Ada banyak sekali wisata alam di Yogyakarta, yaitu pantai, hutan, sungai, dan pegunungan. Nah artikel ini akan membahas wisata sungai di Jogja. Memang sudah menjadi rahasia umum kalau kota Yogyakarta menyimpan destinasi wisata yang menarik. 

Mulai dari wisata kuliner, wisata air, hingga wisata budaya. Tidak sedikit orang yang memilih wisata sungai sebagai tujuan liburan untuk melepas penat dan pikiran agar lebih rileks. 

Simak pembahasan lima rekomendasi tujuan wisata sungai di Jogja yang dapat dikunjungi bersama keluarga dan teman.

1. Blue Lagoon

Wisata sungai Blue Lagoon buka setiap hari Senin hingga Jumat pukul 6 pagi sampai 5 sore. Pengunjung akan diminta membayar tiket masuk seharga 3000 rupiah per orang. Tempat wisata ini ada di area Sawah, Widodomartani, Ngemplak, Sleman. Tiket masuknya Rp 10.000,-

Blue Lagoon merupakan wisata pemandian sungai alami. Wisatawan tidak akan kecewa setelah mengunjungi Blue Lagoon. Tak hanya pemandangan alami saja yang bisa dinikmati di Blue Lagoon, pengunjung juga bisa merasakan keseruan bermain air sepuasnya dari pagi sampai sore.

Para wisatawan dimanjakan dengan adanya sejumlah fasilitas lengkap di Blue Lagoon seperti tempat kuliner, gazebo, mushola, area parkir, dan homestay di lokasi wisata bagi yang ingin menginap. Jika dari arah kota Yogyakarta membutuhkan waktu tempuh sekitar 40 menit.

2. Sungai Batu Kapal

Wisata sungai di Jogja berikutnya yakni Sungai Batu Kapal yang memanjakan pengunjung dengan pemandangan air sungai yang jernih. Tempat wisata ini terletak di Klenggotan Srimulyo RT 01, Kapanewon, Piyungan, Kabupaten Bantul. 

Adapun tarifnya 20 ribu untuk susur sungai. Biaya masuk seikhlasnya, dan ada biaya parkir. Pengunjung bisa bermain air sungai dan duduk bersantai di pinggir sungai sambil menikmati pemandangan.

Selain itu juga ada banyak pohon bambu di sekeliling sungai yang tentunya membuat suasana menjadi sejuk dan asri. Disediakan fasilitas berupa tempat duduk, toilet, area parkir, dan hidangan kuliner milik warga setempat.

Sungai ini adalah aliran dari Sungai Opak Yogyakarta. Para wisatawan dapat menikmati birunya air sungai dan eksotisnya batuan sedimen di sekeliling sungai. 

Tentu saja bisa menambah pemandangan makin menarik dengan nilai estetika yang diabadikan dalam foto. Selain itu juga pengunjung bisa mencoba dan menyantap hidangan kuliner dari warung warga sekitar.

3. Ledok Sambi

Rekomendasi wisata di Jogja berupa sungai selanjutnya yaitu Ledok Sambi yang berada di Desa Wisata Sambi. Pengunjung bisa terpuaskan dengan bermain tembak-menembak dengan paint ball, main air di sungai, dan river tubing untuk anak. 

Disediakan juga fasilitas outbond untuk mengisi kegiatan selama liburan. Tempat wisata ini dikelola dengan baik, terbukti dengan adanya sejumlah fasilitas yang dapat memuaskan wisatawan. 

Tempatnya juga bersih dan nyaman. Kuliner yang dijual di sini pun harganya terjangkau. Ledok Sambi menyediakan warung kuliner sebagai tempat berpiknik di pinggir sungai bagi para pengunjung.

Wisata Ledok Sambi ini mempunyai HTM-nya 35 ribu hingga 300 ribu. Pengunjung bisa melakukan kegiatan berkemah di tepi sungai di hari weekend hanya dengan membayar 35 ribu rupiah per orang. 

Jika tidak membawa perlengkapan kemah, pengelola wisata menyediakan jasa sewa perlengkapan camping dengan harga 12 ribu per malam. Untuk outbond dan camping tarifnya 300 ribu, dan outbond anak TK/SD tarifnya 15qqq10 ribu.

4. Grojogan Watu Purbo

Yogyakarta memiliki beragam destinasi wisata air dengan pemandangan asri dan sejuk yang bisa dikunjungi. Grojogan ini terletak di Kecamatan Turi, Sleman, dengan aliran air yang berasal dari Sungai Krasak. 

Objek wisata ini merupakan pemandian alami yang mempunyai keunikan 6 tingkat air terjun buatan. Banyak para pengunjung yang mengambil gambar dengan momen berlatar belakang air terjun unik ini. 

Objek pemandian alami ini bukan sekadar tempat pemandian biasa. Tidak ada tarif khusus di Grojogan Watu Purbo, biaya masuk seikhlasnya dan ada biaya parkir.

Pasalnya, Grojogan Watu Purbo ini menyajikan pemandangan yang menarik yang dapat memberikan ilusi di belakang batu seperti selendang kecil yang menjuntai berwarna putih. Ilusi selendang putih tersebut terpancar dari air terjun grojogan enam tingkat yang mengalir. Tidak sedikit wisatawan yang mengabadikan panorama menarik ini.

5. Sungai Oyo

Sungai Oyo juga termasuk salah satu destinasi wisata sungai di Jogja yang dapat dikunjungi berikutnya. Terletak di Lemah rubuh, Selopamiro, Kecamatan Imogiri, Bantul. Objek wisata sungai ini bisa menjadi pilihan tempat wisata menarik untuk mengisi waktu liburan bersama keluarga.

Sungai legendaris ini menyuguhkan destinasi wisata yang tak kalah indah. Wisatawan bisa melakukan kegiatan body rafting, dan aktivitas outbound yang mengasyikkan. Yang menarik pengunjung adalah spot kekinian yaitu gardu pandang dan juga tempat yang menyerupai sangkar raksasa.

Gardu pandang tersebut berguna agar wisatawan dapat menikmati pemandangan alam dari batas ketinggian dan mengambil gambar dengan spot menarik. Foto yang diabadikan dengan momen nilai estetika tentu bagus untuk diunggah ke media sosial. HTM Rp 45.000 per orang untuk susur sungai.

Itulah tadi beberapa wisata sungai di Jogja yang bisa dikunjungi. Wisata alam Yogyakarta selalu menjadi incaran para wisatawan yang ketagihan merasakan sensasi kesegaran alami bermain air di alam terbuka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *