Udara sejuk khas Jogja Utara membuatnya cocok dengan masakan yang pedas Entok Slenget Kang Tanir sangat cocok untuk menemani kedinginan. Warung kuliner yang menyajikan menu istimewa ini membuatnya jadi ketagihan. 

Untuk sampai kesini membutuhkan niat dan tekad yang kuat. Karena lokasinya terletak di daerah Pakem Sleman, arah ke arah Gunung Merapi. 

Walaupun lokasi tersebut cukup jauh,  jika sudah merasakan kenikmatan masakan tersebut rasa lelah akan terbalas oleh kenikmatannya. Jika di cek dari Google Maps, lokasi tersebut bisa dituju dari Tugu Pal Putih Yogyakarta sekitar 40 menit.

Keunikan dari Warung Entok Slenget Kang Tanir

Jika bicara tentang warung yang menjual olahan entok pastinya cukup banyak. Namun, ada hal yang disukai pelanggan ketika memilih warung makan selain rasa. Contohnya seperti Warung Entok Slenget Kang Tanir ini yang mempunyai keunikan sendiri. Berikut diantaranya:

1. Suasana Warung Entok Slenget Kang Tanir

Warung entok kang Tanir ini suasananya masih tradisional, Disini para pembeli bisa memilih tempat duduk yang lesehan atau duduk di kursi. Dilesehan tempatnya juga lebih luas bisa sambil melihat para pelanggan yang datang.

Pelayan disini juga cukup ramah, jika pelanggan datang akan dilayani seperti raja. Jika datang langsung bilang ‘Biasa yo, Pak, daging karo tengkleng pedes’, berarti menandakan pelanggan yang sudah sering datang ke sini.

2. Menu Utama Warung Entok Slenget Kang Tanir Pedasnya Bikin Nagih

Entok atau itik ini menjadi bahan yang utama oleh kang tanir dari masakan Warungnya tersebut. Sebab ini merupakan hal yang menjadi sensasi baru dalam memakan daging entok.

Dagingnya yang enak hampir mirip dengan daging bebek, sehingga membuat para pelanggan ketagihan akan kenikmatannya. Di warung kang tanir ini terdapat 2 menu saja yaitu Entok Slenget dan Balungan Entok. 

Penyediaan Balungan di warung ini terbatas, sekitar dua panci yang berukuran sedang. Akan tetapi untuk daging entoknya penyediaan nya kini agak banyak sekitar 150 porsi perhari. 

Menu Balungan Entok ini berbeda dengan menu Entok Slenget. Jika Balungan Entok itu sebelumnya sudah dimasak terlebih dahulu membuat bumbu lebih cepat meresap, dan stoknya pun terbatas. 

Jadi jika ada pembeli baru dihangatkan, di menu balungan ini tidak bisa request level kepedasannya. Soalnya sudah dibumbui kepedasan yang dengan level yang sedang semuanya.

Jika makan Balungan ini butuh kesabaran karena terdapat bagian Entok yang tercampur. Mulai dari potongan paha, sayap, dada, dan ada kepala.

3. Memasak Dengan Memakai Anglo dan Areng

Proses memasak di Warung Entok Slenget Kang Tanir ini masih sangat tradisional. Disana menggunakan anglo dan areng, baik untuk memasak nasi, air atau memasak entok-nya.

Proses masak entoknya satu persatu sehingga ketika ada pelanggan yang datang baru di buatkan. Jadi cara memasaknya bukan dalam skala besar lalu tinggal dipanaskan. Cara tersebut membuat masakan tetap terjaga akan cita rasa dan panasnya.

4. Ukuran Daging di Warung Entok Slenget Kang Tanir

Yang membuat pembeli senang ketika makan disini ialah potongan dagingnya yang bisa dibilang cukup besar, sehingga membuat puas saat makan disini. Ditambah dengan keistimewaan rasa pedas yang bikin nagih. 

Terdapat beberapa tingkatan pedasnya mulai dari tidak pedas sama sekali, pedas sedang, cukup pedas, super pedas sampai dengan ekstra pedas. Warung Entok Slenget Kang Tanir memang menjadi pilihan buat menikmati kepedasannya yang nagih.

Menu Dengan Paket Nasi

Di warung Entok Slenget Kang Tanir juga tersedia menu paket dengan nasi. Jadi buat pelanggan bisa langsung memesan beberapa menu dengan nasi jika menginginkannya. Berikut pilihannya:

1. Menu Nasi Bakul dan Bisa Nambah

Penyajian makanannya di Warung Kang Tanir ini sangat baik, lauk dan nasinya dipisah, bahkan nasi yang disajikan dalam bakul tersendiri. Kemudian terdapat tambahan potongan kubis dan juga potongan timun. 

Sehingga membuat para pelanggan nyaman, dan apabila pembeli merasa nasi yang dipesan masih kurang maka bisa nambah lagi. Dan tidak dikenakan biaya tambahan. Karena prinsip makan di Warung Entok Slenget Kang Tanir harus kenyang.

2. Paket Nasi dan Minum

Tersedianya paket nasi dan minum harganya pun relatif terjangkau. Misal menu Entok Slenget daging Rp 30.000 dan Tengkleng atau Balungan dihargai Rp 27.500. Maka dapat nasi, lauk dan satu gelas minuman juga.

Jadi di sini mau makan dengan nasi yang banyak atau makan dengan sedikit sama saja bayarnya. Jika dibungkus ada harga sendiri, yaitu Rp 25.000, dengan porsi yang lebih banyak karena tanpa nasi dan minum.

Para penikmat kuliner pedas, jika berlibur ke Yogyakarta bisa diagendakan buat nyobain “Entok Slenget Kang Tanir”. Karena rasa pedasnya bikin nagih dan sangat cocok dengan suasana sekitar. Sayang jika dilewatkan untuk menikmati kelezatan kuliner satu ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *