Mie lethek Jogja merupakan satu dari sekian jenis makanan yang banyak digemari banyak orang. Diberi nama mie  lethek karena tampilan mienya berwarna coklat dan terkesan  kotor. Terlihat kotor karena dari bahan yang digunakan.

Bahan yang dipakai untuk membuat mie tersebut dari singkong yang  sudah dikeringkan. Karena tidak menggunakan bahan pengawet atau pewarna, sehingga warna yang dihasilkan juga seadanya. Untuk lebih jelasnya, berikut tempat-tempat di Jogja yang menjual mie lethek:

1. Mie Lethek Kang Sum

Mie lethek Jogja yang wajib dicoba yang pertama adalah mie lethek Kang Sum. Tempat makan tersebut  tidak pernah kosong pelanggan.  Pasalnya, banyak orang yang kesini karena rasa mienya sangat enak.

Warung makan ini menawarkan mie lethek goreng dan  rebus. Selain itu, warung Kang Sum ini juga menawarkan mie lethek magelangan yang  bisa dicampur dengan nasi goreng. Dengan demikian, pembeli bisa memilih mie apa yang ingin dirasakan.

Proses pengolahan mie lethek ini masih menggunakan cara yang sederhana yakni menggunakan anglo dengan batok kelapa. Sehingga cita rasa yang dihasilkan memiliki kekhasan sendiri.

Alamat dari mie lethek Kang Sum ini di Bantul, tepatnya di  bekas pasar Imogiri dekat kompleks makam raja-raja  Mataram. Bagaimana? Tertarik untuk mencobanya?

2. Mie Lethek Bantul Mbah Mendes

Salah satu tujuan wisata kuliner yang terletak di Jogja adalah mie lethek Bantul Mbah Mendes. Ada beberapa pilihan mie yang bisa dirasakan oleh pengunjung. diantaranya ada mie lethek rebus, mie plencing, dan goreng.

Dalam mangkok mie yang disajikan terdapat banyak toping seperti telur, kubis, bawang merah, suwiran ayam dan masih banyak lagi. Rasa dalam setiap porsi sangat enak karena dilengkapi dengan kaldu ayam.

Letak dari tempat wisata kuliner ini ada di jalan Ring Road Utara Maguwoharjo, Sleman. Selain itu, pengunjung juga bisa menemukan di Bantul, tepatnya di Sorobayan, Sanden. Selamat mencoba.

3. Bakmi Lethek Sor Pring

Mie lethek Jogja yang rasanya juga enak adalah bakmi lethek sor pring. Wisata kuliner ini sudah terkenal sejak tahun 80-an. Ketika menikmati bakmi di sini, pengunjung akan ditemani angin semilir yang segar dengan suasana yang masih pedesaan.

Mie lethek ini dicampur dengan rempah-rempah dan bumbu yang membuat aroma semakin sedap. Bumbu-bumbu tersebut diantaranya ada bawang, merica, kemiri dan lain-lain. Selain itu, toping mie tersebut diberi irisan ayam kampung dan telur.

Letak kuliner ini di Bantul, tepatnya di Tegallayang, Pandak. Sehingga para pengunjung yang mungkin berwisata ke Bantul bisa mampir dan berkunjung ke mie lethek Sor Pring.

4. Warung Bumi

Mantan presiden, Obama, ternyata pernah datang ke restoran ini dan menikmati makanan yang disediakan di sini. Mie yang didatangkan dari Srandakan ini diolah oleh warung bumi menjadi santapan yang menggiurkan.

Para pengunjung bebas memilih, akan menikmati mie kuah atau mie goreng. Pelengkap dari mie lethek ini adalah suwiran dan kaldu ayam kampung. Pelengkap itulah yang membuat mie menjadi semakin lezat.

Letak dari restoran mie lethek ini di Imogiri, Bantul. Tepatnya di Jalan Imogiri Mangunan KM 3. Bagaimana? Tertarik untuk mencobanya?

5. Mie Lethek Pak Sur

Seperti mie lethek lainnya, mie khas Jogja ini memiliki cita rasa yang unik dan menggiurkan. Ada 2 varian rasa yang bisa dinikmati pengung yakni mie lethek rebus dan mie lethek goreng. Keduanya memiliki rasa yang unik.

Tidak hanya terkenal di warga sekitar, wisata kuliner ini juga sudah terkenal di berbagai daerah. Sehingga banyak orang jauh-jauh yang sengaja datang ke tempat ini demi merasakan mie lethek pak Sur.

Harga yang ditawarkan mie lethek pak sur ini sangat terjangkau. Alamat warung ini di Bantul, tepatnya di Tegallayang 10, Pandak, Kabupaten Bantul. Ketika datang ke Bantul, sempatkan untuk berkunjung ke wisata kuliner ini.

6.  Bakmi Jawa dan Mie Lethek Pandawa

Mie lethek Jogja yang wajib untuk dikunjungi selanjutnya yakni ada bakmi jawa dan mie lethek pandawa. Selain mie lethek, pengunjung juga bisa menikmati kelezatan makanan lain seperti bakmi jawa.

Rasa pada setiap makanan terutama mie lethek sangat enak. Bumbu-bumbu yang dicampurkan juga sangat pas dan sesuai dengan lidah nusantara. Setiap porsi, selalu diberikan campuran toping, seperti sayuran ataupun suwiran ayam.

Ketika pengunjung berlibur ke Jogja, jangan lupa untuk datang ke Bantul dan menikmati kelezatan mie lethek Pandawa ini. Alamat lengkap dari warung mie ini adalah jalan Bantul KM 4,5 di Dongkelan. Pengunjung dijamin akan ketagihan. Selamat mencoba

Itulah beberapa Mie lethek Jogja yang bisa dijadikan referensi bagi pengunjung ketika sedang berlibur ke Jogja. Mie lethek ini selain enak juga mengenyangkan karena terbuat dari singkong. Bagaimana? Apakah tertarik untuk mencobanya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *