Sebelum bernama pantai Parai Tenggir, pantai ini awalnya bernama pantai Hako. Pantai ini menjadi sumber pencaharian penduduk di sekitar sebelumnya. Bahkan tak heran jika kawasan pantai ini dipenuhi dengan kapal milik nelayan untuk mencari ikan.

Pantai ini kemudian berganti nama menjadi pantai Parai Tenggiri dikarenakan memiliki keindahan yang luar biasa. Namun setelah diganti nama, kini kapal-kapal milik nelayan sudah tidak ada lagi di pantai ini karena dibuka untuk objek wisata.

Lokasi dan Harga Tiket Masuk Pantai Parai Tenggir

Apabila pengunjung tiba dari bandara, maka perjalanan yang harus ditempuh sekitar kurang lebih 40 km. Namun untuk yang tidak mengetahui rute dan takutnya nyasar disarankan untuk menaiki travel yang dapat mengantarkan langsung menuju lokasi Parai Tenggiri ini.

Pantai ini beralamatkan di Desa Sinar Baru, Sungailiat, Kabupaten Bangka, Kepulauan Bangka Belitung. Untuk wisatawan yang belum mengetahui pulau ini dapat menemukan lokasi kota ini melalui Google Maps.

Untuk dapat masuk kawasan pantai Parai tenggiri ini tentunya tidak gratis, pengunjung harus membayar sebesar Rp 25.000 per-kepalanya. Terbilang harga tiket di Parai Tenggiri ini cukup mahal, namun tentu tidak akan mengecewakan.

Bukan hanya membayar tiket masuk saja, untuk yang membawa alat transportasi berupa mobil dapat membayarkan uang 10.000. Sedangkan pada roda dua dapat membayarkan sebesar Rp5.000.

Aktivitas Dapat Dilakukan di Pantai Parai Tenggiri

Tentunya jika mendatangi sebuah objek wisata pantai tidak lepas dari wahana atau kegiatan menarik yang ada di dalam pantai. Banyak kegiatan menarik yang dapat dilakukan di Parai Tenggiri ini, yaitu sebagai berikut:

1. Berenang

Aktivitas yang dapat dilakukan di pantai adalah berenang. Aktivitas ini sangat didukung dengan air laut yang begitu indah disertai ombak yang tenang. Pengunjung dapat berenang atau berendam di pinggir pantai serta dapat mengajak anak-anak.

Dengan ombaknya yang tenang tentunya tidak akan membahayakan apabila anak-anak ingin berenang atau berendam di tepi pantai. Namun tentu harus diperhatikan dan diawasi oleh orang tuanya.

2. Snorkeling

Bukan hanya berenang saja, namun pantai ini sangat cocok untuk melakukan aktivitas snorkeling. Pengunjung dapat melihat bawah laut yang sangat mempesona. Snorkeling ini akan dipandu oleh guide yang akan mengawasi saat proses menyelam di bawah air laut.

3. Memancing

Untuk aktivitas selanjutnya pengunjung dapat memancing di kawasan pantai ini. Namun pada pantai ini belum menyediakan alat untuk memancing, jadi pengunjung harus membawa pancing beserta umpan sendiri dari rumah.

4. Menjelajahi Laut

Untuk pengunjung yang ingin berjelajah sekitar laut bisa menyewa perahu yang disediakan dari pantai ini. Namun jika pengunjung ingin memacu adrenalin dapat menggunakan jet ski untuk melihat keindahan pantai ini.

Kegiatan ini yang paling banyak digemari oleh para pengunjungnya. Keindahan pada pantai membuat para wisatawan ingin melihat keindahan sekitar dengan memandangi pepohonan yang tumbuh lebat di sekitar pantai.

5. Hunting Kuliner

Untuk kegiatan yang terakhir yaitu pengunjung dapat menikmati hidangan yang ada pada lingkungan pantai ini. Banyak menu khas dari restoran maupun warung yang ada di sekitar pantai. Umumnya menu yang dihidangkan yaitu seafood dan ikan.

Demikian ulasan mengenai pantai Parai Tenggir yang bisa dijadikan tempat wisata saat liburan. Pantai ini dapat membuat para pengunjungnya betah dan nyaman. Maka dari itu jika ingin pergi ke sini sangat cocok apabila mengajak keluarga besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *