RENTALMOTOR99.C0M – Jogja adalah kota dengan berbagai tempat wisata terfavorit di Indonesia, maka tidak heran banyak sekali wisatawan tiap harinya. Waduk Sermo Jogja merupakan salah satu tempat wisata yang unik, karena menyulap waduk menjadi wisata yang indah.

Jika kebanyakan destinasi wisata adalah pantai, gunung, dan wahana menarik, kali ini berbeda, karena tempat wisatanya adalah waduk. Selain berfungsi untuk irigasi air, Waduk Sermo juga banyak dijadikan untuk wisata. Simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Wisata Waduk Sermo

Tak jauh berbeda dengan waduk lainnya, Waduk Sermo Jogja juga berfungsi untuk irigasi dan manajemen air untuk daerah di sekitarnya. Namun uniknya, waduk ini juga menjadi tempat wisata yang banyak digemari di Jogja.

Waduk ini banyak dikunjungi wisatawan setiap harinya, apalagi saat memasuki liburan, maka akan menjadi lebih ramai. Waduk Sermo memiliki pesona yang sangat indah, terdapat air biru yang membentang luas beserta pemandangan bukit hijau yang cantik.

Wisata ini menggabungkan antara pemandangan buatan dari waduknya dengan pemandangan alami dari perbukitan subur di sekitarnya. Perpaduan itu bersatu menjadi pesona alam yang cantik dan syahdu untuk dinikmati dalam berwisata.

Air yang jernih dan bukit hijau yang mengitarinya selalu membuat sejuk wisata ini walau saat cuaca panas. Waduk yang dibuat di tahun 1989 ini bersuasana sejuk akibat angin semilir segar yang berhembus setiap saat.

Waduk Sermo sangatlah multifungsional, karena selain berfungsi sebagai sistem irigasi dan sumber air bersih PDAM bagi masyarakat sekitar. Bahkan waduk ini juga menjadi tempat wisata yang unik dan sering trending di Medsos.

Lokasi dan Tiket Masuk

Lokasi menuju Waduk Sermo sangatlah mudah sekali untuk dijangkau para wisatawan, karena jalannya yang bagus dan dapat dilintasi berbagai kendaraan. Lokasinya berada di Kab. Kulon Progo, Jogja. Lebih tepatnya di Desa Hargowilis Kec. Kokap.

Waduk Sermo berjarak 35 KM dari pusat Kota Yogyakarta, serta berjarak sekitar 6 Kilometer dari Pusat Kulon Progo. Para wisatawan hanya membutuhkan waktu sekitar  90 menit untuk dapat sampai di Waduk Sermo.

Adapun tiket masuknya, akan dikenakan 6 ribu per orang, jika hendak bermalam (Camping) biayanya adalah 15 ribu saja. Selain itu juga terdapat karcis parkir 2 ribu per motor dan 5 ribu per mobil, terhitung sangatlah murah, bukan?

Wisata Waduk Sermo dibuka dari jam 7 pagi lalu tutup saat jam 5 sore, serta dipersilahkan 24 jam untuk pembeli tiket bermalam (Camping). Para wisatawan dapat datang kapan pun semaunya, tapi disarankan saat cuaca sedang cerah.

Di sana juga terdapat banyak fasilitas yang menunjang wisata Waduk Sermo, seperti:

Kegiatan Menarik di Waduk Sermo

Banyak sekali kegiatan menarik yang dapat dilakukan para wisatawan saat berkunjung di Waduk Sermo. Salah satunya adalah berfoto dengan pemandangan alam segar dan air jernih yang terbentang sangat luas.

Dengan pemandangan yang Instagramable itu banyak pengunjung yang mengabadikannya untuk konten sosial media. Selain itu, wisatawan juga dapat bermalam (camping) di sana, menikmati pemandangan Sunset dan Sunrise serta bermalam di samping pesona cantik Waduk Sermo.

Tak hanya itu, warga sekitar juga banyak memanfaatkan wisata Waduk Sermo sebagai tempat berolahraga ringan. Seperti Jogging, Yoga, Senam, Dll. Intinya tempat di sana cocok untuk bersantai atau kegiatan lainnya bersama keluarga atau orang-orang terdekat.

Itulah sedikit ulasan mengenai Waduk Sermo Jogja, jika sedang berada di Jogja, maka wajib untuk mampir ke sana. Bersenang-senang sambil bersantai sejenak melepas penat selama bekerja, jangan lupa untuk mengajak teman atau orang-orang terdekat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *