Kota Jogja adalah salah satu destinasi incaran turis lokal maupun mancanegara. Hal ini mengingat kota tersebut punya banyak jenis wisata termasuk hutan pinus. Wisata hutan pinus jogja sering dikunjungi berkat suasana yang segar dan asri.

Ini bisa jadi pelarian yang pas, jika ingin menjauh dari  perkotaan yang penuh dengan hiruk pikuk kemacetan dan polusi. Jika mencari rekomendasi lokasi hutan pinus yang enak untuk dikunjungi bisa lihat beberapa calon tempat hutan pinus yang bisa dikunjungi nanti, diantaranya:

1. Hutan Pinus Mangunan

Rekomendasi pertama jika ingin berkunjung ke wisata hutan pinus jogja adalah tempat bernama hutan pinus jogja. Letak dari wisata ini ada di Desa Mangunan, Kabupaten Bantul. Dulunya kawasan ini adalah tempat yang tidak punya pepohonan alias tandus.

Namun beberapa waktu kemudian penanaman hutan pinus mulai gencar dilakukan dan kini hasilnya sudah mulai terlihat. Pohon yang ditanam tersebut semakin besar dan besar setiap tahunnya dan jumlahnya juga semakin banyak.

Kini setelah beberapa lama sejak penanaman bibit pohon pinus itu mulai lah objek wisata ini dibuka. Nuansa yang diberikan oleh wisata ini sangat menenangkan dan juga membuat udara cukup segar dan sejuk.

Bukan sekedar hutan pinus biasa, disini juga ada tempat yang semacam panggung pertunjukkan. Sedangkan bangku penonton dibuat dari kayu yang dibentuk setengah lingkaran seperti layaknya dalam gedung pertunjukkan namun ini di alam. Untuk masuk kesini, pengunjung akan dikenakan biaya tiket sebesar 5 ribu rupiah saja.

2. Pinus Pengger

Mencari wisata pinus yang punya daya tarik karena instagrammable? Tempat bernama pinus sengger ini bisa jadi tujuan wisata yang menarik. Dari jauh saja hamparan pohon sudah bisa terlihat jelas.

Ada banyak spot foto yang dimiliki oleh tempat ini seperti ada sebuah spot tangan raksasa yang seperti menggenggam sesuatu. Selain ini masih banyak juga spot foto lain yang bisa dijadikan tempat mengabadikan memori seperti sebuah sarang burung besar yang punya pemandangan dari atas Kota Jogja.

Jika ingin berkunjung kesini, waktu yang tepat adalah disaat sore hari menjelang malam. Pada malam hari juga tidak ada salahnya karena bisa melihat city light Kota Jogja.

Lokasi dari tempat ini ada pada wilayah Dusun Sendangsari, Desa Terong, Kabupaten Bantul. Setiap pengunjung yang masuk, dikenakan biaya masuk 5 ribu rupiah saja.

3. Pinus Asri Karangasem

Tidak terlalu jauh dari hutan pinus mangunan, ada pula wisata hutan pinus lain yang bisa dikunjungi yakni hutan pinus asri. Letak dari tempat wisata ini ada di Dusun Karangasem, Desa Muntuk, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul

Objek wisata ini tak kalah dari beberapa tempat wisata lainnya karena menawarkan wisata yang seru dan kekinian. Bukan cuma bisa menikmati serangkaian pohon pinus yang tinggi namun disana juga ada objek wisata lain seperti taman bunga dan rumah spongebob.

Jika ingin mengunjungi tempat ini pastikan datang pada sore hari karena bisa melihat matahari tenggelam dari spot yang sudah disediakan.Agar bisa masuk kesini pengunjung akan dikenai biaya sebesar 2500 rupiah per orang, namun untuk biaya parkir akan terpisah menyesuaikan kendaraan yang dibawa,

4. Hutan Pinus Nglinggo

Banyak yang belum tahu jika objek wisata yang satu ini bukan cuma digunakan buat bersantai saja. Ada juga yang memanfaatkannya jadi tempat lintasan offroad menggunakan mobil Jeep. 

Jika berkenan, wisatawan bisa menyewa kendaraan dan bisa menelusuri kawasan hutan yang luas ini menggunakan mobil. 

Harga sewa mobil jeep itu sendiri mulai dari 600 ribu rupiah sampai 700 ribu untuk 3 orang penumpang. Ini bisa jadi wisata yang unik mengingat letaknya ada di tengah kota dengan harga masuk yang sangat terjangkau yakni 5 ribu rupiah saja.

Untuk bisa mengunjungi tempat ini lokasinya ada di Jalan Ginggo Barat, Kulon Progo, DIY. Namun jika ingin datang kesini jangan terlalu sore karena hanya buka sampai pukul 5 sore saja dan malam sudah ditutup.

5. Puncak Pinus Becici

Beberapa orang mengatakan jika mantan presiden Amerika Serikat pernah berkunjung ke tempat yang disebut Puncak Pinus becici ini. Objek wisata ini sangat luas totalnya hingga mencapai 4 hektar lebih.

Buat yang suka akan keindahan alam dan pemandangan yang asri wisata ini bisa jadi tujuan yang pas. Bukan cuma keindahan alam, dari sini juga bisa terlihat pemandangan jarak jauh kesibukan Kota Jogja,

Untuk masuk ke tempat ini setiap pengunjung akan dikenakan biaya tiket sebesar 5 ribu rupiah. Namun jika membawa kendaraan akan dikenai biaya parkir yang disesuaikan dengan jenis kendaraan. Lokasinya ada di daerah Gunung Cilik, Desa Dlingo, Kabupaten Bantul. 

Itu dia beberapa rekomendasi wisata hutan pinus jogja yang bisa jadi tujuan berwisata dengan nuansa alam. Tidak perlu merogoh kocek yang dalam karena wisata pinus ini murah meriah dan memberikan penyegaran kepada para pengunjungnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *