RENTALMOTOR99.C0M – Labuan Bajo memang memiliki potensi wisata air terjun yang menarik karena tampilannya yang sangat mempesona. Sebagai tempat wisata, daya tarik utama Cunca Wulang Waterfall adalah pada airnya yang berwarna biru. 

Cunca pada penamaan air terjun tersebut artinya adalah air terjun dan kata wulang maknanya adalah bulan. Maksud keseluruhan penamaan ini yaitu agar Cunca Wulang bisa disaksikan selayaknya jatuh dari bulan.

Lokasi dan Tiket Air Terjun Cunca Wulang

Berlokasi di daerah Manggarai Barat, air terjun ini cukup populer sebagai alternatif liburan di Labuan Bajo Flores. Wisata ini terletak di hutan Mbeliling yang alamnya berupa kawasan lautan dengan potensi wisata yang melimpah.

Posisi air terjun ini yaitu di sebelah timur daerah Labuan Bajo dengan jarak tempuh sekitar 26 km. Pengunjung datang dengan memanfaatkan kendaraan umum di daerah tersebut yang bernama Trans Flores, berikut rincian perjalanannya. 

Tempat wisata ini buka pada pukul delapan pagi, dan pada pukul lima sore akan ditutup oleh pihak pengelola. Biaya untuk dapat menikmati air terjun ini yaitu 30 sampai 50 ribu belum terhitung biaya untuk pemandunya.

Daya Tarik Air Terjun Cunca Wulang

Cunca Wulang Waterfall ada di ketinggian sekitar 200 m dimana hal tersebut menjadikan udara di lingkungan ini menjadi begitu sejuk. Jika ingin memperoleh pengalaman lebih, maka bisa menggunakan guide lokal dengan tarif 50 ribu perhari.

Selain bisa menikmati wisata alam yang ada, tentunya ada berbagai daya tarik dari wisata ini yang kerap kali dikagumi para wisatawan. Berikut ini lengkapnya:

1. Aliran Sungainya Begitu Jernih

Berada di sela bebatuan dan juga tebing yang besar pengunjung akan dibuat terpesona dengan warna airnya yang biru. Pada kondisi yang bagus, aliran airnya akan sejernih kristal dan seolah mengajak pengunjung untuk segera menceburkan diri.

Apabila memiliki keahlian dalam berenang serta kondisi cuaca cukup aman maka pengunjung bisa bermain air sepuasnya. Kedalaman air di air terjun ini tidak dalam namun juga tidak terlalu dangkal sehingga cukup aman untuk berenang.

Meskipun demikian pengunjung tetap harus waspada karena ada beberapa titik yang memiliki kedalaman yang cukup dalam. Biasanya pengarahan akan diberikan oleh para guide sehingga pengunjung bisa tahu mana titik yang aman.

2. Pemandangan Bebatuan Tinggi yang Menakjubkan

Selain air jernih, pengunjung juga akan takjub dengan pemandangan berupa tebing bebatuan yang ada disekitarnya. Air yang mengalir di sela bebatuan tersebut memberikan suara khas yang menenangkan, kegiatan untuk dilakukan di lokasi ini, yaitu.

Itulah ulasan mengenai Cunca Wulang Waterfall sebagai gambaran kecil tentang betapa indah dan menariknya tempat tersebut. Berlibur ke alam terbuka yang masih asri dan terjaga keindahannya merupakan sebuah kesempurnaan dalam melepas penat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *