Menjadi salah satu destinasi favorit, Pantai Lasiana Kupang memiliki berbagai keunggulan khas objek wisata pantai di daerah pesisir. Dengan pasir pantainya yang putih sehingga cocok untuk bermain pasir, jalan-jalan, hingga berolahraga seperti jogging atau voli.

Jika mau menemukan spot untuk selfie-selfie banyak pilihan yang dapat ditemukan di sepanjang pantai ini. Karena arus ombak tidak terlalu deras sehingga cukup aman untuk bermain di pinggiran pantai, selain itu banyak lagi fasilitas yang menjanjikan lainnya.

Fasilitas yang Menjadi Daya Tarik Pantai Lasiana

Setiap objek wisata tentunya akan menjual yang terbaik untuk ditawarkan kepada pengunjung sebagai nilai barter dari harga tiket yang dibayarkan. Maka, menjadi sesuatu yang wajib untuk menonjolkan fasilitas menarik seperti pada Pantai Lasiana berikut ini:

1. Jalan Setapak Tempat Jalur Pemecah Ombak

Menjadi salah satu yang unik dari Pantai Lasiana Kupang adalah adanya jalur pemecah ombak. Ya, seperti namanya jalur ini dibuat untuk memecah ombak agar bibir pantai tidak terkena abrasi dari air laut yang terus menerus.

Karena ombak yang datang cukup kuat dan dibiarkan langsung menuju ke bibir pantai tanpa penghalang maka akan menjadi bahaya. Itulah salah satu fungsi dibuatnya jalur tracking berbentuk huruf J ini yang menjorok ke tengah laut.

Selain itu, fungsi lainnya untuk menarik wisatawan agar merasakan serunya berjalan menuju tengah laut dengan deburan ombak yang menari-nari. Karena pada sisi kanan dan kiri jalur belum terpasang pagar pengaman maka harus berhati-hati ketika melewatinya.

2. Pilihan Wisata untuk Keluarga

Pantai menjadi objek wisata yang sangat cocok dinikmati bersama keluarga, seperti halnya di Pantai Lasiana terdapat spot-spot menarik untuk dicoba. Anak-anak dapat bermain pasir dengan santai di tepi pantai, disertai banyak pohon kelapa yang rindang.

Kesan natural dan angin sepoi-sepoi tentunya memberi efek terapi ketenangan dan kesyukuran yang besar. Selain itu, tentunya ada berbagai fasilitas olahraga air untuk orang dewasa terletak di sebuah lokasi dekat jalur pemecah ombak yang telah disebutkan sebelumnya.

Snorkling dan naik perahu untuk berkeliling adalah dua dari fasilitas yang dapat dinikmati di Pantai Lasiana ini. Dan pastinya berenang juga duduk menikmati es kelapa muda di warung kecil pinggir pantai sambil menunggu sunset tiba.

3. Ragam Budaya dan Pusat Jajanan Kuliner Setempat

Kota Kupang sejak tahun 2021 menjadikan Pantai Lasiana sebagai tempat pagelaran budaya serta pusat kuliner. Hal ini dimaksudkan untuk mengingatkan budaya lokal yang bermanfaat kepada masyarakat sekitar Kupang sehingga dapat mengambil value dari budaya tersebut.

Karena kebanyakan sebuah perkembangan objek wisata karena membutuhkan modernisasi dalam pembangunan justru merusak budaya tersebut. Tentunya budaya yang dapat kembali dilestarikan adalah budaya yang memberi arti positif terutama dalam sikap dan kesesuaian dengan aturan hidup.

Selain budaya, kekhasan kuliner Kupang dapat ditemukan di Pantai Lasiana dengan banyaknya kios, warung makan hingga café di sekitar pantai. Tak perlu ragu jika ingin menginap menikmati suasana lebih lama, ada beberapa homestay nan nyaman.

Lokasi, Rute, Akses dan Harga Tiket Masuk Pantai Lasiana

Lokasi ada di kecamatan Kelapa Lima, nama desanya Lasiana yang ada di Kota Kupang NTT. Akses dapat dilalui kendaraan pribadi/umum dan ada tarif masuk per kendaraan yang akan memakan waktu 30 menit dari Kota Kupang.

Hanya perlu membayar 5000 rupiah untuk masuk ke Pantai Lasiana, ini untuk dewasa sedangkan anak-anak dikenakan 2000 rupiah saja. Sedangkan untuk motor dikenai tarif 5000 rupiah dan kendaraan roda 4 10.000 rupiah, selama 24 jam.

Itu tadi sisi menarik dari Pantai Lasiana Kupang yang wajib dicoba kalau ada rejeki berupa kesempatan berkunjung ke Kota Kupang. Kota kecil di daerah timur Indonesia ini masih asri serta akan ditemukan banyak keunikan karakternya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *