RENTALMOTOR99.COM – Ingin berwisata air namun tidak ingin ke pantai? Berkunjunglah ke Tirta Gangga Bali, yang merupakan objek wisata taman air yang dibuat oleh Kerajaan Karangasem pada tahun 1946. Tempat ini cocok menjadi lokasi ‘healing’ untuk pengunjungnya.

Kata ‘tirta’ memiliki arti air suci, sedangkan ‘Gangga’ adalah nama sungai suci di negara India. Pemberian nama Tirta Gangga ini juga merupakan sebuah bentuk penghormatan untuk masyarakat yang memeluk agama Hindu di wilayah Karangasem.

Mengenal Lebih Dekat Kawasan Tirta Gangga

Sosok yang menggagas pembangunan taman air ini adalah raja Karangasem saat itu. Usut punya usut, Tirta Gangga sempat mengalami pemugaran besar-besaran pada tahun 1963. Hal itu dilakukan untuk memperbaiki kerusakan parah akibat meletusnya Gunung Agung.

Mata air yang mengalirkan air suci bagi masyarakat di sini bernama Rejasa. Karena kesuciannya, airnya digunakan untuk upacara keagamaan dan untuk keperluan sehari-hari penduduk Kota Amlapura. Berikut gambaran singkat mengenai kawasan Taman Tirta Gangga:

Jam Buka, Fasilitas yang Bisa Didapatkan, dan Harga Tiket

Tidak perlu khawatir Tirta Gangga Bali akan tutup saat pengunjung mendatanginya. Sebab, objek wisata ini selalu beroperasi dari hari Senin sampai Minggu. Namun jam operasionalnya dibatasi, yakni pukul 08.00 sampai 18.00 WITA.

Jika lapar saat bermain di Tirta Gangga, tersedia restoran ataupun warung makan untuk pengunjung. Ada juga toilet, lahan parkir, dan hotel jika ingin menginap. Secara garis besar, inilah tarif harga tiket di Tirta Gangga:

Lokasi dan Rute yang Dapat Ditempuh Pengunjung

Bagi yang penasaran dengan lokasinya, Tirta Gangga berlokasi di Jl. Raya Abang yang ada di Desa Adat Ababi. Desa adat tersebut terletak di Kecamatan Abang, tepatnya di Kabupaten Karangasem, Bali. Berikut rute sederhananya menuju lokasi:

Itulah pembahasan mengenai Tirta Gangga Bali, objek wisata berpemandangan indah yang suasananya masih asri dan sejuk. Taman air peninggalan Kerajaan Karangasem ini sangat cocok untuk pengunjung yang ingin menenangkan diri sejenak dari hingar bingar dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *