Ketika membahas wisata di Jogja tentu tidak akan ada habisnya begitu juga dengan wisata air Jogja yang sangat beragam. Wisata-wisata tersebut dapat dikunjungi dimanapun karena memang berbagai lokasi di Jogja menyediakan tempat wisata untuk dikunjungi.

Wisatawan yang berkunjung ke Jogja tidak hanya bisa menikmati pemandangannya saja, melainkan air nya juga. Terdapat beberapa tempat wisata air Jogja yang dirangkum pada pembahasan artikel kali ini. Apa saja wisatanya? Berikut rekomendasinya:

1. Wisata Kedung Pedut

Wisata air Jogja pertama yang direkomendasikan adalah di Kedung Pedut. Kedung Pedut ini dibuka sejak tahun 2015 silam. Wisata ini terkenal karena warna airnya yang sangat jernih dan bening sehingga memberikan aksen warna air berwarna tosca.

Tempat ini dikelilingi oleh kabut yang akan semakin menambah aksen keindahannya. Maka dari itu, banyak yang menyebutnya sebagai wisata kabut. Pengunjung akan diberikan keindahan alam yang pastinya menarik bagi mata yang memandang.

Di sisi air terjun, pengunjung akan disuguhkan pemandangan menawan dari bukit Menoreh. Biaya masuk ke tempat wisata air Jogja ini hanya dipatok sekitar Rp 10.000 saja. Wisata ini beralamatkan di daerah Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo.

2. Wisata Kembang Soka

Wisata air berikut ini juga memiliki banyak sekali pengunjung tiap harinya. Sebuah wisata air yang berlokasi di Kulon Progo. Wisata Kembang Soka seringkali dijadikan tempat wisata favorit karena airnya yang masih jernih dan sejuk dipandang.

Warna air yang diberikan oleh wisata ini adalah putih kebiruan sehingga sangat enak dipandang sekaligus menyejukkan bagi mata. Selain itu, tempat ini juga menyajikan berbagai pemandangan yang bagus dan cocok dijadikan sebagai tempat untuk berfoto-foto.

Pengunjung bisa mengunjungi tempat ini sepuasnya dari jam 8 pagi hingga 4 sore. Biaya masuknya pun juga murah yakni hanya sekitar Rp. 11.000, namun sewaktu-waktu bisa berubah tergantung kebijakan. Biasanya berubah seperti di hari-hari besar.

3. Wisata Blue Lagoon

Wisata air Jogja berikutnya beralamatkan di daerah Sleman. Blue Lagoon ini merupakan sebuah aliran sungai yang menyediakan kolam untuk anak-anak hingga dewasa. Kedalaman kolam yang diberikan pun mulai dari yang hanya 1 meter hingga 3 meter.

Warna air yang diberikan oleh sungai ini berwarna kehijauan sehingga sangat menawan bila dipandang oleh mata. Di sekitar sungai ini, juga terdapat gazebo yang bisa pengunjung manfaatkan sebagai tempat untuk sekedar duduk santai atau leyeh-leyeh.

Ditambah dengan banyaknya pohon rambu yang semakin membuat tempat ini sejuk. Untuk tiket masuk ke tempat ini, pengunjung perlu mengeluarkan biaya 10 ribu saja. Namun untuk membeli makan, jajan, minum, dan lainnya silahkan ditanggung sendiri.

4. Wisata Air Terjun Sri Getuk

Sebuah wisata alam berupa aliran air yang sangat indah berikutnya berada di daerah yang sama, yakni Sleman. Salah satu wisata air favorit yang dikunjungi wisatawan saat mengunjungi Kota Jogja terlebih bagi warga daerah Gunung Kidul.

Tempat ini memiliki kedalaman air yang berbeda-beda. Pengunjung bisa memilihnya sesuai selera. Jika takut berada di air yang dalam, pengunjung bisa memanfaatkan yang dangkal saja. Bagi yang menyukai kedalaman, bisa memanfaatkan air terjun yang dalam.

Pengunjung juga bisa berkunjung ke Goa Rancang untuk menambah spot foto. Untuk biaya masuknya hanyalah Rp. 15.000, namun bagi yang ingin menyewa rakit harus menambah biaya Rp. 10.000 per orangnya.

5. Wisata Curug Pulosari

Curug Pulosari merupakan salah satu destinasi wisata hidden gems yang keberadaanya masih sedikit diketahui. Mengapa demikian? Karena memang keberadaan lokasi wisatanya cukup tersembunyi. Lokasi tempat ini lumayan jauh dari kota yakni sekitar dua puluh kilometer.

Tempat ini dinamakan dengan Curug karena memang kapasitas air yang dialirkan lebih sedikit daripada air terjun pada umumnya. Namun tidak perlu khawatir, karena air yang dialirkannya tersebut tentu bisa memanjakan mata yang memandang.

Di sekeliling air terjun, pengunjung juga bisa melakukan meditasi karena suasananya yang menentramkan. Suara gemuruh air yang jatuh dari atas membuat keadaan berlibur semakin tenang dan menyejukkan. Selain itu, tempat ini juga menyediakan gazebo.

6. Wisata Bay Pirates Adventure Watermark

Wisata air Jogja yang tak  kalah menarik dari lainnya adalah Bay Pirates. Sebuah wisata yang desainnya menyajikan dengan gaya perpaduan Jawa Eropa.  Di tempat ini, pengunjung akan menemukan berbagai macam permainan yang sangat beragam tentunya.

Tempat ini dibangun dengan mengusung tema bajak laut dengan kurang lebih terdapat 19 wahana permainan. Tidak hanya wahana permainan saja, Bay Pirates juga menyediakan fasilitas lainnya seperti mushola, tempat makan, museum, dan lain-lain.

Bagi yang ingin mengunjunginya, pengunjung bisa masuk dari jam 9 pagi hingga 5 sore saja. Sedangkan ketika hari libur, maka jam masuknya dimajukan dari jam 8 pagi. Untuk tiket masuk seharga 50 ribu rupiah saja.

Itulah beberapa tempat wisata air Jogja yang memiliki beragam keindahan. Di tempat-tempat tersebut pengunjung bisa mengambil dokumentasi sebanyak-banyaknya. Pemandangan yang diberikan oleh wisata-wisata tentunya tidak akan mengecewakan mata yang memandang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *