RENTALMOTOR99.COM – Kunjungan ke Pulau Padar Labuan Bajo menjadi alternatif tempat wisata selain Pulau Komodo. Salah satu kawasan yang masuk warisan dunia tersebut memiliki banyak daya tarik. Simak penjelasan berikut untuk mengetahui harga tiket, lokasi, dan aktivitasnya:

Cara Menuju Pulau Padar

Apabila dari Bali, pengunjung harus menaiki pesawat dari Denpasar dengan jam perjalanan 30 menit ke Labuan Bajo. Kemudian, perjalanan ke Pulau Padar bisa dilanjut menggunakan kapal ferry atau speedboat selama kurang lebih 3 jam.

Untuk menikmati pemandangan paling indah di tempat ini, pengunjung harus menaiki 818 anak tangga. Karena total perjalanan yang panjang disarankan untuk membawa perbekalan cukup. Selain itu, pendakian sebaiknya dilakukan pagi hari ketika udara masih sejuk.

Pengunjung juga bisa mendaki tangga di waktu sore saat matahari tidak lagi terik. Tujuannya yakni untuk mendapatkan pemandangan matahari terbenam. Langit Pulau Padar biasanya akan terlihat cantik dengan campuran warna jingga, merah muda, serta biru.

Harga Tiket Pulau Padar

Pulau Padar terletak di NTT, tepatnya di Manggarai Barat dan Kecamatan Komodo. Daerah tersebut memang berada di kawasan wisata Provinsi NTT. Lokasinya terpisah oleh Selat Lintah di tengah Pulau Rinca dan Komodo.

Pada tahun 2022 lalu tiket ke Pulau Padar sempat dipertimbangkan naik menjadi Rp 3,75 juta. Namun, kebijakan tersebut telah dibatalkan karena banyaknya pertentangan. Oleh karenanya, pengunjung masih bisa membayar dengan harga normal di tahun 2023.

Tiket masuk yang perlu dibayarkan pengunjung domestik yakni Rp 5.000 serta Rp 7.500 pada waktu libur. Sedangkan untuk warga asing pada hari senin hingga sabtu harus membayar Rp 150.000 dan Rp 225.000 pada hari libur.

Aktivitas di Pulau Padar

Meski masih daerah konservasi, pengunjung Pulau Padar Labuan Bajo tidak akan menjumpai hewan komodo. Hal ini menyebabkan kawasan dapat dipakai untuk berbagai macam aktivitas yang seru. Di bawah ini merupakan contoh kegiatan yang bisa dilakukan:

1. Snorkeling dan Diving

Dikenal dengan kondisi lautnya yang mendukung, beragam aktivitas air jadi memungkinkan untuk dilakukan. Snorkeling merupakan salah satu yang paling direkomendasikan. Harga tiket yang harus dibayarkan untuk melakukan Snorkeling juga murah, hanya Rp 15.000 tiap orang.

Di samping itu, ada pula aktivitas Diving untuk melihat keadaan laut Pulau Padar lebih mendalam. Satu orang harus membayar tarif sebesar Rp 25.000 dengan membawa peralatan pribadi. Ada sekitar 42 spot Diving yang dapat dicoba.

2. Fotografi

Akan sangat disayangkan apabila pengunjung tidak memiliki kenang-kenangan ketika berada di Pulau Padar. Pemandangan alam yang ada di sana tentu tidak bisa dinikmati tiap hari. Sangat disarankan bagi pengunjung untuk mengambil banyak foto saat berwisata.

Kalau ingin mengambil foto yang bagus tapi tidak memiliki kamera, pengunjung bisa mencoba jasa fotografer yang ada. Banyak jasa foto yang dapat dipakai dengan harga terjangkau. Kemampuan fotografinya rata-rata baik dan bisa memenuhi ekspektasi pengunjung.

3. Trekking dan Menikmati Pantai

Wisatawan bisa mendaki ke puncak bukit di Pulau Padar. Pemandangan alam di puncak tersebut bahkan sudah sampai dikenal oleh banyak wisatawan asing. Meski begitu, kegiatan ini disarankan bagi pengunjung yang memiliki kekuatan fisik bagus.

Daerah wisata ini juga mempunyai teluk bergaris pantai luas untuk dipakai bermain dan bersantai. Pantainya memiliki tiga warna pasir yang halus dan eksotis. Akan tetapi, perlu diperhatikan untuk tidak mengotori wilayah tersebut dengan sampah-sampah bawaan.

Demikian informasi lengkap wisata Pulau Padar Labuan Bajo di tahun 2023. Luangkan waktu untuk berlibur ke tempat ini dan dijamin pengunjung tidak akan menyesalinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *