Berbicara tentang Jogja, ada banyak hal menarik didalamnya termasuk mengenai kuliner. Salah satu kuliner ternama yang ada disana adalah lumpia samijaya Jogja yang disukai banyak wisatawan. 

Toko yang menjual lumpia ini pun tidak pernah sepi pengunjung dan antrian pembeli biasanya sangat panjang. Meskipun gerai dari lumpia ini terus berpindah, namun pembeli terus datang mengunjungi gerai yang baru. 

Itu membuktikan bahwa jajanan satu ini sangat diminati oleh masyarakat baik pendatang atau warga lokal Oleh karena itu, saat berkunjung ke Jogja jajanan inj tidak boleh terlewat untuk dicicipi. 

Sejarah Dari Lumpia Samijaya 

Sudah ada sejak tahun 1983, lumpia khas Jogja ini termasuk makanan legendaris dari kota ini. Nama dari lumpia ini berasal dari nama gerai yang menjualnya yaitu Sami Jaya yang berlokasi di daerah Malioboro. 

Saat ini, usaha ini dipegang dan dikelola oleh ibu Winarti melalui sejarah perjalanan yang panjang. Lumpia samijaya Jogja ini terus berpindah tangan hingga saat ini dipegang oleh ibu Winarti.

Menurutnya, awalnya usaha ini dimiliki oleh pamannya namun omset penjualan lumpia terus menurun. Oleh sebab itu, pamannya memberikan usaha lumpia ini kepada ibu dari Winarti. 

Orang tua winarti pun menerima gerobak dan peralatan yang ada serta mulai menjual lumpia. Tak disangka, banyak orang yang tertarik dengan makanan ini dan pembeli pun semakin meningkat.

Dulu gerai lumpia ini berjualan di dekat toko bernama samijaya dan Winarti juga membantu berjualan disana. Karena tempat berjualan berada di sebelah toko samijaya, maka dinamakan lumpia samijaya agar mudah diingat. 

Hingga sekarang, Toko Samijaya sudah tutup namun lumpia ini masih tetap berjaya. Saat ini, hampir 4000 lumpia terjual setiap harinya dari waktu penjualan pagi hingga sore. 

Karena banyaknya peminat, lumpia ini membuka cabang baru dan saat ini berjumlah 2 cabang sudah dibuka. Seiring berkembangnya zaman, kini sudah tidak perlu lagi ke lokasi untuk membelinya karena bisa membelinya secara online.

Apa Keistimewaan Lumpia Samijaya? 

Ramainya lumpia samijaya Jogja sudah tidak terlepas dari berbagai keistimewaan yang dimiliki. Isian dari lumpia ini juga berbeda dari lumpia lainnya yang merupakan salah satu keistimewaannya. 

Ada berbagai macam isian yang bisa dipilih mulai dari bengkuang, wortel, telur puyuh, daging ayam dan banyak lagi. Parutan bawang putih dan cabai didalamnya membuat rasa dari lumpia ini semakin nikmat. 

Enaknya lagi, disini tidak hanya menjual lumpia goreng saja namun juga lumpia basah. Pembeli bisa meminta untuk lumpia digoreng setengah matang jika menginginkan lumpia yang masih basah. 

Keistimewaan lainnya adalah isian yang melimpah di dalam lumpia membuat pembeli puas saat memakannya. Ukuran dari lumpia ini tidak terlalu besar sehingga bisa dimakan secara cepat dan membuat ketagihan. 

Samijaya membedakan menunya menjadi dua yaitu special dan juga lumpia ayam yang memiliki perbedaan isian di dalamnya. Harga yang ditawarkan tidak mahal dan pastinya cocok dijadikan sebagai cemilan.

Itulah kenapa gerai ini selalu ramai dan memiliki banyak pelanggan yang selalu membeli lumpia disana. Tak hanya warga lokal, banyak wisatawan dari daerah lain juga turut mencicipi nikmatnya kuliner ini. 

Kelebihan Dari Lumpia Samijaya Jogja 

Ada beberapa hal yang membuat banyak orang lebih tertarik untuk membeli lumpia samijaya Jogja ini. Selain isian dan juga ukuran dari lumpia yang pas, rasa dari lumpia ini juga tidak perlu diragukan, berikut beberapa kelebihan lainnya:

Itulah beberapa hal mengenai lumpia samijaya Jogja mulai dari sejarah hingga keunggulannya. Setelah mengetahui sejarahnya, ternyata lumpia ini pernah mengalami masa sulit sebelum sukses seperti sekarang. 

Dari banyaknya keunggulan lumpia ini, menjadi bukti bahwa jajanan ini tidak boleh ketinggalan sebagai oleh-oleh saat berkunjung ke Jogja. Jangan khawatir, harga yang dimiliki sangat murah dan sangat cocok untuk oleh-oleh. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *