeg ini. Jumlah lokasi wisatanya yang sangat banyak dapat memukau siapa saja. Jika ingin berwisata ke Jogja, sediakan waktu lebih dari 1 hari.

Siapa pun tidak akan menampik jika Jogja dikatakan sebagai salah satu kota destinasi wisata yang paling populer, selain Bali. Selain karena wisata kulinernya menggugah selera, lokasi wisata yang ditawarkan pun menarik. Inilah 6 di antaranya.

1. Taman Pintar

Taman Pintar merupakan tempat wisata edukasi favorit masyarakat Jogja, terutama anak-anak. Tema taman edukasi ini adalah science park. Di sana cukup banyak wahana edukasi yang ditawarkan guna mengajak pengunjungnya belajar.

Di Taman Pintar juga disediakan alat-alat peraga IPTEK yang interaktif. Pastinya, tempat wisata yang satu ini terkait dengan berbagai aspek dalam ilmu sains. Bisa dibayangkan, belajar di sana akan semakin menyenangkan bagi anak-anak.

Harga tiket masuk ke Taman Pintar berkisar dari Rp6.000,00 hingga Rp45.000,00. Alamatnya di Jalan Panembahan Senopati. Mulai dari Senin hingga Minggu, Taman Pintar selalu buka. Mulai dari pukul setengah sembilan pagi hingga pukul empat sore.

2. Jurang Tembelan

Wisata Jogja terpopuler yang sering direkomendasikan adalah Jurang Tembelan. Tempat wisata ini memang unik karena mempunyai gardu pandang berbentuk bagian ujung kapal. Karena bentuknya itulah, gardu pandang ini mendapat julukan “Titanic di atas Awan”.

Melalui gardu pandang tersebut, wisatawan berkesempatan menikmati hijaunya pemandangan pegunungan. Selain itu, pemandangan matahari terbit dan terbenam juga mudah tertangkap di tempat ini. Jika diabadikan dalam foto, pasti akan semakin terasa kenangannya.

Lokasi wisata Jurang Tembelan beralamat di Mangunan, Dlingo, Bantul, Yogyakarta. Jam operasionalnya adalah setiap hari, yang dimulai pukul lima pagi hingga enam sore. Namun, pada hari Sabtu dan Minggu, tempat ini akan ditutup pada pukul setengah tujuh malam.

3. Situs Warungboto

Siapa pun yang pernah berkunjung ke Situs Warungboto pasti sangat menginginkan kesempatan berkunjung ke sana lagi. Lokasi ini memang banyak didatangi orang-orang yang ingin berfoto dengan latar bangunan bergaya eksklusif.

Dapat dikatakan bahwa suasana situs ini mirip dengan foto-foto yang diambil di Yunani. Tepatnya, di wilayah Santorini. Situs Warungboto ini dulunya adalah sebuah tempat peristirahatan dan pemandian keluarga Sultan Hamengkubuwono II. Namanya adalah Pesanggrahan Rejowinangun.

Situs Warungboto beralamat di Jalan Veteran, Kecamatan Umbulharjo. Jika ingin ke sana, silahkan datang pada jam operasionalnya. Situs ini buka setiap hari. Jam bukanya adalah pukul delapan pagi sampai pukul lima sore.

4. Heha Sky View

Wisata Jogja terpopuler berikutnya merupakan lokasi wisata modern yang tenang berpemandangan alam indah. Namanya adalah Heha Sky View. Konsep yang diusungnya adalah perpaduan antara wisata alam dan modern. Semua keindahan tersebut disatukan pada sebuah restoran.

Berbagai hiburan dan aktivitas ditawarkan oleh Heha Sky View. Food stall-­nya menggugah selera, hiburan live music-nya pun berkelas. Semua bisa didapatkan sekaligus dalam satu tempat ini. Untuk tiket masuk, harganya mulai dari Rp10.000,00 hingga Rp20.000,00.

Lokasinya beralamat di Jalan Dlingo-Patuk, Kabupaten Gunung Kidul. Heha Sky View buka pada hari Senin hingga Jumat buka pukul sepuluh pagi. Kemudian, pada hari Sabtu dan Minggu buka pukul delapan pagi. Tutup pada pukul sembilan malam.

5. Pantai Wediombo

Bagi wisatawan yang ingin menikmati segarnya udara pantai dan hijaunya warna laut, dipersilakan untuk mengunjungi Pantai Wediombo. Pantai Wediombo tidak hanya lautnya yang indah, tetapi juga memiliki pemandangan tebing yang menakjubkan.

Selain sebagai tempat wisata berpasir pantai yang menyenangkan, tempat ini juga difungsikan sebagai tempat konservasi perairan. Harga tiket masuknya adalah Rp5.000,00 per orang. Parkir motor dan mobil dikenakan biaya, sekitar Rp3.000,00 sampai Rp5.000,00.

Pantai Wediombo beralamat di Desa Jepitu, Kabupaten Gunung Kidul. Jam operasional tidak terbatas, yaitu 24 jam. Jadi, wisatawan dapat datang kesana kapan pun waktu yang diinginkan.

6. Suraloka Zoo

Selain Taman Pintar, ada satu lagi lokasi wisata edukasi di Yogyakarta yang sangat terkenal. Namanya adalah Suraloka Zoo. Hewan-hewan yang ada di sana sangat beragam. Seperti iguana, merpati, dan kelinci.

Di sana juga ada wahana yang cukup menantang, seperti wall climbing idan flying fox. Tiket masuk Suraloka Zoo ada di kisaran harga Rp30.000,00 hingga Rp40.000,000. Harga ini belum termasuk harga bermain dalam wahana Suraloka Zoo.

Alamat Suraloka Zoo adalah di Jalan Boyong, Kabupaten Sleman. Suraloka Zoo buka setiap hari. Jam buka dimulai dari pukul sembilan pagi. Tutup pada pukul empat sore.

Wisata Jogja terpopuler tidak sedikit jumlahnya. Semua menawarkan keunikan yang berbeda. Tentu hal inilah yang dicari oleh para wisatawan. Agar tidak bingung Ketika berwisata di Jogja, ketahui dahulu di mana saja lokasi wisata yang menarik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *