Saat berkunjung ke Yogyakarta, meski itu bisnis ataupun liburan, tentunya ingin menikmati aneka wisata menarik. Terutama untuk beberapa wisata di Kaliurang Jogja yang tak hanya mudah dijangkau juga sangat direkomendasikan.

Secara garis besar, wilayah Kaliurang di Yogyakarta ini sudah lama dikenal akan wisata-wisata yang menarik. Jika ingin tahu apa saja tempat yang memang direkomendasikan, maka simak daftarnya di sini:

1.  The Lost World Castle

 Tempat ini sudah dibuka sejak jam 6 pagi dan hanya perlu membayar tiket Rp5 ribu. Ada di kawasan Desa Petung, Kepuharjo, Cangkringan, Kabupaten Sleman, tempat wisata ini sangat direkomendasikan.

Saat datang ke sini, pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan yang indah di dekat Gunung Merapi. Selain itu, ada banyak fasilitas yang menarik untuk bisa dinikmati, dengan berbagai warung makanan khas.

2.  Museum Ullen Sentalu

Jika kamu ingin wisata di Kaliurang Jogja yang lebih edukatif, maka wajib datang ke sini. Dibuka setiap hari dari pagi, kamu bisa menemukan tempatnya di Jalan Boyong km 25, Kaliurang.

Membawa orang tersayang ke sini, hanya dengan tiket Rp20 ribu, pengunjung tak akan merasa dikecewakan. Pada waktu yang sama, kamu bisa menikmati berbagai peninggalan kebudayaan khas Jawa terutama Jawa Yogyakarta.

3. Stonehenge Jogja

Jika memang tertarik, maka bisa langsung datang ke kawasan Petung, Kepuharjo, Cangkringan, di Kabupaten Sleman. Tak perlu bingung, tempat ini ternyata sudah bisa didatangi sejak pagi, sekitar jam 7.

Hanya saja, tempat ini hanya bisa diakses sampai jam 5 sore saja sehingga waktunya disesuaikan. Untuk harga tiket, demi semua pemandangan yang sudah disediakan, hanya perlu membayar Rp10 ribu.

4.  Museum Gunung Merapi

Untuk wisata di Kaliurang Jogja yang keempat ini bisa ditemukan di Petung, Kepuharjo, Cangkringan, Sleman. Tempat ini bisa dibilang semakin ke sini semakin terkenal bahkan dengan tiket sekitar Rp5 ribu.

Tempat ini sudah bisa dikunjungi sejak jam 8 pagi terutama bagi yang ingin menikmati udara segar. Selain itu, jangan lupa untuk mengabadikan banyak foto menarik untuk dikenang, terutama berbagai karya replikanya.

5. Rumah Hobbit Kaliurang

Selanjutnya, ada rekomendasi tempat wisata lainnya yang bisa ditemukan di kawasan Sukorame, Mangunan, Provinsi Yogyakarta. Jika tertarik untuk datang, hanya perlu membayar tiket Rp10 ribu dan datang sejak pagi hari.

Pengunjung tentu saja akan dimanjakan dengan pemandangan desa yang begitu indah seperti Lord of the Rings. Selain itu, jangan lupa untuk menikmati beberapa makanan di sekitar yang semakin menambah kepuasan wisatawan.

6. Bukit Klangon

Ada di Dusun Kalitengah Lor, Glagaharjo, Kecamatan Cangkringan, wisata di Kaliurang Jogja ini wajib dikunjungi. Apalagi harga tiketnya pun bisa dikatakan masih terjangkau dimulai dari Rp4 ribu sampai Rp15 ribu.

Pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan bukit setinggi 5 meter yang bisa diabadikan melalui kamera terbaik. Namun sebenarnya pengunjung lebih direkomendasikan untuk datang ke sini sebelum matahari terbit bersama orang tersayang.

7. Tlogo Putri

Letaknya ada di kawasan Kaliurang yang dekat dengan Gunung Merapi, tempat wisata ini jangan dilewatkan. Menikmati pemandangan yang tak lekang oleh waktu, wisatawan hanya perlu mengeluarkan uang Rp6 ribu.

Memiliki lokasi di sekitar lereng Gunung Merapi, pengunjung juga bisa menyaksikan rimbunan pohon di sekitar. Masih ditambah dengan embung yang dibuat khusus untuk menawarkan wahana air menarik bagi wisatawan.

8. Air Terjun Telogo Muncar

Sementara itu, tempat wisata berikutnya ini bisa ditemukan di Jalan Tlogo Putri, Area Hutan, Hargobinangun, Pakem. Hanya dengan mengeluarkan dana sekitar Rp8 ribu untuk tiket, pengunjung menikmati semua pemandangan di sini.

Namun sayangnya, meski dibuka sejak pagi hari, pengunjung memiliki waktu terbatas sampai jam 5 sore. Tak hanya itu, sebaiknya cek juga waktu atau musim kapan ketika berkunjung, karena sering terjadi kekeringan.

9. Taman Wisata Kaliurang

Dibuka sejak jam 9 pagi, wisatawan yang tertarik ke sini hanya perlu membayar Rp8 ribu. Sementara itu, lokasinya ada di Jalan Astomulyo Nomor 59, Area Hutan, Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Sleman.

Secara sederhana, tempat ini bisa dibilang sebagai tempat yang cocok untuk bersantai dan kumpul keluarga. Selain itu, bagi yang membawa anak, bisa juga menikmati aneka wahana yang aman nan menarik.

10. Desa Wisata Ledok Sambi

Terakhir, ada tempat wisata lainnya yang mungkin beda dari sebelumnya, dengan harga tiket bervariasi. Secara umum, harga tiketnya didasarkan pada wahana yang akan dicoba, mulai dari harga Rp25 ribu.

Namun jika tak ingin menggunakan wahana apapun, bisa masuk dan duduk dengan harga yang gratis. Jika tertarik untuk datang langsung, temukan tempatnya di Jalan Kaliurang KM. 19, yang masuk wilayah Pakembinangun.

Itulah beberapa rekomendasi untuk tempat wisata di Kaliurang Jogja yang menarik dan harganya cukup terjangkau. Mulai dari bukit yang menawarkan pemandangan yang begitu indah sampai telaga serta air terjun untuk bersantai

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *