Tak hanya terkenal dengan julukan Kota Pelajar atau Kota Perjuangan, Jogja turut dikenal sebagai Kota Wisata yang penuh kekhasan. Ada beberapa tempat wisata Jogja yang wajib dikunjungi oleh wisatawan baik lokal maupun non lokal.

Dimana masing-masing destinasi wisata kemudian memiliki keunikan serta keindahan tersendiri yang tidak bisa disamakan. Bagi yang penasaran dan tertarik untuk mengetahui, mari intip pilihan-pilihan objek wisata yang dirangkum secara khusus.

1. Kraton Yogyakarta

Pilihan pertama tempat wisata Jogja yang wajib dikunjungi jatuh kepada Kraton Yogyakarta yang kental akan sejarah Kesultanan Yogyakarta. Terletak di Jalan Rotowijayan (Nomor 1), Kecamatan Kraton.

Wisatawan yang berkunjung ke Keraton Yogyakarta dapat merasakan suasana budaya Jawa. Diantara benda-benda sejarah yaitu gamelan, kereta kencana, pusaka dan barang asal Raja Eropa.

Dalam keraton juga terdapat kesenian yang bisa dinikmati seperti Wayang Golek, tarian, dan Wayang Kulit. Kraton Yogyakarta dibuka mulai 08.30 – 13.00 (kecuali Jumat dengan batas 11.00) dengan tarif 5 ribu rupiah.

2. Taman Pintar

Di samping Keraton Yogyakarta yang bisa sekaligus memberikan edukasi terkait Kesultanan Yogyakarta, Taman Pintar turut melengkapi. Konsep yang digunakan dalam penerapan Taman Pintar berupa Science Park.

Disini wisatawan bisa belajar secara menyenangkan termasuk peraga IPTEK interaktif. Tidak terbatas pada science, Taman Pintar juga menawarkan kreativitas melalui gerabah dan batik.

Lokasi Taman Pintar berada di Ngupasan, Kecamatan Gondomanan dengan waktu operasional 08.30 – 16.00 (dalam WIB). Sementara tarif masuk ke Taman Pintar sekitar 6 ribu rupiah hingga 45 ribu rupiah.

3. Tugu Yogyakarta

Seperti halnya dengan Keraton Yogyakarta, Tugu Yogyakarta tak kalah menarik untuk dikunjungi. Bisa dikatakan Tugu Yogyakarta menjadi kekhasan bahwa wisatawan sudah pernah mampir ke kota dengan julukan Kota Wisata ini.

Hanya untuk mengabadikan momen sedikit memerlukan trik, pertama dari area seberang tugu. Kedua lewat kafe atau restoran yang terletak langsung di seberangnya.

Waktu operasional tempat wisata Jogja yang wajib dikunjungi bernama Tugu Yogyakarta, dibuka mulai pukul 09.00 WIB setiap hari. Sedang untuk tarif masuk ke tugu cukup terjangkau, dengan kisaran 5 ribu rupiah.

4. Tebing Breksi

Beralih ke destinasi wisata sarat dengan keunikan, Tebing Breksi yang terletak di Sambirejo, Kecamatan Prambanan. Tebing Breksi sebenarnya bekas tambang kapur yang menjadi cagar budaya setelah penemuan abu vulkanik.

Sampai sekarang kelestarian Tebing Breksi tetap terjaga melalui objek wisata termasuk ukiran-ukiran berkelas. Dimana ukiran diukir langsung oleh seniman lokal yang profesional.

Bagi yang terakhir untuk mengunjungi Tebing Breksi, dapat datang mulai pukul 06.00 WIB. Tidak perlu khawatir dengan tarif masuk, karena biaya yang ditentukan tergolong terjangkau berkisar 10 ribu rupiah.

5. Obelix Hills

Masih termasuk dalam kawasan Prambanan, Obelix Hills dapat menjadi wisata pilihan. Terlebih bagi wisatawan yang ingin melihat keindahan Gunung Kidul dan deretan candi lewat ketinggian bukit Obelix.

Satu diantara yang paling disukai, panorama sunset yang dapat dinikmati dengan indahnya. Untuk yang gemar mengabadikan momen tertentu, bisa mendatangi berbagai spot foto yang sengaja didesain.

Biaya masuk Obelix Hills yang ditentukan kira-kira 15 ribu rupiah (disesuaikan dengan hari). Sementara jam dibuka Obelix Hills hari kerja pukul 10.00 WIB dan hari libur pukul 07.00 WIB.

6. Suraloka Zoo

Tempat wisata Jogja yang wajib dikunjungi selain berkonsep keindahan alam dan edukasi science adalah Suraloka Zoo. Sesuai namanya, Suraloka Zoo sangat cocok dikunjungi bersama keluarga atau anak-anak.

Bertempat di Kaliurang, Kecamatan Pakem destinasi wisata menyuguhkan berbagai wahana edukasi. Disini wisatawan akan mendapatkan wawasan baru mengenai hewan-hewan yang berhabitat di Suraloka Zoo.

Ada pula wall climbing dan flying fox yang juga bisa dimainkan dalam wahana Suraloka Zoo. Untuk biaya masuk kira-kira mulai 30 ribu rupiah dengan waktu operasional 09.00 – 16.00 WIB.

7. Gumuk Pasir

Bertempat di kawasan Parangtritis, Bantul Gumuk Pasir menjadi tempat wisata yang khas dengan nuansa padang pasir. Wisata yang memberikan kesan seperti Gumuk Pasir ini terbilang jarang ditemui. 

Terlebih Gumuk Pasir terbentuk secara alami akibat gerakan angin yang membawa pasir dari arah pantai. Aktivitas yang umum dilakukan di Gumuk Pasir berupa sandboarding hingga berswafoto. 

Untuk menikmati nuansa ala-ala padang pasir, wisatawan bisa mendatangi Gumuk Pasir mulai pukul 07.00 WIB. Jangan khawatir akan ada biaya masuk, karena Gumuk Pasir dapat dinikmati tanpa mengeluarkan biaya sedikitpun.

8. Hutan Pinus Mangunan

Tempat wisata Jogja yang wajib dikunjungi dalam pilihan terakhir bernama Hutan Pinus Mangunan. Berlokasi di Mangunan, Bantul Regency ketenangan alam dapat dirasakan di tengah hiruk-pikuk kota.

Di Hutan Pinus Mangunan, wisatawan bisa bersantai menggunakan hammock yang sengaja disediakan oleh manajemen. Bisa pula berkemah sembari mengabaikan momen baik itu bersama keluarga atau teman-teman dekat.

Untuk yang ingin mengunjungi Hutan Pinus Mangunan disarankan datang sekitar pukul 09.00 WIB (sesuai waktu operasional). Lalu bagaimana dengan tarif masuknya? Hutan Pinus Mangunan tidak memungut biaya masuk alias gratis.

Jadi, itulah pilihan tempat wisata Jogja yang wajib dikunjungi seandainya tengah berada di atau merencanakan destinasi liburan ke Jogjakarta. Ragam pilihan menawarkan keindahan, keunikan, dan edukatif tersendiri yang dapat dirasakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *