RENTALMOTOR99.COM – Tempat wisata Semarang tidak hanya Kota Lama atau Lawang Sewu saja. Tetapi juga ada Goa Rong Tuntang yang letaknya di ketinggian 690 Mdpl dengan sajian pemandangan alam terbaiknya.

Jika ingin melepaskan penat dengan menikmati pemandangan alam yang hijau nan asri. Maka pilihan tepat untuk mengunjungi Goa ini bersama keluarga atau orang terkasih.

Mengenal Tempat Wisata Goa Rong Tuntang Semarang

Bagi penduduk sekitar Goa tentunya sudah tidak asing lagi. Berbeda dengan warga luar yang ingin berlibur, sebelum datang ke tempat wisata ini, ketahui beberapa faktanya berikut.

1. Bukan Goa Tempat Wisata Sebenarnya

Meskipun dinamakan goa, namun tempat wisata yang sebenarnya berada di dekat pintu masuk. Oleh sebab itulah wisatawan yang sudah beberapa kali ke sini akan langsung ke atas bukit untuk menikmati pemandangan sekitar.

Dulunya goa ini sering dipakai untuk bertapa dan bersembunyi di masa lalu. Selain itu juga ada cerita adanya jalan dari Goa ke Rawa Pening. Di samping itu, pemandangan Goa Rong Tuntang memanglah indah.

2. Dapat Melihat Pemandangan Gunung

Jika sudah sampai ke lokasi wisata yang sebenarnya, nantinya para wisatawan bisa melihat pemandangan gunung. Di antaranya ada Gunung Sumbing, Sindoro, Ungaran, dan Telomoyo. Jangan lupa untuk berfoto-foto untuk dibagikan ke media sosial.

Selain itu juga ada pemandangan perbukitan yang membuat semarak keindahan menjadi lebih menakjubkan. Pun para pengunjung juga bisa melihat Rawa Pening dari atas.

Dikarenakan letaknya di daerah dataran tinggi, maka tempat wisata ini mempunyai udara cukup sejuk. Apalagi banyaknya pepohonan yang rimbun, tentunya semakin membuat nuansa alam jadi lebih kental dan adem.

3. Fasilitas yang Memadai untuk Pengunjung

Tidak perlu khawatir soal fasilitas, karena tempat wisata ini dikelola dengan baik sehingga fasilitasnya pun cukup lengkap. Dimulai dari adanya tempat parkir kendaraan, toilet, gazebo, tempat duduk, sampai tempat ibadah.

Apabila merasa lapar maka bisa berkunjung ke restoran, café, atau resort terdekat untuk mendapatkan jamuan makan terbaik. Juga ada wahana menarik untuk anak kecil sampai dewasa agar tidak membosankan.

Lokasi, Rute, dan Harga Tiket Wisata Goa Rong Tuntang

Beralamatkan di Jalan Lerak Lopait, Delik, Kecamatan Tuntang, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia, 50773. Pengunjung yang akan berwisata ke Goa Rong pun tidak perlu khawatir soal jalan karena aksesnya mudah.

Hanya saja ketika sudah mendekati lokasi Goa Rong Tuntang, maka jalannya cukup berliku dan menanjak. Oleh sebab itulah diharapkan untuk berhati-hati, terlebih untuk pengendara yang baru melewati medan ini.

Untuk wisatawan yang menggunakan mobil maka bisa menempuh rute tol Semarang-Solo, nantinya keluar lewat tol Bawen. Kemudian akan mendapati Jembatan TUntang dan Pos Polisi, ambil jalur kiri ke jalan Tuntang Bringin.

Lanjutkan terus sampai mendapati pertigaan dengan petunjuk ‘Wisata Goa Rong’ di bagian kanan. Selain itu, jika dari Semarang maka bisa melewati Ungaran-Bawen-Tuntang. Setelah itu tinggal mengikuti arah yang ada atau bisa menggunakan Google Maps.

Wisatawan yang berkunjung hanya perlu membayar sebesar 20 ribu/orang dan bisa menikmati fasilitas di tempat ini. Sedangkan biaya parkir mobil dipatok 5 ribu dan 3 ribu untuk motor.

Ketika weekday, tempat wisata ini bisa dikunjungi mulai pukul 6 pagi sampai 6 sore. Sedangkan weekend lebih panjang satu jam, yakni mulai pukul 06.00-19.00 WIB. Di tempat wisata ini bisa melihat pemandangan matahari terbenam yang indah dan menakjubkan.

Itulah beberapa informasi yang harus diketahui jika ingin berlibur ke Goa Rong Tuntang bersama pasangan atau rombongan. Tempat ini bisa jadi satu pilihan destinasi wisata terbaik di akhir pekan untuk melepas penat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *