Ingin liburan di Jogja tapi dompet menipis? Maka solusinya adalah datangi tempat wisata yang tidak memungut biaya. Sehingga tak perlu mengeluarkan uang untuk bayar tiket masuk. Ada banyak rekomendasi wisata gratis Jogja yang bisa dikunjungi.

Tempat wisata yang akan dibahas di sini tidak akan kalah seru dan indah dibandingkan dengan wisata berbayar. Pengunjung dapat menghabiskan waktu disana tanpa harus takut akan menguras kocek. Untuk itu, simak daftar rekomendasinya berikut ini:

1. Bukit Klangon

Rekomendasi yang pertama adalah Bukit Klangon. Tempat ini akan memanjakan mata dengan pemandangan hamparan awan yang melintang di atas bukit Jogja. Bukit Klangon tersebut menjadi satu dari sekian wisata gratis yang dapat didatangi.

Gardu Pandang yang ada di Bukit Klangon dapat dijadikan sebagai tujuan selanjutnya. Di sana terdapat banyak spot foto keren dengan berlatarkan Gunung Merapi. Untuk mengunjunginya, silahkan pergi ke Desa Glagaharjo, Kab. Sleman.

2. Gumuk Pasir Parangkusumo

Rekomendasi kedua adalah Gumuk Pasir Parangkusumo yang pernah menjadi set video klip salah satu lagu agnes Monica. Tak hanya itu, tempat ini juga sering digunakan sebagai tempat foto pre-wedding, foto konsep, maupun foto model profesional.

Kepopuleran ini tentu bukan tanpa alasan. Gumuk Pasir Parangkusumo dianggap unik dengan pemandangan gunungan pasirnya yang alami dan luas, layaknya Gurun Sahara. Jadi, tak perlu jauh-jauh keluar negeri, datangi saja tempat ini secara gratis.

3. Alun-Alun Kidul

Rekomendasi wisata gratis Jogja ketiga adalah Alun-Alun Kidul yang terletak di halaman belakang keraton Kesultanan Yogyakarta. Di sinilah pohon beringin kembar yang legendaris tersebut berada. Jadi yang ingin mencoba masangin, silahkan datang ke alun-alun ini.

Alun-Alun Kidul adalah tempat favorit warga pada hari libur. Semakin malam, maka pengunjungnya juga semakin ramai berdatangan. Banyak hal yang bisa dilakukan selain masangin, yakni menikmati jajanan, menaiki becak juga odong-odong hias dengan lampu warna-warni. 

4. Jalan Malioboro

Rekomendasi keempat adalah Malioboro. Tentu saja ini merupakan salah satu tempat paling populer yang banyak diburu. Bahkan bisa dikatakan berlibur ke Yogyakarta tidak akan afdol jika belum ke Malioboro.

Jalan Malioboro selalu penuh dengan kumpulan wisatawan, apalagi saat malam hari. Sebagai tempat yang identik dengan oleh-oleh, maka ada banyak toko yang berjualan berbagai macam barang dan makanan. Pengunjung juga dapat berjalan-jalan dan berburu foto.

5. Pantai Parangtritis dan Parangkusumo

Rekomendasi kelima adalah Pantai Parangtritis dan Parangkusumo. Kedua pantai tersebut merupakan objek wisata yang terletak saling berdampingan. Sehingga, jika mengunjungi Pantai Parangtritis, maka nantinya bisa mengunjungi Pantai Parangkusumo sekalian.

Banyak sekali wisatawan pergi kesana. Kepopuleran tersebut merupakan hasil dari keindahan keindahan deburan ombak serta pemandangan sunrise dan sunsetnya. Selain itu, pengunjung juga bisa mengelilingi pantai dengan jeep sewaan. 

6. Tlogo Putri Kaliurang

Rekomendasi keenam adalah Tlogo Putri Kaliurang. Di dalamnya terdapat kolam atau embung yang didiami bebek mainan. Hal itu memberikan kesejukan bagi para pengunjungnya yang datang untuk menikmati pemandangan di sana.

Ada juga berbagai macam permainan untuk anak kecil, seperti ayunan, jungkat-jungkit, bianglala, dan masih banyak lagi. Tidak hanya itu saja, udara yang ada di Tlogo Putri Kaliurang tersebut sangat sejuk. Cocok untuk jalan-jalan santai.

7. Studio Gamplong

Rekomendasi ketujuh adalah Studio Gamplong. Bagi penikmat film garapan Hanung Bramantyo, tempat ini bisa dijadikan sebagai destinasi selanjutnya. Studio Gamplong pernah dijadikan sebagai lokasi syuting film Sultan Agung: The Untold Love Story dan Bumi Manusia.

DI atas tanah seluas 2 hektar ini, terdapat banyak bangunan semi permanen yang berfungsi untuk kebutuhan syuting. Bangunan tersebut terdiri dari pendopo, keraton, gerbang, benteng, dan lain-lain. Pengunjung dapat hunting foto-foto sepuasnya untuk sosial media.

8. Bukit Bintang

Rekomendasi kedelapan adalah Bukit Bintang di daerah Patuk. Tempat ini bisa dikunjungi selama perjalanan pulang dari pantai menuju kota. Sempatkan untuk berhenti sejenak di salah satu spot terbaik untuk menikmati suasana malam hari di Yogyakarta.

Nikmati pemandangan kerlap ribuan bintang di langit yang gelap sambil menyantap jajanan warung. Tetapi, bintang disini maksudnya adalah gemerlap lampu kota yang dilihat dari ketinggian. Kilau lampu-lampu di bawah tampak seperti bintang dari bukit tersebut.

9. Air Terjun Sidoharjo

Rekomendasi terakhir adalah Air Terjun Sidoharjo. Bagi yang ingin bermain air, maka coba kunjungi air terjun tertinggi di Yogyakarta ini. Gelar itu memang pantas disematkan untuk Air Terjun Sidoharjo karena tingginya yang mencapai 75 meter.

Tempat ini menawarkan pemandangan yang asri dengan kesegaran yang alami, seolah-olah memulihkan energi setelah perjalanan jauh yang ditempuh. Untuk bisa sampai kesana, pengunjung perlu berjalan kaki selama kurang lebih 10 menit melalui kebun dari parkiran.

Itulah rekomendasi wisata gratis Jogja yang bisa didatangi untuk liburan murah meriah. Tempat-tempat di atas menawarkan banyak sekali keindahan dan keseruan. Berfotolah hingga puas untuk mendapatkan hasil yang keren.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *