Dikenal sebagai salah satu kota wisata, terdapat beragam wisata Jogja kekinian yang memiliki ribuan pengunjung dari berbagai daerah. Jangan ngaku-ngaku sebagai petualang, jika belum menjelajahi setiap sudut lokasi wisata yang disajikan di kota Jogja ini.

Bagi yang sudah sering berkunjung ke Jogja, mungkin sudah tahu kalau banyak destinasi wisata kekinian yang pastinya menarik untuk dikunjungi. Ada wisata kekinian apa saja sih di Jogja kok sampai-sampai banyak yang mengunjunginya? Berikut pembahasannya:

1. Kalinampu Pundong

Salah satu wisata Jogja kekinian yang banyak disukai oleh wisatawan adalah sebuah wisata yang isinya banyak dipenuhi bunga-bunga. Nama aslinya adalah Natural Park, karena lokasinya di daerah Pundong, maka orang-orang lebih mengenal dengan Kalinampu Pundong.

Tidak hanya Bunga sakura saja yang disajikan disini, melainkan pengunjung dapat melihat pemandangan tumbuhan eceng gondok yang sedang bermekaran. Tempat ini berlokasi di Desa Seloharjo, Kecamatan Pundong, Bantul dengan biaya masuknya hanya sekitar Rp. 3.000.

Di tempat ini, juga menyajikan pemandangan Torii atau bangunan berbentuk gerbang seperti yang ada di Jepang. Tidak hanya itu saja, Kalinampu juga menyediakan pakaian khas Jepang, payung, dan segala peralatan untuk disewa dan dibuat berfoto.

2. Gumuk Pasir Parangkusumo

Ingin merasakan sensasi hamparan pasir seperti di Timur Tengah? Solusinya adalah dengan mengunjungi Gumuk Pasir Parangkusumo yang berlokasi di Bantul. Untuk mengunjunginya bisa mulai dari pukul 07.30 hingga 18.30 dengan tiket masuk yang pastinya gratis.

Tempat ini menyajikan pemandangan hamparan pasir yang luasnya seperti lautan. Berkat keindahannya tersebut, banyak yang menggunakan tempat wisata ini sebagai lokasi calon pengantin melakukan foto atau perekaman video pre-wedding. Pengunjung juga bisa melakukan kegiatan berselancar.

Waktu terbaik dalam mengunjungi wisata pasir ini adalah saat matahari terbit dan terbenam. Karena waktu tersebut, pengunjung dapat melihat warna awan yang sangat indah. Tapi menang jika dikunjungi siang hari cuacanya sangat panas dan menyengat.

3. Air Terjun Luweng Sampang

Pernah berkunjung ke daerah Gunung Kidul yang isinya pantai-pantai cantik tapi belum ke wisata Jogja kekinian satu ini? Daerah tersebut ternyata memiliki sebuah wisata yang tak kalah indah dari pantainya yakni air Terjun Luweng Sampang.

Sebuah destinasi wisata yang beralamatkan di Jl. Juminahan, Mongkrong, sampang, Gedangsari, Gunung Kidul, tidak memerlukan biaya masuk yang mahal. Ketika menggunakan motor, tarif yang harus dibayar hanya 2.000 rupiah, sedangkan mobil hanya 5.000 rupiah.

Aliran air yang rapi pada batuan kapur di samping air terjun tersebut terbentuk secara alami oleh adanya erosi air sungai. Erosi yang terus menerus terjadi membuat batu-batunya kehilangan kekuatan dalam menampung daya kekuatan sehingga terkikis.

4. Upside Down World

Pernah melihat orang-orang berfoto terbalik seakan-akan kepalanya berada di bawah dan kaki menjuntai ke atas? Ternyata, itu adalah efek pemotretan yang tempatnya memang dibuat seperti terbalik. Wisata Jogja kekinian yang banyak dikunjungi sejak pertama dibuka.

Tempat ini berlokasi di daerah Sleman yang mana buka mulai jam 9 pagi hingga 7 malam. Untuk tarif masuknya pun berbeda antara anak-anak, pelajar, hingga dewasa. Anak-anak hanya Rp 25.000, pelajar 40 ribu, dewasa 60.000.

Sesuai dengan nama wisatanya, di tempat ini menyajikan suasana seperti halnya pengunjung sedang berada di dunia terbalik. Sebuah tempat yang bisa dijadikan sebagai tempat berfoto ala-ala konyol jungkir balik bersama dengan teman, keluarga, maupun pasangan.

5. Teras Kaca Pantai Nguluran

Wisata Jogja kekinian berikut ini berlokasi di desa Girikarto, Panggang, Gunung Kidul yang dikenal dengan keindahan pantainya. Dengan tiket masuknya yang relatif murah, menjadikan tempat wisata satu ini banyak memiliki pengunjung dari berbagai belahan daerah.

Untuk tiket masuknya hanya dibandrol harga sejumlah Rp 5.000 saja per orangnya. Namun untuk kendaraan motor, dua ribu, sedangkan mobil lima ribu rupiah. Pengunjung dapat dengan puas bermain ke tempat ini karena buka mulai 09.00-17.00.

Selain menyajikan keindahan pantai Ngulurannya, pengunjung juga sering berkegiatan di teras kaca nya dengan berfoto-foto. Birunya lautan beserta asrinya dedaunan dapat dirasakan dari atas tebing kaca ini. Sehingga akan tersajikan sensasi liburan yang sangat berkesan.

6. Studio Alam Gamplong

Wisata Jogja kekinian yang sering dijuluki dengan mini Hollywood ini menawarkan berbagai spot menarik yang bisa di dokumentasikan. Menariknya, tempat ini sering dijadikan sebagai tempat syuting film salah satunya Sultan Agung The Untold Love story.

Di tempat ini, pengunjung dapat menemukan bekas benteng pada zaman Belanda hingga bangunan-bangunan zaman China. Selain tempat syuting film, ternyata tempat ini juga dijadikan sebagai tempat nonton film sejarah, khususnya tentang sejarah Alam Gamplong.

Tempat ini berlokasi di Dukuh, Sumberrahayu, Sleman. Untuk akses masuk bisa dari jam 9 hingga 5 sore sehingga bisa puas bermain dan berfoto. Pihak penjaga tempat ini tidak mematok harga masuk namun membayar seikhlasnya saja.

Itulah tadi beberapa rekomendasi wisata Jogja kekinian yang pastinya memiliki ribuan pengunjung karena menarik dan unik. Mulai dari wisata berjenis pantai hingga studio film sekalipun  dapat dengan mudah ditemui saat melakukan kunjungan ke Jogja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *